Institut Teknologi Bandung, Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan ITB (Calvin)

Teknik Pertambangan ITB (Calvin)

Halo sobat intipers! Aku Calvin Trias Yudhy jurusan Teknik Pertambangan ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Pertambangan ITB itu seperti apa?

Secara umum kita mempelajari proses penggalian material di bawah permukaan bumi ini bisa ke atas, biasanya dengan digali dan sampai proses pengolahan. Jadi kita belajar cara menambang, mencari endapannya juga.

Mungkin banyak juga yang ngira kalau di jurusan ini bakal panas-panasan kuliahnya dan bakal berat, nah sebenernya pertambangan itu gak hanya soal di lapangan, di hutan atau panas-panasan tapi bisa juga di office.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Pertambangan ITB?

Sebenernya ada orang yang role model, pas SMP kelas 2 atau kelas 3 itu aku sempet suka klub sepakbola Chelsea, yang punyanya itu bos minyak, karena dia bos minyak dan waktu itu mikir gimana caranya bisa jadi orang kaya, ya begitu awalnya. Tapi akhirnya pas lulus itu minta pendapat sama orang tua untuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan terus direkomendasikan untuk masuk ITB aja, sampai aku pas SMA itu ngekos juga. Akhirnya aku masuk ITB lewat SNMPTN dan bisa dibilang karena passion juga karena pas SMA juga suka ikut lomba-lomba kebumian gitu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak mata kuliah yang cuma ada di jurusan ini, kita belajar mekanika batuan, belajar bor ledak juga itu belajar gimana caranya meledakkan suatu endapan, terus kita belajar caranya menyusun ventilasi dari tambang itu sendiri, kita juga belajar tentang alat-alat, dan geostatistika jadi gimana caranya dengan statistika kita bisa membuat estimasi sumber daya. Jadi banyak geologinya juga.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Teknik Eksplorasi ini mirip-mirip geologi, gimana caranya kita mencari suatu endapan dan memodelkan suatu sumber daya. Kalau geologi itu memandang batuan dari segi sains, kalau pertambangan memandang dari segi ekonominya. Kalau tambang umum itu sendiri belajar lebih ekonomi tentang pertambangan, mengoptimalkan suatu bahan galian, operasi tambang itu seperti apa, misalnya alat apa yang dibutuhkan dan peledakan seperti apa yang cocok.

Slide1

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 SNMPTN. SBMPTN, dan jalur mandiri. Jadi yang belum berhasil lewat SNMPTN dan SBMPTN bisa lewat jalur mandiri. Daya tampungnya kurang lebih 300 orang untuk di fakultasnya. Rata-rata skor UTBK itu kalau gak salah sekitar 680.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tingkat 1 itu kita harus ngelewatin fase TPB, belajar matkul dasar seperti matematika, fisika dan kimia dan tiap minggu itu hampir ada ujian. Agak kaget aja di awal karena biasanya di SMA kan lebih santai, mungkin bisa lebih dipersiapkan aja belajarnya dari sekarang biar ga kaget. Pelajari hal-hal dasar dan geologinya juga bisa.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa kerja di sektor pemerintahan, swasta dan jadi PNS atau peneliti juga bisa. Pengen kerja di lapangan sekitar 10 tahun terus kerja di kantor kaya BUMN gitu.


Q & A

Perbedaan FTTM Ganesha dan FTTM Cirebon perihal fasilitas utamanya studi tambang? FTTM Cirebon itu belum ada jurusan teknik pertambangan, katanya bakal dibuka tahun ini. Perihal fasilitas itu sebenernya belum bener-bener dipindahkan ke Cirebon ada yang masih kuliah di Jatinangor dan beberapa praktikum masih dilakukan di kampus Ganesha. Jadi sejauh ini belum beroperasi.

FTTM ITB itu kan ada pertambangan, perminyakan. Geofisika, dll apa alasan milih pertambangan? Karena suka dengan pelajaran yang ada Geologimya, sebenernya Geofisika juga ada sih tapi lebih kebayang pertambangan pelajarannya pas lihat kurikulumnya. Belajar kristal mineral batuan, dan banyak lagi terus aku suka kerja lapangan, rasanya asik aja ke hutan gitu, terus karena faktor eksternal itu denger-denger himpunannya asik gitu kompak. Nah itu kurang lebih alasannya.

Kalau boleh tahu basic yang dipelajari di pertambangan itu apa aja? Sama kaya teknik lainnya pasti ada matematika, fisika, kimia apalagi di ITB kan ada TPB dulu. Cuma kalau udah masuk ke jurusannya kita lebih belajar Geologi dan pemetaan, namun ada tetep ada basic, fisika, kimia yang gak sebanyak jurusan lain.

Gak terlalu suka Kimia tapi masuk Pertambangan aman gak? Nah, seperti yang aku udah bilang di tingkat pertama itu kan ada TPB yang belajar Kimia juga jadi kamu harus lewatin itu dulu, nanti pas di jurusan belajar Kimianya itu lebih pada ngafalin rumus kimianya aja gak diperdalam banget.

Kode Konten: Y247

Komen dibawah! 20

  1. mouza07

    Haloo kak!!
    Aku baru kelas XI dan rencananya pengen masuk fttm tapi aku kurang pinter di mapel kimia. Kira-kira mapel kimia di pertambangan susah gak ya?

  2. Redho illahi

    Hallo kak
    Aku kelas Xll dan recananya mau ambil jurusan pertambangn tapi kurang ngerti sama mtk,fisika,kmia . Kira kira bakalan susah nggak kak?

  3. Kridha mei w

    Haloo kak, aku kelas 12 nih rencananya mau ambil ini kimia sih oke tapi kalau kurang ngerti sm fisika dan matematika susah nggak bakalan? Terus caranya agar lebih memahami gimana? Supaya bisa mempersiaokan dr sekarang

    Terimakasih

  4. rabiatulkhatimah

    hallo kak,klo aku pas MAN nya jurusan agama terus kalau kuliah nya jurusan pertambangan,apa bisa?

  5. Rena

    Kak gimana yg d sekolah nya cmn belajar Kimia sama fisikanya cuma satu tahun, tapi aku pengen masuk fttm itu bakal susah gak kak?

  6. rahma

    pengen masuk pertambangan tapi ga suka menghitung gimana e

    • calvintrias

      Hallo rahma! sepertinya setiap jurusan yang ada kaitannya dengan teknik ada hitungannya, tapi di pertambangan sendiri sebetulnya salah satu ilmu konvensional, jadi hitungannya ga ribet ribet kaya jurusan lain mungkin.
      tapi kalo di teknik pertambangan ITB sendiri, perlu lewatin fast TPB dimana itu pelajarannya kaya kimia, fisika, matematika hehe. semangat terus ya coba digali lagi potensinya suka dimana

  7. Elang Pratama

    Assalamualaikum
    Kak gimana kalau anak Ilmu Sosial masuk Jurusan Pertambangan, Apakah Ilmu Sosial juga penting di Jurusan Pertambangan?

    • calvintrias

      Hallo Elang! ilmu sosial tuh menurut aku pribadi gabisa lepas dari kehidupan, jadi mau jurusan apapun nantinya, ilmu sosial tetep kepake si terutama ketika didunia kerja mungkin. hehe

  8. Riri

    Tidak suka matematika,fisika,kimia,tapi tertarik pada penelitianĀ² perut bumi,sperti ledakannya,lebih tepat lapangan,,tapi pengen bangat pertambangan,tapi takut juga karna matematika,fisika,kimia,,
    Gmna ??

    • calvintrias

      Hallo riri! sepertinya setiap jurusan yang ada kaitannya dengan teknik ada hitungannya, tapi di pertambangan sendiri sebetulnya salah satu ilmu konvensional, jadi hitungannya ga ribet ribet kaya jurusan lain mungkin.
      tapi kalo di teknik pertambangan ITB sendiri, perlu lewatin fast TPB dimana itu pelajarannya kaya kimia, fisika, matematika hehe. semangat terus ya coba digali lagi potensinya suka dimana

  9. Stefhan

    Halo… Kak saya berminat masuk ke jurusan teknik perminyakan tetapi setelah dipikir2 saya bertanya kepada diri saya sendiri minyak kan sda yg tdk bs diperbarui apakah kedepan apabila minyak bumi indonesia habis prospek kerja di bidang ini sudah tdk ada dan apa yang bakal terjadi jika sudah kuliah di jurusan ini apakah masih bagus ??
    Dan saya mau bertanya lagi saya tdk begitu pandai di bidang fisika apakah nanti nya akan menyulitkan kita dalam belajar di jurusan ini??

    Mohon di jawab pertanyaannya kak Terima Kasih…šŸ™šŸ™

  10. DELLA YOURISTAMA

    Assalammualaikum ka aku della youristama . Aku masih kelas XI SMK. Aku berencana ingin masuk jurusan pertambangan . tapi aku ga begitu paham dan ngerti untuk pelajaran matematika, fisika, dan kimia , apakah susah atau mudah untuk masuk jurusan tersebut apabila kita tidak begitu menguasai ke 3 pelajaran tersebut ? . dan kalo lulusan SMK apakah ada peluang atau kesempatan untuk bisa kuliah di ITB jurusan teknik pertambangan ? .

  11. Ronhy#

    Salam tambangāœŠāœŠ
    Artikelnya cukup menarik kak ;kira kira apasih kesan yang menarik dari jurusan pertambangan itu sendiri kak ,padahal banyak orang menganggap tambang itu merusak linkungan khususnya masyarakat .maff mungkin pertanyaannya kurang sesuai dengan artikenyašŸ™

  12. REFA DILLA

    Hallo kak,,
    aku Refa Dilla sekarang udah kelas XII rencananya mau ngambil jurusan Pertambangan tapi aku kurang suka sama mapel MTK,kimia sama fisika bakalan susah gk kak nantinya?

  13. Tiaa

    Halo kak aku tia kelas 12 rencana ingin kuliah di jurusan teknik pertambangan tapi kurang paham dan ngerti sama matimatika,fisika dan kimia . Itu nanti nya bakalan susah ga ya ?

  14. Tiara rahmawati

    FTTM ITB itu kan ada pertambangan, perminyakan, Geofisika dll. bedanya apa ya?

  15. valencia

    Halo kak! mau tanya, aku di SMA kurang suka sama kimia fisika, tapi aku tertarik masuk pertambangan, terus banyak yang bilang kalo pertambangan itu hitung fisika kimia nya lumayan sulit, apa bener ya kak?

  16. Putri Talapiu

    halo kak aku mau nanya, kan ada siswa yg ambil gap year kan, alasannya buka krna ga lulus sn atau sb tapi karna emang nunda dulu ga ikut sn ataupun sb, jadi apa boleh tahun depannya ambil mandiri? diliat dari persyaratannya harus ada nilai sb atau sn, jadi gimana tuh kak sdngkan dia dari awal ga ikut sn sama sb. mohon di jawab ya kak ā˜ŗ

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *