Perminyakan, Universitas trisakti

Teknik Perminyakan Trisakti (Feby)

Teknik Perminyakan Trisakti (Feby)

Halo sobat intipers! Aku Feby Rochmaniah dari jurusan Teknik Perminyakan Trisakti 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Mitos atau stigma jurusan Teknik Perminyakan Trisakti?

Ada, banyak yang menganggap “kok masuk perminyakan sih? Padahal bahan bakar fosil itu udah mau habis” nah padahal sebenernya itu bukan mau habis, bahan bakar fosil itu jadi kurang metode eksploitasinya. Sebenernya banyak banget kaya reservoar-reservoar kita yang masih banyak banget potensi hidrokarbonnya.

Terus ada juga stigma “kenapa sih perminyakan?” karena kan emang mau diganti sama energi baru terbarukan, sebenernya kita juga harus mendukung energi baru terbarukan itu, cuman masa transisi dari energi fosil sampai energi terbarukan itu butuh masa waktu yang lama, jadi gak bisa langsung kita transisi langsung keenergi terbarukan, meskipun sekarang kita ada mobil listrik, cuman itu buth waktu yang lama untuk menyesuaikan sama negara kita, apalagi negara Indonesia yang notabene udah dari dulu pakai bahan bakar fosil.

Secara umum, Jurusan Teknik Perminyakan Trisakti seperti apa?

Jadi jurusan perminyakan sesuai namanya adalah teknik untuk mengambil fluida dari satu reservoar sampai kita produksikan ke service. Kalau di Trisakti sendiri, untuk semester awal kita biasanya belajar tentang dasar-dasar dulu. Kita belajar lagi Kimia, Matematika, kimia fisika, terus juga kita belajar di laboratorium banyak banget, ada analisis fluida reservoar, karakteristik fluida reservoar tersebut, terus ada analisa batuan reservoar, kita belajar tentang batuan di reservoar, banyak banget.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Selain itu, kita belajar software perminyakan, seperti software simulasi reservoar. Jadi seru banget anak perminyakan. Kita belajar proses eksploitasi sama eksplorasi.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Perminyakan Trisakti?

Dulu sebenernya aku masih idealis banget. Jadi dari dulu emang interest ke perminyakan dari SMA, terus aku cari-cari universitas yang menyediakan teknik perminyakan, dan aku ketemu universitas trisakti itu salah satu universitas terbaik yang punya juruan perminyakan. Alhamdulillah aku daftar dan keterima sampai sekarang udah semester 7.

Mata kuliah dan tugas yang khas di jurusan ini?

Seperti yang udah aku tadi jelasin, dari awal semester itu kita belajar kimia dasar, matematika dasar, matematika teknik, kimia fisika. Baru nanti semester atas kita mulai belajar tentang termodinamika, terus ada karakteristik fluida dan batu reservoar, baru lanjut nanti ada teknik produksi, teknik pemboran, dan teknik lainnya seperti simulasi reservoar.

Aku paling berkesan itu teknik produksi, karena di teknik produksi kita belajar tentang laju alir dari reservoar sampe ke servace nya. Terus kepake banget buat nanti kalau teknik produksi. Teknik produksi itu berkaitan sama laju alir, kaya kita nentuin kurva IPR gitu.

Kita ada kerja praktek, kaya ada kuliah praktik gitu. Kalau di perminyakan sendiri kita ada 2 yaitu ada kuliah lapangan atau KL biasanya itu di semester awal, biasanya kita ke pertamina cepu. Biasanya kalau kuliah lapangan di cepu itu kita lebih ke mengenal kaya peralatannya, ada pompa-pompanya, sakarat pan, tapi nanti kalau kerja praktik, kita lebih mendalami gitu. Untuk semester akhir kita ada tugas akhir, kita bisa nentuin sendiri atau bisa juga dari kampus, kemarin kita baru berangkatin field trip ke Thailand sama ke New Zealand, jadi buat adik-adik seru banget kan kita bisa ke New Zealand sama ke Thailand.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Mata kuliah yang jadi ciri khas anak teknik perminyakan itu biasanya di semester akhir kita itu disuruh pilih keahlian. Di perminyakan ini ada 3 keahlian, yaitu teknik reservoar, teknik produksi, sama teknik pemboran. Kalau teknik reservoar itu intinya kita mempelajari karakteristik fluida reservoar tersebut, terus kita bisa nentuin cadangan hidrokarbonnya, drive mechanism nya.

Untuk di teknik pemboran sendiri, bagaimana sih caranya kita membuat lubang atau sumur tempat keluarnya fluida/hidrokarbon tersebut. Kemudian yang terakhir teknik produksi itu berkaitan erat dengan laju alir produksi dari reservoar tersebut gitu. Biasanya diambil di semester akhir, karena untuk skripsi. Aku pengennya ngambil teknik produksi. Alasan aku pengen ambil konsentrasi ini, sesuai yang aku jelasin tadi, karena teknik produksi itu tentang si laju alir reservoar itu, jadi kita bisa mengetahui berapa sih yang bisa diproduksikan dari sesuatu hidrokarbon ini, seru banget teknik produksi, dosennya juga seru banget.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Buat adik-adik yang mau masuk Trisakti, kita itu ada 2 jalur. Yang pertama jalur bebas tes, itu bisa pakai rapot sama jalur nilai UTBK. Kemudian yang kedua ada jalur mandiri. Buat adik-adik, sekarang kita itu lagi ada diskon 20% buat adik-adik yang punya kerabat atau alumni dari Trisakti. Harus banget daftar nih, kita pendaftarannya sampai Agustus. Daftarnya di web Trisakti, langsung aja buka spmb.trisakti.ac.id nanti tinggal buat akun.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Perminyakan Trisakti?

Buat mahasiswa baru, saran aku harus perbanyak banget softskill sama hardskill, nah itu enggak harus kalian dapetin dari jurusan kalian, bisa banyak banget caranya sekarang. Terus sama kalian harus banget banyakin relasi, jadi harus banyakin ikut organisasi-organisasi. Tapi harus inget juga, harus seimbangin banget sama akademik kalian, jangan sampai ikut organisasi tapi akademiknya ketinggalan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan?

Dari perminyakan, kita bisa lihat dari alumni kita. Alumni kita tersebar di instansi pemerintahan maupun swasta. Contohnya alumni kita yang terkenal itu ada bapak Ir. Ego Cahrial, beliau merupakan sekertaris jenderal SDM pada tahun 2017, selain itu adik-adik bisa kerja di perusahaan BUMN, seperti pertamina. Kemudian bisa kerja di oil company seperti chevron, ekson, dan lain sebagainya. Jadi banyak kok prospek kerja perminyakan, tenang aja.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

 Insya Allah aku setelah lulus pengen lanjut S2 di Texas University USA.

 

Q&A

  1. Ada kesempatan buat kerja di offshore enggak?

Bisa banget, kita bisa banget kerja di offshore dan onshore. Tapi balik lagi ke adik-adik, jadi dari semester 1 udah harus rajin banget belajar supaya bisa lolos seleksi di oil company yang ade mau

  1. Mata kuliah yang lumayan susah di perminyakan itu apa?

Mata kuliah sebenernya beda-beda di orang. Cuman kalau menurut aku termodinamika sih, itu lumayan susah di aku.

  1. Pendapat kakak tentang energi fosil yang mau diganti sama energi terbaru?

Sebenernya kita itu wajib ngedukung pemerintah, karena pemerintah lagi gencar-gencarnya untuk mengganti energi fosil ke energi terbarukan, karena emang bagus juga di lingkungan. Cuman kita balik legi ke lingkungan kita sendiri yang emang notabene pakai energi fosil, terus mungkin juga emang bakal tergantikan. Tapi masa transisi dari energi fosil ke energi terbarukan itu sangat lama, gak mungkin 5-10 tahun kedepan, dan gak mungkin banget energi fosil langsung digantikan total, karena seperti yang kita liat, isu ini tuh udah ada dari lama banget, mungkin dari aku kecil udah ada. Jadi yang mau masuk perminyakan, tenang aja, ini berlangsung masih lama.

  1. Di masa pandemi ini gimana ya sistem PKL di Trisakti?

Kalau sekarang kan lagi corona banget ya kak, tapi kita kemarin Alhamdulillah berhasil ngeberangkatin kuliah lapangan maupun kuliah praktik ke Cepu secara sukses, tapi tetep protokolnya juga dijaga. Jadi tetep bisa kuliah lapangan dan praktek bisa kok, tapi pakai protokol yang emang ketat banget. Karena sayang banget kalau virtual, kita gak bisa liat langsung alat-alatnya, prosesnya.

  1. Kalau nanti ditempatin di offshore, gimana cara adaptasinya? Terutama untuk wanita.

Sebenernya kalau di offshore kita itu enak banget, mungkin aku emang belum di offshore tapi aku denger cerita dari kating aku yang di offshore itu enak banget, jadi makanan tersedia, mungkin untuk wanita emang dikit, tapi gak ada bedanya sama yang lain, jadi untuk di perminyakan, cewe sama cowo diperlakukan sama, jadi bener-bener gak ada spesialnya gitu.

  1. Selain materi perkuliahan, softskill apa yang perlu dikembangkan untuk menunjang di teknik perminyakan?

Kalau di Trisakti sendiri, kita itu ada organisasi-organisasi yang emang khusus perminyakan kaya SPE, IATMI, kalian bisa banget masuk situ. Karena kalau disitu, kita bisa banget ngelatih softskill kita kaya leadership, itu penting banget untuk dunia kerja.

  1. Suka duka kuliah di perminyakan gimana kak?

Kebanyakan sukanya sih kalau di perminyakan, karena kalau di perminyakan Trisakti itu diajarin sama dosen-dosen yang emang profesional dan kompeten banget di bidangnya masing-masing, jadi ke kita nya juga asik banget. Terus ditambah lagi sama tadi kaya kerja praktek dan kuliah lapangan, karena kita bener-bener langsung ngeliat laat-alat perminyakan secara langsung. Kalau untuk dukanya, menurut aku karena yang masuk teknik perminyakan itu udah di seleksi banget, jadi emang mahasiswa dari perminyakan itu banyak banget yang pinter dan berkompetan jadi mungkin emang kita itu disini lebih kompetitif, tapi dalam artian positif. Karena kompetitif ini bisa memacu mental kita sama bikin kita menjadi individu yang lebih baik segi akademis maupun non akademis

  1. Untuk kerja praktek sistemnya gimana ya kak?

Jadi kita bisa milih sendiri, kita mau mandiri atau dari Universitas Trisaktinya langsung. Biasanya kalau Universitas Trisakti ini kita ke Cepu juga, tapi kalau mandiri terserah sesuai kita. Nah di kerja praktek ini kita biasanya milih keahlian yang kita mau, baru kita internship 1 bulan, cuman kemarin karena corona, kita cuman 2 minggu di Cepunya.

  1. Anak saya dari jurusan IPS bisa gak sih ke perminyakan?

Untuk Trisakti sendiri jurusan perminyakan mohon maaf banget, hanya untuk jurusan IPA, karena dari semester awal kita belajarnya memang kimia, fisika, matematika, jadi harus saintek.

 

Kode konten: C704

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *