Institut Teknologi Bandung, Perminyakan

Teknik Perminyakan ITB (Fasya)

Teknik Perminyakan ITB (Fasya)

Hai sobat intipers. aku Fasya Mediati Hapsari dari jurusan Teknik Perminyakan ITB

[Versi Video dari artikel ini, klik play]

Mitos jurusan Perminyakan ITB

Ngomong-ngomong soal jurusan teknik perminyakan ada nih stigma dari kebanyakan orang yang bilang. “Ngapain kuliah perminyakan, kan bentar lagi minyak udah mau abis”. Gitu katanya, tapi ya di Indonesia sendiri lapangan perminyakan itu banyak banget dan banyak juga yang belum dieksploitasi secara mendalam gituloh. Terus, minyak kan berasal dari fosil yang sebenernya gak bakal abis gitu bakalan ada terus.

Slide5

Yang dipelajari di jurusan Teknik Perminyakan ITB

Di jurusan ini kita belajar dari awal mulai dari proses cara  nyari minyak, ngambil minyak sampai cara ngolah minyak, tapi kita gak melulu tentang minyak.. kita juga belajar tentang gas bumi dan panas bumi.

Ada 3 kelompok keahlian yang bisa kalian pilih:

  1. Teknik reservoar. Mempelajari tentang interaksi fluida dengan batuan tempat minyak itu terperangkap karena sebenernya minyak itu ada di dalam batuan bukan dalam kolam gitu.
  2. Teknik pemboran. Kita belajar cara buat sumur minyak, analisis lingkungannya karena produksi minyak itu kan bakal lama dan jangka panjang.
  3. Teknik produksi. Mempelajari tentang bagaimana kita memproses minyak, mulai dari pengambilan minyak dari sumurnya, kemudian pemisahannya dari zat pengotor lain.

Tugas di Jurusan Teknik Perminyakan ITB

Tugas di jurusan ini lebih banyak melatih skil analisis, jadi kita dikasih tugas yang butuh problem solving, cara mengolah data karena data minyak itu banyak banget dan gak luput dari perhitungan juga. Mata kuliah favoritku itu Fluida Reservoar karena lebih mendalami dan detail tentang jurusan perminyakan ini. Dosen favoritku itu Mas Zuhair karena beliau itu cara ngajarnya enak dan bikin ngerti banget.

Tantangan di jurusan Teknik Perminyakan ITB

Tantangannya itu lumayan ya. Persaingannya, tugasnya, praktikum dan mahasiswanya itu banyaknya laki-laki juga ya. Prospek kerjanya luas, banyak alumni yang kerja di perusahaan migas nasional atau multinasional. Namun, gak menutup kemungkinan juga untuk kerja di perusahaan di bidang lain seperti wiraswasta.

Tips buat maba yang kuliah di Jurusan ini

Tips nih buat maba, temen-temen harus mendalami tentang matematika, fisika dan kimia ketika TPB dan harus bisa menyesuaikan cara belajarnya juga. Selain itu, jangan lupa untuk belajar, suka baca buku karena banyak banget mata kuliah yang based on buku, yang berarti emang harus kita baca bener-bener.

Rencana setelah lulus

Setelah lulus pengen banget kerja di perusahaan migas nasional seperti Pertamina, pengen ngembangin juga skil ku yang lain dan ada juga sih keinginan untuk lanjut S2.

Kode Konten: Y140

Komen dibawah! 4

  1. Dwi

    kak aku pengen banget bisa kuliah teknik perminyakan tapi aku ga bisa kimia fisika dan matematika, mungkin bisa dikit” tapi ga lebih:)

  2. Mely Karmila

    Bismillah
    Kak aku pengen banget ke Perminyakan, tapi aku masih ga yakin sama kemampuan aku sendiri. Aku kurang minat sama Fisika:(

  3. Silfi Robiati

    Apa aja yang harus di persiapkan untuk masuk jurusan teknik perminyakan ka?
    Apakah tes kesehatan juga penting di jurusan ini?

  4. Maria Velisita

    Kak, aku mau masuk teknik perminyakan tapi kemampuan berhitung aku pas pasan. Kira kira bisa gk ya? Dan apa aja yg harus disiapin untuk masuk jurusan ini?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *