Perminyakan, Universitas trisakti

Teknik Perminyaan Universitas Trisakti (Henry)

Teknik Perminyaan Universitas Trisakti (Henry)

Halo sobat intipers! Henry David Young. Jurusan Teknik Perminyaan Universitas Trisakti angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Perminyaan Universitas Trisakti itu seperti apa?

Kalau teknik perminyakan itu adalah cabang dari sekian banyak teknik yang ada, dimana lebih difokuskan terhadap hidrokarbon sendiri, yaitu gas dan minyak. Nanti di teknik perminyakan sendiri lebih dipelajari nih bagaimana tentang apakah dibawah permukaan tanah ini ada minyak, gas atau enggak, kemudian bagaimana caranya membawa gas dan minyak tersebut ke permukaan, kemudian cara kita produksi dan cara kita membor.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Diluar itu juga, kita mempelajari soal renewable energy yaitu geothermal, teknik panas bumi juga ada disini.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Perminyakan Universitas Trisakti?

Sebenernya kalau bilang alasan spesifik sih enggak ada, kebetulan untuk 3-4 tahun yang lalu jurusan teknik perminyakan enggak terlalu common, maksudnya mungkin belum banyak yang tau jurusan perminyakan. Kebetulan di SMA ku yang dulu ada ekspo gitu buat siswa-siswa yang pengen lulus, kira-kira pengen masuk universitas mana, nah datanglah promosi dari universitas trisakti buat promosiin.

Salah satunya yang buat aku tertarik yaitu ada jurusan teknik perminyakan, darisitu awalnya penasaran, kemudian research-research soal perminyakan seperti apa, kemudian aku find out kalau universitas trisakti ini punya jurusan teknik perminyakan salah satu yang terbaik di Indonesia, nah akhirnya setelah konsul, akhirnya daftar jalur PSDD, nah puji tuhannya keterima dan survive sampe sekarang dan udah sidang kemarin.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mungkin kalau yang ngebedain sih kalau misalkan teknik pemboran atau reservoir itu mungkin sama ya di tiap universitas yang punya perminyakan bakal ada itu juga, tapi kalau di trisakti itu punya FDP (Field Development Project).

Jadi nanti kita di semester 7 setelah kita lulus di prasyarat mata kuliah buat ambil FDP, kita bakal boleh ngambil FDP, kemudian dibentuk dalam satu tim gitu, jadi isinya sekitar 8-10 orang buat dikasih case lapangan gitu caranya kita produksi gimana, pemetaan dibawah seperti apa, sampe pemboran. Bahkan kita analisa aspek keselamatan kerjanya, dampak terhadap lingkungan, ekonominya gimana, apakah untung atau rugi setelah mengeluarkan biaya yang banyak.

Magang di teknik perinyakan universitas trisakti juga bnayak sih, kalau misalkan kita ingin magang, terbuka dari beberapa company. Setau aku ada yang di Pertamina, dan Pertamina juga banyak ya, offshore onshore, tapi mostly di Pertamina sih. Praktikum di teknik perminyakan banyak, kan kita mulai dari basic dulu seperti praktikum kimia, fisika, yang dasar-dasar, dilanjutkan lebih tinggi lagi setelah kita ambil teori dasarnya kaya analisa fluidanya seperti apa, analisa batuannya seperti apa, kemudian peralatan pemboran, peralatan produksi, praktikum pembuatan lumpur, jadi cukup asik sih, cukup banyak dan variasinya cukup banyak.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

kalau konsentrasi di perminyakan trisakti kurang lebih ada 18 kalau aku gak salah, ada teknologi lepas pantai, teknologi lumpur pemboran, skenario pengembangan, reservoir lanjutan, dan sebagainya. Cuman untuk konsentrasi ini boleh milih di sekitar semester 5-7. Kalau FDP biasanya ambil di semester 7.

Kemarin aku ambil skenario pengembangan lapangan migas, jadi prepare buat nanti pas ambil FDP itu gambarannya seperti apa. Sebenernya konsentrasi ini balik lagi ke kitanya, kaya contoh kemarin aku ambil konsentrasi ini berdasarkan pemikiranku kalau FDP nanti cukup sulit ya, jadi banyak yang harus di pahamin dulu, jadi aku ambil skenario lapangan igas itu untuk persiapan FDP, tapi mungkin ada yang ambil konsentrasi untuk skripsinya, dan penasaran akan hal tersebut, jadi mungkin ambil itu buat mendalami lebih.

Tips untuk mahasiswa baru?

Mungkin kalau tips dari aku, coba balance soft skill dna hard skill. Jadi jangan cuman akademisnya doang, tapi dari segi soft skillnya juga perlu dikembangin, dan banyak juga cara kita mengembangkan soft skill, ada kita memilih organisasi di kampus, ataupun diluar kampus. Kalau di kampusnya ada BEM, UKM. Kemudian kalau di teknik perminyakannya sendiri tuh ada himpunan yang menaungin 2 organisasi, disitu kita bisa develop diri, bisa dapet relasi, selain itu bisa dapet wawasan baru, dan sudut pandang yang berbeda dari profesional.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Untuk jalur masuknya itu ada beberapa. Aku kemarin itu ikut jalur PSSb (Program Seleksi Siswa Berprestasi) jalur rapot, nah kemudian ada juga jalur UTBK sekarang, untuk jalur UTBK dan rapot ini free biaya tes, ditambah adalagi ujian tes tertulis online, dan bagi mahasiswa yang D3 pengen ngelanjutin S1 ada juga yang namanya kredit transfer. Untuk pendaftarannya ini masih terbuka sampai tanggal 22 Agustus. Kalau misalkan ada yang pengen nanya-nanya lebih lanjut, bisa langsung DM di instagram @perminyakan_usakti dan boleh juga kunjungi websitenya di www.spmb.trisakti.ac.id

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja sendiri, aku mereference ke alumni-alumni kita yang udah kerja, nah salah satu yang terkenal itu pak Ego Syahrial, itu sekretaris jenderal ESDM yang sekarang, nah kemudian alumni kita juga yang berhasil jadi top managemen di salah satu perusahaan service.

Selain itu, alumni kita juga banyak tersebar di instansi pemerintah maupun yang swasta, seperti kalau BUMN pertamina, multinasional company seperti chevron, petrolium. Untuk service nya banyak juga yang multinasional kaya slambersih, haliburton, seperti itu. Jadi untuk prospek kerjanya banyak alumni kita yang tersebar di beberapa company.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Pengen kerja langsung, cari pengalaman dulu. Kemudian kalau untuk rencana kedepannya sih sebelum sidang kemaren, aku sempet ikut rangkaian workshop competition gitu, yang mana host nya itu salah satu the biggest company di dunia juga, nah kolaborasi nya itu sama trisakti, dan sampai sekarang rangkaiannya masih berjalan sampai September nanti, jadi mungkin lebih fokus kesitu dulu, sambi apply kerja yang lagi buka.

 

 

 

Kode konten: C764

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *