Perminyakan, UPN Veteran

Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta (Arum)

Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta (Arum)

Hai Intipers! Kenalin namaku Alifah Wulandari, biasanya aku dipanggil Arum. Aku mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta angkatan 2017. Disini aku ingin bercerita pengalaman kuliah yang sudah kulalui selama 6 semester di jurusan yang “menantang” ini. Yuk intip bagaimana sih kuliah di Perminyakan itu… Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa sih Teknik Perminyakan itu?

Hampir sama dengan Teknik Pertambangan, program studi Teknik Perminyakan mempelajari ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam. Bedanya terletak pada objek yang dipelajari. Teknik Perminyakan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam, dan panas bumi.

Ngomongin soal jurusan Teknik Perminyakan, mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar stigma stigma yang bilang. “Ngapain sih kuliah minyak, kan bentar lagi minyak mau abis” gitu katanya. Salah satu dosenku pernah cerita sewatu mengajar, ternyata dari jaman beliau kuliah tahun 80an, stigma tersebut sudah “exist” loh wkwk. Di Indonesia sendiri lapangan perminyakan itu banyak banget dan banyak juga yang belum dieksploitasi secara mendalam. Berdasarkan statistik baru sekitar -+ 30% yang dieksploitasi. Jadi, kemungkinan untuk menambah reserve atau cadangan minyak khususnya di Indonesia masih terbuka lebar di masa yang akan datang. Bisa dibilang minyak bumi merupakan energi yang terbarukan (renewable energy), akan tetapi karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama, jadilah ia sering digolongkan energi tak terbarukan (non renewable energy).

Slide3

Mata Kuliah Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta Favorit dan Praktikumnya

Mata kuliah yang paling berkesan selama belajar di Perminyakan UPN adalah Teknik Reservoir dan Perilaku Reservoir. Selain karena lumayan menjadi momok, dosen yang tersedia juga cukup “killer” hehehe. Teknik reservoir ini mengulik sifat fisik reservoir baik dari sisi batuan maupun fluida didalamnya, perhitungan cadangan yang dapat diproduksikan hingga forecast produksi pada suatu sumur dan lapangan dimasa yang akan datang. Sedangkan Perilaku Reservoir sendiri mempelajari tentang dinamika reservoir, sederhananya ketika minyak di produksikan maka ada penurunan tekanan dan influx fluida lain ke dalam reservoir sehingga kondisi reservoir menjadi dinamis dan berubah seiring dengan waktu.

Untuk praktikum, selama kuliah ada 10 praktikum yang harus dilalui. Seperti Praktikum Analisa Fluida Pemboran, Analisa Inti Batuan, Analisa Lumpur & Semen Pemboran, Peragaan Peralatan Pemboran dan Produksi, Well Testing, Simulasi Reservoir, Fomation Evaluation, dan Plan of Development. Selama kuliah juga kalian akan menjalani 2 kuliah lapangan dan kerja praktek langsung baik ke Oil Company maupun Services Company (penyedia peralatan dan jasa yang dibutuhkan dalam industri migas)

Masuk Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta, Belajar Apa Aja?

Kuliah di Teknik Perminyakan gak hanya belajar minyak melulu loh. Kita juga akan mempelajari mengenai  gas bumi dan panas bumi. Ketiga sumber daya alam ini biasanya dikenal dengan sebutan Hidrokarbon, mengingat bahwa komponen penyusunnya didominasi oleh unsur hidrogen dan karbon.

Aspek yang dipelajari antara lain adalah teknik reservoir, pengeboran, produksi, hingga manajemen perekonomian minyak dan gas (migas). Nggak cuma belajar tentang eksplorasi, eksploitasi, dan cara pengolahan minyaknya saja, mahasiswa program studi Teknik Perminyakan dituntut untuk inovatif dalam menemukan teknik yang lebih efisien dalam eksplorasi, eksploitasi dan pengolahannya, dan dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

  1. Teknik Reservoar : mempelajari cara menghitung cadangan migas, interaksi aliran fluida dalam media berpori, serta optimasi dan prediksi perfoma produksi dimasa yang akan datang
  2. Lalu, Teknik pemboran. Kita akan belajar cara buat membuat lubang dari permukaan sampai pada kedalaman tertentu dimana batuan sumber hidrokarbon serta analisis lingkungannya karena produksi minyak itu memakan waktu lama dan dalam jangka yang panjang.
  3. Teknik produksi. Mempelajari tentang bagaimana kita memproses minyak, mulai dari pengambilan minyak dari sumurnya, kemudian pemisahannya dari zat pengotor lain.

Kelompok keahlian ini dapat dipilih ketika semester akhir saat mengambil Komprehensif dan Tugas Akhir.

Tips Untuk Adek-Adek Mahasiswa Baru, Maupun Yang Berminat Masuk Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta

Untuk adek-adek maba yang udah join ke Perminyakan, seperti yang kita tau dan pasti terjadi di semua jurusan teknik, kuliah teknik tidak “semenyenangkan” itu. Selain menguras waktu dan tenaga, juga menguras biaya yang tidak sedikit. Sedari dini harus mulai membiasakan diri membaca jurnal, paper dan buku-buku terkait, karena selama kuliah dosen hanya memberikan 30% dan sisanya harus kita explore sendiri. Point selanjutnya, harus bisa seimbang dalam memanage waktu, kuliah bukan hanya sekedar jago akademik, tetapi juga tentang softskill development. Jangan pernah takut untuk keluar dari zona nyaman, mencoba hal-hal baru seperti join organisasi kemahasiswaan, BEM bahkan UKM sangat menarik loh. Bisa kamu sesuaikan dengan minat dan bakatmu. Jangan pernah insecure sama diri sendiri, inget, setiap hari temenmu melangkah satu step di depanmu, kalau kamu hanya berdiam diri, kamu bakal kalah saing sama mereka lol.

Dan untuk adek-adek yang berminat melanjutkan study di Perminyakan harus mendalami tentang matematika, fisika, kimia serta kebumian karena basic mata kuliah di perminyakan gabakal jauh-jauh dari matkul tersebut. Selain itu, harus mulai membiasakan diri membaca ya literatur ya. Tons of Luck!

Prospek Kerja Alumni Teknik Perminyakan

  • Perusahaan Minyak Nasional / Asing; Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, BP. Sebagian besar alumni Perminyakan berkiprah di jalur ini.
  • Bidang Pemerintahan, seperti di BP MIGAS, departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral).
  • Perbankan / Asuransi. Tenaga perminyakan dibutuhkan biasanya sebagai analis resiko terhadap kredit / klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas (underwriter).
  • Bidang Akademis. Bagi teman-teman yang berminat dapat mengajukan beasiswa baik kepada TM ataupun Universitas asing untuk melanjutkan kuliah di dalam / luar negri, untuk kemudian menjadi peneliti / dosen.
  • Tidak jarang alumni TM yang memulai usaha sendiri di bidang migas setelah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain disamping juga bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan, food & beverage.

Aku Setelah Lulus …

Jujur setelah lulus aku ingin join ke Oil Company baik Nasional maupun Multinasional, seperti Pertamina (BUMN), Medco E&P, BP, Chevron, etc. Tapi beberapa waktu terakhir sempat berpikir untuk lanjut S2 dibidang Petroleum Economics. Lets wait and see where the destiny brings me down hehe.

Warm Regards

Arum

Kode Konten: X441

Komen dibawah! 13

  1. Nabila

    Ka aku lg bimbang bnget ni untuk ambil jurusan perminyakan bagaimana cara nya aku agar percaya diri dan ngilangin rasa tkut sperti ‘ nanti bakal susah ga ya’ sanggup ga ya, tpi aku gak terlalu mendalami matpel tersebut menurut kaka gmn?

    • arumwulandari

      Hai Nabila, salam kenal ya!

      Sebelumnya aku minta maaf baru sempet nge-reply comment kamu. Okey, hal pertama yang harus bgt ada di mindset kamu itu keyakinan sama jurusan yang mau kamu ambil biar ga nyesel dikemudian hari. Setelah kamu yakin, pasti akan muncul confident untuk ke arah tersebut kan? Setelah 2 hal tersebut, otomatis akan ada usaha dari diri kamu buat dapetin hal yg kamu mau tadi. Di samping itu juga kamu harus punya motivasi dan tujuan untuk kuliah di jurusan yang kamu mau tersebut, ex : nanti setelah lulus kamu mau jadi woman field engineer, atau karena future stability dari jurusan tsb menjanjikan, dsb. By that, aku rasa dengan sendirinya kamu akan accept all the struggle yg mungkin akan terjadi selama kuliah dan kamu bakal enjoy sama jurusan yang kamu pilih karena sedari awal kamu udah punya target kedepannya mau ngapain.

      Masalah kamu tidak teralu mendalami matpelnya, maybe bisa di persiapkan dari sekarang matpel dasar untuk ujian masuk PTN nya. Untuk matkul selama kuliah itu aku rasa dijurusan manapun akan di ajari kembali dari dasar. Jadi kamu ga perlu worry 🙂

      You never know until you tried. Goodluck Nabila 🙂
      See u on Petroleum Engineering Department soon!

  2. Feronika lefubun

    Kk klau kita yang jurusan IPS bisa msk ga

    • arumwulandari

      Hai Feronika, salam kenal ya!

      Untuk peminatan IPS bisa untuk mendaftar ke Jurusan Teknik Perminyakan, tetapi kamu hanya bisa mendaftar melalui jalur SBMPTN (memilih kelompok Saintek atau Campuran) atau jalur mandiri UPNVYK (Saintek).

      Artinya kamu harus mempersiapkan materi ujiannya (Mat, Fis, Kim dan Bio) sedini mungkin kalau kamu berminat untuk mengambil ujian saintek. Bisa mulai belajar mandiri dari kumpulan soal di internet, buku kumpulan soal SBMPTN, atau ikut bimbel. Enggak perlu minder ya, karena ada beberapa teman ku yang basicnya peminatan IPS tapi kuliah di jurusan saintek dan mereka survive.

      Goodluck Fero!

  3. Dhini

    rata rata nilai raport nya brp ya kak

    • arumwulandari

      Hai Dhini, salam kenal!

      Sebenernyaa aku kurang tau pastinya standard nilai raport yang diperlukan karena aku dulu mendaftar lewat jalur mandiri. But, karena ini jurusan saintek, sebisa mungkin nilai MatFisKimBio kamu stabil diatas 85. Akan lebih baik lagi kalau nilai yang kamu peroleh selama kuliah selalu meningkat.

      Semoga bisa membantu ya jawabannya 🙂

  4. Nabila Ayuni Putri

    kak apakah lulus perminyakan tidak akan kocar kacir cari kerja? Dan hal apa saja yg perlu dipersiapkan jika ingin SNMPTN prodi ini kak?

    • arumwulandari

      Hai Nabila, salam kenal ya!

      Seperti yang udah aku jelasin di artikel yang aku tulis, lulusan Teknik Perminyakan tidak hanya bisa bekerja di Industri Migas-Pabum saja, tetapi bisa juga bekerja di bidang lain seperti entrepreneur hingga akademisi. Aku belum bisa menjawab dengan pasti, karena aku juga sekarang masih dalam studi, tetapi menurutku, sulit mudahnya kita mencari pekerjaan nanti akan tergantung pada diri kita sendiri, bagaimana kita mempersiapkan bekal menuju dunia kerja yang sebenarnya. Kuliah bukan hanya sekedar mendapat IPK tinggi, tapi harus diimbangi dengan softskill development yang baik serta bagaimana kamu memanfaatkan peluang yang kamu dapat setelah lulus nanti.

      Hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk SNMPTN Prodi ini yang pasti adalah nilai Raport yang baik, sebisa mungkin diatas 80-85 untuk matpel IPA (Mat,Kim,Fis,Bio) dan cendering mengalami kenaikan nilai (atau stabil) pada setiap semesternya. Akan lebih memperbesar peluang lagi jika kamu melampirkan sertifikat prestasi selama kamu SMA.

      Semoga jawabannya bisa membantu ya, Goodluck!

  5. Reza Zadillah

    Kak kalo perminyakan Upn Jojga ada kuliah lapangan nya nggak? Kalo ada apa tetap di daerah Jogja atau bisa luar Jogja? Dan apa lulusan perminyakan Upn Jogja ada bimbingan atau arahan dari pihak kampus untuk lebih mudah dapet kerjaannya kak?

    • arumwulandari

      Hai Reza, salam kenal ya!

      Ada! Selama kuliah nanti akan ada 2 kali kuliah lapangan, dan keduanya dilaksanakan di luar Jogja. Yang pertama ada Kuliah Lapangan Geologi, untuk kuliah lapangan Geologi ini biasanya di laksanakan di Cepu dan daerah Bayat dan bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa struktur-struktur geologi yang berprospek sebagai reservoir minyak. Kedua, Kuliah Lapangan Migas Pabum, kuliah lapangan ini bertujuan untuk pengenalan industri migas-pabum kepada mahasiswa. KL ini dilaksanakan di Cepu (dilaksanakan di Oil Company : Pertamina) dan Dieng, Wonosobo (dilaksanakan di Pertamina Geothermal Energy)

      Untuk arahan secara langsung tidak ada Reza, karena UPN tidak bekerja sama secara langsung dengan Company terkait rekomendasi kerja mahasiswa setelah lulus. Tapi, korsa di Teknik Perminyakan UPN sangat kuat, kamu bisa memperluas relasi selama kuliah dengan alumni, yang akan sedikit banyak bisa membantu kamu ketika mencari pekerjaan setalah lulus.

      Semoga jawabannya membantu ya, goodluck!

  6. Putra

    Kak susah nggak sih nantinya kalo nggak bisa kimia?,tapi mtk fisika alhamdulillah bisa dikit dikit sih. Takutnya kalo lolos ntar kagok karena aku orangnya nggak bisa kimia samsek.

    • arumwulandari

      Hai Putra, salam kenal ya!

      Kimia di teknik perminyakan tidak akan serumit kimia yang di pelajari di Teknik Kimia wkwk. Selama kamu punya basic, pasti bisa kok. Karena nanti di awal perkuliahan juga akan di review lagi untuk semua materi dasar seperti Fis, Kim, Mat. So, nothing to be worried xx

      Semoga jawabannya membantu ya, goodluck!

  7. Umbar S

    Kak kalo di teknik perminyakan materi fisikanya rumit ga si? Soalnya mau kuliah di jurusan perminyakan ato nggak pertambangan tapi takut sama mapel fisika 🙁

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *