Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada

Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil UGM (Yana)

Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil UGM (Yana)

Halo sobat intipers! Aku Yana Meriska dari Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil UGM seperti apa?

Orang-orang banyak berasumsi kalau jurusan ini hanya membangun aja, tidak menggambar atau menghitung, tapi yang benernya adalah kita itu menggambar, menghitung dan membangun. Kalau dilihat, banyak banget yang bisa dipelajari di jurusan ini. Fokus ke infrastruktur itu mencakup banyak hal, mulai dari jalan, bangunan, jembatan, dll. Jadi kita mengolah dan membuat infrastruktur.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil UGM?

Dulu sebenernya gak pengen jurusan ini, pengennya Geologi tapi karena kesempatannya ada di sini dan melihat jurusan sipil juga keren bisa meneliti bangunan, jembatan, jalan jadi ada ketertarikan ke sana.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Menurutku, kami itu kan menggambar dan menggambarnya itu hampir sama dengan arsitektur gambarannya. Teknik sipil itu membangun bangunan, rancangan untuk membangunnya bagaimana itu secara detail. Aku paling suka menggambarnya, meskipun aku gak jago gambar tapi dari awal diajarin sama dosennya cara menggambar yang baik.

Pribadi aku sukanya menjelajah, nah ternyata ada mata kuliahnya itu Ilmu Ukur Tanah dan itu passionku banget. Aku tertarik dan pengen nanti konsentrasinya ke sana.

Praktikum pengujian tanah

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil UGM?

Gak ada konsentrasi, tapi kalau mau konsentrasi di satu bidang itu pas nanti skripsi jadi nanti kita akan ditanya tuh mau konsentrasi apa biar disesuaikan juga dosen pembimbingnya. Biasanya bisa konentrasinya itu ke:

  1. Bangunan
  2. Struktur jembatan
  3. Pelabuhan
  4. Bandar udara
  5. Jalan
  6. Transportasi

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada 4 jalur SNMPTN, SBMPTN, PBU dan mandiri. Kalau untuk masuk jurusan aku itu ada 2 jalur, PBU dan mandiri. Aku sendiri masuk lewat jalur PBU. PBU ini penelusuran bibit unggul menggunakan rapot dan sertifikat, sebenernya gak jauh beda dari SNMPTN cuma khusus vokasi UGM. PBU sendiri banyak golongannya, ada PBU kurang mampu, beasiswa pemerintah dan prestasi. Info bisa diakses di um.ugm.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Jangan takut menyapa kakak tingkat kita karena kita bisa minta file-file kuliah dari mereka. Terus sama temen-temen gak boleh jadi toxic atau individual, harus rame-rame biar nanti menjelang ujian biar bisa belajar bareng-bareng. Nambah relasi gitu jangan diam-diem aja.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita bisa kerja di perusahaan konstruksi di dalam negeri atau luar negeri. Banyak alumni yang kerja di PT Wika, PT Waskita, PT Total Persada terus bisa juga loh kerja di perusahaan tambang dan minyak. Jadi bisa kerja di mana aja dan bagian apa aja, jangan khawatir.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Aku punya 2 pilihan antara lanjut S2 atau kerja. Setelah aku searching ternyata jurusan ini jarang banget ada di Indonesia dan harus ke luar negeri untuk lanjut pendidikan. Pengennya lanjut karena masih banyak yang pengen aku ketahui, biar nanti kita bisa bangun infrastruktur yang lebih baik di Indonesia.

Kode Konten: C144

yanameriskaa
Mahasiswa Rantau dari Sumatera. Ketua salah satu UKM di Fakultas. Atlet lari dan basket UGM

Komen dibawah! 2

  1. Deden Haedar

    Kak jujur aku tertarik bgt ama jurusan ini,karena aku mikirnya kalo sarjana terapan tuh emng lebih ke praktik dari pada teori,nah aku kan anaknya juga suka k lapanagn tuh kak dri pada diem2 aja wkwk,aku pengen nyoba jurusan ini di jalur sbmptn kira2 saingan masuknya berat gak ya kak,karena setahu aku jurusan vokasi ini masi baru2..

  2. Regina Anggraini Widodo

    Kebetulan saya utbk 2021 pilih jurusan ini kak , jadi kalau mau s2 harus ke luar negeri gtu kak ? Bukannya bisa lanjut di UGM/ITB ya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *