Perminyakan, Universitas trisakti

Teknik Perminyakan Universitas Trisakti (Muriantoro)

Halo sobat intipers! Aku Muriantoro Esha Aji dari jurusan Teknik Perminyakan Universitas Trisakti 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Perminyakan Universitas Trisakti itu seperti apa?

Kita di teknik perminyakan belajar cara nyari potensi minyak dan gas bumi, kita cari dimananya, kemudian kita eksploitasi, dan kita cek apakah suatu lapangan ini ekonomis atau enggak, untung atau enggak.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau udah untung segala macem oke kita produksi, kita distribusikan ke masyarakat yang biasa kita lihat seperti bensin, aspal, dan segala macamnya itulah yang kita pelajarin di teknik perminyakan universitas trisakti. Jadi masyarakat cukup menikmati biar kami yang bekerja.

Apa yang jadi alasan masuk Teknik Perminyakan Universitas Trisakti?

Aku itu dulu pengen banget kerja di luar negeri, nah aku liat di teknik perminyakan ini, kita gak bisa nyari minyak di dalam negeri aja, kita cari minyak di seluruh dunia. Disitu aku tertarik, ngikutin ayah sih, ayah juga pergi-pergi keluar negeri, pengen aja gitu terinspirasi.

Di teknik perminyakan untuk kita dapetin minyak itu butuh teknologi yang canggih, nah aku suka alat-alat berat, dan proses-prosesnya, itu alasan aku ambil jurusan teknik perminyakan. Kenapa trisakti? Menurut aku pun, di trisakti itu, kalau bisa dibilang salah satu top kampus, banyak company-company siapa sih yang gak kenal trisakti? Dari kampus lain siapa sih yang gak kenal trisakti? Dalam kita ngambil jurusan itu harus dari diri sendiri sih, gak boleh ada paksaan, biar kita jalaninnya enak.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak ya, banyak yang kita pelajari. Yang pertama teknik pemboran, dimana kita menentukan titik pemboran kita, dimana nih ada hidrokarbon, dimana ada minyak sama gas nya, nah kita belajar disitu. Kita belajar teknik reservoar, nah itu kita belajar juga.

Belajar teknik produksi, ptoduksi kita udah turun, atau gimana kedepannya, kita harus berpikir juga, baiknya kita stimulus dengan apa, nah kaya gitu kita belajar, kita belajar dari sisi ekonomi nya, apakah ini sudah ekonomis atau enggak, kita belajar safety nya gimana. Kalau kerja nantipun ada bagian sendiri-sendirinya gitu, ada divisi tersendirinya lah, gak semua yang dipelajarin.

Tugas-tugasnya banyak, setiap tugas mata kuliah ada tugasnya. Praktikum-praktikumnya mungkin ya, kita ke lab dan segala macem, laporannya, kita lab nya juga ada banyak, kalau tugas mah banyak sih, yang paling susah ya mungkin laporannya. Lab nya banyak, kita misalnya belajar alat-alat perminyakan yang kita gunakan dari alat-alat produksinya, alat-alat eksploitasinya, kita pelajari juga lab software, kita pelajari software-software yang digunakan. Kita belajar juga gimana nganalisa batuan, belajar analisa fluida nya juga, ada banyak lab nya. Kalau di teknik perminyakan trisakti ini lab nya banyak, jadi enaknya kita gak selalu belajar teori, tapi kita juga praktik di lab-lab tersebut.

Kita juga ada kuliah lapangan. Pertama ada eskursi dulu, jadi tur dulu bisa dibilang, kita jalan-jalan dulu, santai dulu, liat suasana lapangan kaya gimana. Kemudian ada kuliah lapangan, kemudian ada kerja praktek, kerja praktek ini bener-bener seperti kerja, nanti ada TA juga.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Teknik pemboran, ada teknik produksi, teknik reservoar, dalam kita mengambil minyak dan gas bumi itu ada step-stepnya, nah disitu kita punya pekerjaannya masing-masing. Teknik pemboran yang mengerjakan titik mana yang harus kita bor, lubang bornya harus gimana, apakah kita harus berarah, atau harus sedalam apa? Nah itu rekan-rekan tim drilling. Kalau udah masuk ke production engineernya itu gimana caranya sumur kita tetap berproduksi.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jadi di universitas trisakti itu yang aku tau ada jalur masuk tanpa tes, jadi temen-temen yang mungkin berminat, mungkin bisa pakai nilai rapot kalian, cocok banget nih lagi PPKM gini, sedang tidak bisa ujian masuk yang kaya biasanya gitu, nah itu temen-temen bisa masukin nilai rapotnya.

Ada USM juga, ada yang dari nilai UTBK nya, itu juga bisa dipake. Kalian cek aja di websitenya info.trisakti.id atau di spmb.trisakti.edu. kalau misalnya ada keluarga yang alumni trisakti, itu ada potongan 20% nah kan lumayan banget ada potongan 20%.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Perminyakan Universitas Trisakti?

Temen-temen, carilah networking kalian, itu penting banget untuk temen-temen kedepannya. Ambillah yang baiknya, sama jangan kupu-kupu kalau bisa, ikut organisasi atau lomba-lomba, karena S1 cuman sekali, dan ini yang bener-bener banyak pengalaman, karena itu penting, apalagi buat CV kalian, jangan kuliah-kuliah aja. Boleh sih kuliah-kuliah aja, itu tergantung kita, tapi saran dari aku jangan terlalu kuliah-kuliah aja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa kalian ke BUMN, oil company, pertamina, chevron, atau kaya service company, itu bisa jadi drilling engineer, production engineer, consultant, dosen, jadi banyak sih kalau kalian berminat.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan aku pengennya aku kerja dulu, aku terapin, cari pengalaman dulu, mungkin nanti kalau keperluan ambil sertifikasi, dan kalau ada rejeki mungkin sekolah lagi. Sertifikasi itu misal kita mau kerja di offshore jadi drilling engineer, nah itu kan butuh sertifikat dong, kaya misalnya orang ini udah kompeten atau belum, safety nya gimana, nah itukan penting, kaya K3 gitu-gitu, jadi penunjang kita kerja.

 

Kode konten: C721

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *