Politeknik Akamigas Palembang, Teknik Pengolahan Migas

Teknik Pengolahan Migas Politeknik Akamigas Palembang (Arsil)

Halo sobat intipers! Aku Arsil Azhim dari Teknik Pengolahan Migas Politeknik Akamigas Palembang angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Teknik Pengolahan Migas Politeknik Akamigas Palembang?

Seperti namanya, jurusan teknik pengolahan migas itu secara umum mempelajari tentang bagaimana cara mengolah minyak dan gas mulai dari minyak mentah yang sudah dieksploitasi dari anak-anak jurusan teknik perminyakan, lalu bagian kamilah untuk mengolahnya menjadi produk atau barang jadi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Teknik Pengolahan Migas?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Background saya bukan dari SMA, tapi SMK teknik tepatnya jurusan teknik permesinan. Alasan saya masuk teknik pengolahan migas Politeknik Akamigas Palembang itu karena masih ruang lingkup teknik, selain itu saya menyukai alat-alat produksi karena menurut saya gentleman sekali ya. Saya ingin belajar lebih dalam lagi tentang pemgolahan migas ini.

Apa mata kuliah khas atau tugas yang ada di Teknik Pengolahan Migas?

Untuk mata kuliah sendiri, saya baru pertama kali ketemu praktikum yang namanya destilasi. Praktikum ini merupakan jantung dari pengolahan migas itu sendiri karena untuk mengolah minyak dan gas membutuhkan proses pemisahan. Untuk terjun kelapangan, karena saya baru semester 4 maka belum ada praktik langsung kelapangan. Tapi saya sudah pernah orientasi ketempat mengolah minyak, tapi disana cuma diberitahu alat beserta fungsinya. Untuk praktik kerja lapangan lainnya akan dilakukan disemester 5, semester yang akan datang.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Teknik Pengolahan Migas Politeknik Akamigas Palembang?

Kalau konsentrasi di Teknik Pengolahan Migas Politeknik Akamigas Palembang lebih fokus kepada supaya mahasiswa mengerti setelah lulus nanti mengolah minyak mentah menjadi produk itu seperti apa. Dikuliah ini hanya seperti simulasi belajar dengan alat kecil saja supaya kita setidaknya mengerti cara menggunakan alat bahan. Kalau jurusan saya sendiri berfokus ke destilasi.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan Teknik Pengolahan Migas Politeknik Akamigas Palembang?

Kampus saya itu swasta dan jalur masuknya tidak ada yang seperti PTN misalnya SNMPTN, SBMPTN. Jalur masuknya ada 2, yang pertama tes mandiri yang boleh dikatakan semi-militer. Untuk tes kedua itu tes beasiswa. Beasiswa nya langsung didapatkan dari Pertamina. Tesnya memang lebih berat karena kan untuk mendapatkan beasiswa.

Adakah tips untuk calon mahasiswa baru?

Sebelum masuk, pahami dulu kemampuan kita ada dibidang apa. Bukan tiba-tiba kita masuk tanpa kita ketahui skill kita. Kita telusuri dulu skill atau basic kita dimana. Kalau kuliah ga sesuai minat bakat pasti rasanya beda deh. Kalau sudah menjadi hobi akan lebih enak ngejalaninnya.

Prospek kerja dan alumni jurusan ini seperti apa?

Kalau berkaca dari alumni, ada beberapa alumni yang karirnya bagus bisa sampai ke timur tengah seperti Qatar, Abu Dhabi dan Arab. Untuk di Indonesia sendiri, alumni ada yang bekerja menjadi processing engineer atau quality control perusahaan minyak dan gas. Ga sedikit juga yang terjun di K3, di batu bara ataupun pengolahan. Bisa juga bekerja mengolah pupuk kimia, tekstil dan kayu karena kami mempelajari teknik kimia juga. Prospeknya sendiri alumni kebanyakan kerja dibidang engineer karena jurusan kami adalah vokasi dimana 70% perkuliahan berupa praktik, karena itulah alumni lebih bisa mengimplementasikan apa yang dipraktiikumkan kedunia kerja. Bisa juga di BUMN atau Pertamina.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Kalau untuk rencana tentunya setelah lulus saya mau menyiapkan CV menarik untuk melamar kerja ke perusahaan. Ini sudah saya siapkan dari sekarang. Lalu ada juga planning diluar ekspektasi kita, maka saya memiliki plan A melamar disebuah perusahaan, lalu ada plan B mengambil sertifikasi dari pelatihan agar lebih menjual diri kita ke perusahaan. Kalau untuk harapan, pasti bekerja dengan salary yang besar. Rasanya ini harapan semua mahasiswa ya. Saya juga berharap membahagiakan orang sekitar dengan hasil kerja keras saya.

Q&A

  1. Kesulitan berkuliah di Akamigas?

Untuk kesulitan sendiri setiap orang berbeda-beda kan. Kalau menurut saya sendiri kesulitannya adalah pengerjaan penulisan laporan dari sebuah praktikum. Saya dari SMK tidak pernah mengerjakan itu, makanya saya kaget dan terasa berat.

  1. Cara belajar selama kuliah?

Sebenarnya saya ada 3 tips selama kuliah, yang pertama itu disiplin waktu. Kedua disiplin belajar. Banyak mahasiswa yang belajar kalau cuma mau ujian aja. Belajar itu sebenarnya gausah nunggu waktu mepet ujian, jadi ga terburu-buru banget. Ketiga, masalah kejujuran. Sebenarnya kejujuran ini gaada mata kuliahnya dan sulit dipelajari. Ini bisa dilakukan kalau ada niat dari hati sendiri. Kalau poin 1,2 dan 3 telah kita lakukan insyaAllah hasilnya akan sesuai dengan keinginan kita.

  1. Kegiatan non akademis kak Arsil apa saja?

Kegiatan saya yaitu saya mengikuti seni bela diri dan saya senang mengikuti renang juga. Untuk organisasi saya ikut divisi edukasi dan kompetisi sebagai ketua. Lalu di BEM saya menjadi staff departemen riset dan teknologi. Pada saat semester 2 saya menjadi wakil ketua 2 di DPM.

  1. Apakah boleh anak IPS masuk Teknik Pengolahan Migas?

Setelah saya masuk kuliah, biasanya anak IPS lebih tertinggal dari jurusan IPA. Disini banyak belajar kimia, jadi kalau mau masuk Pengolahan Migas, anak IPS harus belajar lebih keras lagi. Tapi ga semua anak IPS gabisa loh ya, pasti bisa namun dibarengi dengan usaha juga.

  1. Apa yang menjadi semangat kakak dalam belajar?

Kalau semangat belajar pasti karena orang tua. Orang tua saya pernah berpesan, saya gaperlu jadi orang sukses tapi hanya perlu jadi orang bernilai dan jujur. Menurut saya tingkat kesuksesan tertinggi seseorang ga diliat dari kekayaan tapi ketika ia bisa bermanfaat bagi orang lain.

  1. Sertif kompetensi apa aja yang akan didapatkan?

Kalau dikuliah, saya sudah mendapat 1 sertifikat dari pusat pengembangan sumberdaya manusia dibagian petugas pengukuran tangki. Untuk beberapa sertifikat lain yang bisa diambil misalnya sertifikat K3 dan keahlian dalam pengontrolan. Lalu ada sertifikasi TOEFL juga.

  1. Laporan praktikumnya diketik atau tulis tangan kak?

Semua laporan ditulis tangan. Beberapa perguruan tinggi ada yang diketik ya untuk laporan praktikumnya, tapi kalau disini semua laporan praktikum ditulis tangan.

  1. Dalam Akamigas apalah hanya mempelajari minyak dan gas?

Selain minyak dan gas, kita juga mempelajari etika profesi atau bekerja, kewarganegaraan, pendidikan agama karena itu kan untuk basic untuk kebaikan diri kita ya. Kalau pelajaran khususnya ya tentang pengolahan minyak dan gas.

  1. Kenapa di Akamigas gaboleh rambut panjang? Biasanya anak teknik banyak yang gondrong

Karena itu kan mengarah ke kedisiplinan mahasiswa, itu melatih kita untuk menaati peraturan yang ada. Didunia kerja nanti kan pasti lebih banyak peraturan, maka kita dilatih diperkuliahan ini.

 

Kode konten: C947

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.