Institut Teknologi Bandung, Perminyakan

Teknik Perminyakan ITB (Ellen)

Teknik Perminyakan ITB (Ellen)

Halo sobat intipers! Aku Ellen Setiawan dari jurusan Teknik Perminyakan ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Perminyakan ITB seperti apa?

Kalau teknik perminyakan salah satu jurusan yang ada di bawah fakultas FTTM atau fakultas teknik pertambangan dan perminyakan. Secara mudahnya, teknik perminyakan itu gimana caranya kita seorang insinyur bisa mengangkut minyak yang ada dibawah bumi sampai akhirnya bisa ke permukaan, sampai bisa diolah lagi jadi bensin, polimer, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Banyak orang yang salah tangkep terkait teknik perminyakan ini kalau misalnya masuk teknik perminyakan kerja di SPBU, padahal enggak.

Mitos atau stigma tentang jurusan?

itu mungkin tadi ya, tentang pekerjaan yang nantinya di SPBU. Kemudian yang kedua itu bukan tugasnya jadi mengolah bensin, padahal teknik perminyakan itu fokusnya kalau industri minyak dan gas itu ada yang disebutnya hulu sama hilir.

Kalau di hulu itu gimana caranya kita bisa cari sumbernya, nah disitu peran-peran anak geologi, teknik perminyakan, tapi kalau udah berurusan sama hilir, berarti si minyaknya ini udah diangkat keatas, nah berarti itu adalah tugasnya dari temen-temen teknik kimia, teknik industri, merekalah yang ngolah-ngolah. Karena industrinya sebesar itu, jadi mungkin masih banyak yang sebenernya keterkaitan satu sama lain. Tapi gak selalu anak teknik perminyakan kerja di lapangan, kita juga bisa kerja di kantornya.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Perminyakan ITB?

Jadi waktu itu pas jaman aku SMA, aku dapet kesempatan SMA aku ngadain edufair, jadi kampus-kampus datang ke sekolah aku untuk mengenalkan kampus dan jurusan yang ada. Kemudian ada alumni juga yang kerja di oil and gass, pertama dari sana. Kemudian yang kedua, prospek kerjanya menjanjikan banget, apalagi dulu pas SMA masih ideal nih.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di teknik perminyakan ada 3. Pertama reservoar, reservoar itu istilahnya awal, bagaimana kita bisa menemukan lokasi sumur sebagai calon cadangan minyak bisa diproduksi keatas. Mulai dari perencanaan, tempat pemborannya. Kedua pemboran, bagaimana kita membuat suatu sistem lubang/sumur yang bisa mengubungkan dari atas kebawah sana, supaya mnyaknya bisa ngalir ke atas, baru setelah itu diurus sama anak produksi. Teknik produksi itu yang mengurus berapa sih produksi dari lubang sumur kita, atau masalah-masalah yang akan dihadapi itu akan ada apa aja? Di teknik perminyakan ITB itu spesial banget, karena kita belajar renewable energy, jadi gak cuman belajar tentang minyak dan gas, tapi belajar tentang panas bumi. Kalau misalkan temen-temen tau energi baru terbarukan.

Walaupun ada kelompok keahlian, temen-temen akan belajar semuanya. Cuman kelompok keahlian gunanya untuk fokus temen-temen mengerjakan tugas akhir/skdipsi tuh dibagian apasih, kalau aku di bagian pemboran konsentrasi. Kebetulan kalau pemboran ada praktikumnya di kampus, aku dapetin waktu tingkat 3.

Mata kuliah yang khas di jurusan ini?

Kalau mata kuliah tuh sebenernya banyak banget di teknik perminyakan ini. Karena industri nya juga gede banget, jadi untuk mata kuliahnya itu, di tahun pertama temen-temen harus masuk fakultas dulu dan belajar tentang hal-hal yang dasar kaya matematika, kallukus dasar, fisika, kimia, dan lainnya.

Nanti setelah masuk ke jurusannya, temen-temen gak langsung masuk ke teknik perminyakan secara mendalamnya gitu, diajarin duu dasar-dasar perminyakan itu apa. Dulu aku juga belajar tentang mesin, elektro, jadi emng luas sih. Selain kegiatan kuliah, kita dilengkapin dengan laboratorium, praktek, dan juga untuk kuliah lapangan, kira-kira perusahaan migas sesungguhnya tuh kaya gimana, dan ain-lain.

Mata kuliah itu ada geologi, teknik reservoar, teknik pemboran, perhitungan ekonomi, dan lain-lain, lengkap sih kalau di teknik perminyakan. Aku sempet online 2,5 semester. Kalau mata kuliah yang berkesan menurut aku semua, ini sautu challenging juga buat cewek-cewek. Semua mata kuliah unik sih, karena mereka baru-baru dan aku gak pernah temuin.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Aku masuk jalur SNMPTN, di ITB sekarang ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Dulu waktu aku masuk itu belum ada jalur mandiri seingetku, sekarang udah ada. Kalau aku dulu nekat banget pengen ke ITB FTTM. Tapi dalam kenekatan aku itu juga, aku udah harus persiapan SBMPTN, udah les bimbel intensif selama 2 minggu. Kemudian udah keterima SNMPTN, jadi aku udah lepas les itu.

Kalau masuk ke ITB temen-temen cuman bisa masuk fakultasnya aja, cuman ada beberapa pengecualian, ITB ngebuka jalur peminatan. Jalur peminatan ini temen-temen udah bisa langsung daftar ke jurusan yang temen-temen pengen, cuman beberapa jurusan aja, enggak semua jurusan dibuka aja, tapi temen-temen tetep akan belajar TPB, bedanya temen-temen udah lebih aman aja gitu.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Perminyakan ITB?

Buat mahasiswa baru, coba deh temen-temen bisa nih tes kepribadian dulu, kira-kira kecenderungan kalian lebih prefer kemana. Kalau gak bisa tes kepribadian, coba deh temen-temen nanya sama diri sendiri kalian lebih suka menghafal atau lebih suka menghitung yang pakai logika, kalau temen-temen udah tau, coba search apa aja jurusan yang kira-kira cocok sama minat kalian. Jangan sampai mindsetnya jurusan itu-itu aja. Setelah temen-temen tau jurusan yang temen-temen minati, temen-temen cari jurusan itu dikampus terbaik, temen-temen optimis  dulu. Jangan sampai istilahnya temen-temen tercemplung.

Prosesi arak-arakan wisuda HMTM ‘PATRA’ ITB (Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan)

Kalau buat temen-temen yang baru masuk terlepas dari FTTM atau ITB, temen-temen masih maba, masih dalam transisi, jadi temen-temen eksplore keluar sebanyak-banyaknya, jangan akademik aja, kira-kira apa yang temen-temen suka.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Pastinya pertama industri oil and gass, ada yang dilapangan atau dibalik laptop. Kemudian bisa jadi akademisi, kemudian bisa terjun di pemerintahan karena SKK migas juga butuh sarjana teknik perminyakan. Bisa masuk ke geothermal, renewable energy, bisa ke bank, startup, jadi jangan takut.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau aku lanjut karier sih, kalau plan S2 aku masih 2-3 tahun lagi.

 

Q&A

  1. Basic pelajaran yang harus dipelajari itu apa?

Kalau basic pelajaran karena kita teknik berarti matematika dan fisika. Matematikanya juga bukan matematika SMA lagi, tapi belajar tentang kalkulus, jadi matematika yang lebih mendalam lagi. Kimianya ada, tapi cuman sedikit. Tapi karena emang temen-temen yang SMA tau rantai C, metana, etana, dll itu dipelajari, tapi gak lagi secara mendetail. Jadi menyinggung sedikit aja. Selain pengetahuan spesifik, temen-temen juga harus bisa bahasa inggris, karena buku, jurnal, dan slide dosen juga biasanya bahasa inggris.

 

 

Kode konten: C632

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *