Institut Teknologi Bandung, Perminyakan, Uncategorized

Teknik Perminyakan ITB  (Irsyah)

Teknik Perminyakan ITB  (Irsyah)

Halo sobat intipers! Aku Irsyah Dillah Ababil jurusan Teknik Perminyakan ITB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Perminyakan ITB  itu seperti apa?

Kalau teknik perminyakan itu secara umumnya adalah bagaimana caranya kita itu menerka-nerka kira-kira didalam bumi itu ada fluida jenis apa. Jadi fluida itu kan sesuatu yang mengalir dan itu bisa jadi gas bumi, panas bumi, bisa jadi minyak. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Selain kita mengira-ngira apa yang ada di dalam bumi, kita juga mengambil fluida tersebut kedalam permukaan, habis itu kita pisahin fluida tadi tergantung fluidanya jenis apa. Kalau misalkan minyak, ya kita kumpulin di minyak dengan alasan separator.

Slide3

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Perminyakan ITB ?

Pertamanya aku milih FTTM. Awalnya itu aku mikirnya ‘kenapa sih kok indonesia ini kaya sumber daya alam, tapi yang memanfaatkan kok kebanyakan perusahaan dari luar negeri gitu’. Aku heran aja padahal banyak banget orang Indonesia itu pinter-pinter, ngolah sumber daya alam itu sendiri, tapi kok kenapa justru perusahaan luar negeri yang ngolah. Jadi aku terinspirasi dari situ.

Kemudian juga aku punya tante. Tante aku dulu tuh lulusan dari teknik perminyakan ITB juga, terus juga sekarang dia udah kaya raya gitu gara-gara kerja di perminyakan. Hal tersebut salah satu motivasi saya buat masuk teknik perminyakan. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya itu sebenernya kami belajar macem-macem. Bukan tentang minyak aja, tapi kita juga belajar gas bumi, tentang geothermal (panas bumi). Kami juga belajar semester 3 dan 4 itu macem-macem dari jurusan lain misalnya statistika dasar dari prodi matematika, terus pemrograman komputer dari teknik informatika, terus ada juga geologi fisik dari teknik geologi. Semester empat kami belajar elektronika industri dari teknik elektro, kami belajar macem-macem sebelum  menjurus ke perminyakannya. 

Tugas yang khas kami ada namanya tugas besar, jadi tugas besar itu dosen tuh ngasih tugas gitu dikerjain per kelompok dan jangka waktunya bisa berbulan-bulan dan biasanya dikumpulin sebelum UAS, tugas besarnya itu ngoding pernah kita bikin aplikasi. Pokonya tiap harinya pasti ada aja tugas.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di teknik perminyakan itu ada empat kelompok keahlian, itu ada teknik reservoar, pemboran, produksi, geothermal. Pertama teknik reservoar itu mempelajari cara mengetahui jenis fluida yang ada didalam perut bumi. Kita mengetahui kira-kira cadangan yang ada didalem itu berapa banyak.  Teknik pemboran, misalnya kita sudah tau tiitknya dimana kemudian kita menggunakan alat pemboran membor lubang yang ada disana untuk menghubungkan permukaan dengan sumur minyak (reservoar) yang ada didalam tanah. 

Kemudian yang ketiga ada teknik produksi. Itu mempelajari cara memproduksi minyak dan kita angkat minyak tersebut dari reservoar ke permukaan untuk dipisahin di separator. Terakhir yaitu bisa dibilang renewable energy. Ini juga lagi di gencar-gencarin juga sama Indonesia karena memang potensinya itu nomor satu di dunia.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk itu ada tiga yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Kalau untuk tahun ini, kebijakannya itu ujian mandiri nya itu bisa langsung milih jurusan gitu jadi gak perlu masuk fakultas dulu. 

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Perminyakan ITB?

Kalau tips dari aku paling yang pertama jangan males belajar. Kita membuka diri pada orang, karena itu tadi tugas di teknik perminyakan akan ada selalu tiap minggu. Terus juga ada tugas besar. Kalau kita gak deket sama temen kita, akan susah untuk survive di teknik perminyakan karena itu tadi selain tugasnya banyak. Juga ada tugas besar yang emang wajibkan kita untuk berkoordinasi. Jadi kalau kita cuman modal pinter doang tapi gak ada temen menurut aku kurang bisa survive sih di perminyakan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja dari teknik perminyakan itu yang pasti di industri migas, disana ada namanya service company sama oil and gas company. Sebagian alumni yang aku tau ada juga kerjanya di bank dan ada juga kerja di startup gitu kaya paragon, tokopedia.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan aku setelah lulus pengennya kerja di perusahaan nasional, idealisme aku dari SMA kan pengen membangun individu yang cerdas biar perminyakan di Indonesia ini gak dikuasai oleh asing, kita juga bisa mengolahnya. Orang-orang Indonesia itu gak secupu itu kok, pinter-pinter juga mereka cuman yang aku liat ini pada diem dan mementingkan diri sendiri aja, aku tuh pengen nanti kalau misalnya aku setalah lulus, aku pengen kerja di pertamina. 

Q&A

  • Kak saya lagi penelitian tugas akhir, tapi bingung cari perusahaan tempat penelitian 

Sebenernya aku juga bingung gimana perusahaannya, karena aku juga belum menjalani itu. Karena sekarang aku lagi fokus mau kuliah praktek aja sih, nah kuliah praktek sekarang aku tuh ada namanya pertamina hulu energi oses. Jadi kalau ditanyain bingung mau di perusahaan apa, aku juga bingung jawabnya karena aku belum mengalami TA. 

  • Kalau di teknik perminyakan ITB jalur mandiri biayanya berapa, dan jalur SBMPTN minimal nilainya berapa?

Sebenernya kalau untuk jalur mandiri nya ssendiri karena waktu tahun aku itu belum ada, aku jadi kurang ngikutin gitu. Jadi aku tau informasinya sedikit, kalau kalian ikut tes lewat jalur mandiri itu kalian bisa langsung milih jurusan, cuman emang biayanya mahal banget. Setau aku yang tahu lalu itu UKT nya beda, ada biaya pendaftarannya juga. Kalau gak salah tahun kemaren itu UKT nya wajib 20 juta bahkan ada syaratnya itu harus kasih tau tabungannya gitu biar nanti di tengah-tengah tuh gak ada kendala biaya, jadi harus punya uang yang banyak kalau mau masuk lewat jalur mandiri. 

Terus kalau masalah skor SBMPTN aku gak tau, aku sekarang kurang update kalau masalah jalur masuk ITB, aku juga dulu masuk ITB lewat jalur undangan, jadi kurang tau gitu. 

Kode konten: C356

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *