Universitas Diponegoro

Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Daffa)

Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Daffa)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Daffa Pradipta Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro itu seperti apa?

Teknik perkapalan di Undip ini konsentrasi bidang studinya lebih ke bagian konstruksi kapalnya. Bagian-bagian lain seperti kelistrikan kapal, permesinan, kita gak mempelajari secara detail. Istilah dari jurusan teknik perkapalan ini yaitu arsitek kapal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro?

Dulu waktu SMA waktu milih jurusan buat SNMPTN bingung mau apa dengan rata-rata nilai cuman sedikit, terus riset-riset cari jurusan apa yang peluangnya besar dan industrinya belum berkembang yang nantinya akan pesat setelah lulus, kemudian ketemulah jurusan teknik perkapalan. Teknik perkapalan ini tidak semua universitas ada, dan saya coba pelajari dan saya tertarik, kemudian saya ambil aja. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau yang khas itu tugas rancang, nanti kita itu selama di Undip selama S1 sampe lulus itu bisa buat satu rancangan kapal. Rancangan kapal ini mulai dari konstruksinya, terus perhitungan-perhitungan yang lainnya.  

Praktikum di Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro

Praktikumnya ada, kalau praktikumnya sendiri itu ngelas, untuk ngelasnya sendiri dipake nya alat las yang dipakai pada kapal. 

Salah satu praktikum di prodi ini

Salah satu praktikum di prodi ini

Slide1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau kelompok keahlian gak ada, cuman nanti di semester lima atau enam seterusnya itu ada mata kuliah pilihan. Jadi bukan konsentrasi kaya peminatan, cuman kaya mata kuliah pilihan yang akan diambil, misal kaya kapal cepat, kapal kecil, design interior, listrik kapal, dan lain-lain.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro?

Kalau buat tips ya gak ada sih, jalani nikmati nanti bakal sampai pada akhirnya. Jangan terlalu dibikin stress gitu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau buat prospek kerjanya sih bisa jadi terjun langsung ke industri reparasi kapal di galanagn bisa, terus juga kita bisa masuk ke badan regulasi yang mengatur pembangunan kapal. Kemudian bisa masuk ke industri bangunan lepas pantai, terus bisa masuk BUMN. Terus juga bisa masuk ke bidang-bidang lain, kalau kita misal ambil sertifikasi keahlian. 

Kode konten: C305

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Left Menu Icon
Instagram @intipkuliah