Institut Teknologi Bandung, Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan ITB (Imelda)

Teknik Pertambangan ITB (Imelda)

Halo sobat intipers! Aku Imelda Dwi Putri dari Teknik Pertambangan ITB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Pertambangan ITB itu seperti apa?

Secara garis besar kita belajar segala aspek tentang pertambangan, mulai dari eksplorasi, eksploitasi, pengangkutan, pengolahan, pemasaran hingga reklamasi pasca tambang. Kita tentunya diajarkan cara menambang yang aman, efektif dan efisien.

unisa

Mungkin temen-temen juga udah gak asing sama stigma tentang jurusan ini yang katanya anak tambang itu bisanya ngerusak lingkungan aja. Itu salah ya temen-temen, karena suatu pusat tambang itu kalau akan dilakukan tindakan itu harus ada perancangan dulu terus izin ke pemerintah yang salah satu syaratnya itu harus ada proses reklamasi dalam pertambangan tersebut, jadi reklamasi itu semacam memperbaiki lingkungan yang sudah ‘dirusak’ oleh pihak-pihak tambang.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Pertambangan ITB?

Aku pribadi dulu pengen banget kedokteran cuma ada beberapa faktor yang gak mendukung, akhirnya aku nyari-nyari jurusan yang sesuai sama passion aku. Nah, di SMA ada alumni yang menjelaskan tenang berbagai jurusan dan yang paling sreg di aku itu jurusan ini. Akhirnya aku minta restu orang tua dan keluarga, terus banyakin ibadah dan memutuskan jurusan ini di SNMPTN dan Alhamdulillah lulus.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Teknik Pertambangan ITB?

Ada mata kuliah yang namanya Mekanika Batuan yaitu kita mempelajari perilaku batuan ketika ada gaya luar yang mempengaruhinya, terus ada Tambang Terbuka yang mempelajari segala sistem, metode, alat untuk penambangan. Selain itu ada Tambang Bawah Tanah, Termodinamika Tambang, Metode Peledakan dan masih banyak lagi. Kita juga belajar tentang Geosains juga.

Beberapa matkul itu ada praktikumnya, salah satunya Mekanika Batuan ini teori yang dipelajari di kelas itu dipraktikkan secara langsung, misalnya kita menguji tingkat abrasivitas batuan, gimana tingkat abrasivitas batuan yang mempengaruhi tingkat keausan dari bahan penggalian. Selain itu ada kuliah lapangan ke perusahaan tambang dan ngeliat langsung daerah tambang, alat-alat yang digunakan bahkan proses penambangan itu. Angkatan aku itu pergi ke PT Indosemen Palimanan, berkesan banget pas geliat proses peledakan bahan galian, yang biasanya cuma bisa liat di youtube.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan Teknik Pertambangan ITB?

Ada 2 kelompok keahlian yaitu Tambang Umum dan Eksplorasi Sumber Daya Bumi. Kalau Tambang Umum itu lebih berfokus ke eksploitasi dan pengolahan bahan galian, merancang proses penambangan, caranya, metode dan alat yang digunakan. Kalau Eksplorasi Sumber Daya Bumi itu lebih ke arah pencarian bahan galian dan pemodelan badan bijihnya.

Oh ya, kelompok keahlian ini dipilih di semester 5.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, Uji mandiri. Tahun pertama itu kita gak langsung ke jurusan tapi di fakultas dulu, menjalani TPB. Nah, TPB itu belajar kaya materi SMA tapi tingkatnya lebih tinggi. Mulai angkatan aku itu ada jalur peminatan, jadi kalau yang non peminatan itu dari fakultas harus bersaing lagi sama yang temen sefakultasnya buat masuk ke jurusan, sedangkan kalau yang peminatan itu kaya dari awal udah pasti masuk jurusan yang dipilih tanpa harus bersaing.

FTTM itu di angkatan aku nerima sekitar 300 orang dan Teknik Pertambangan sendiri 88 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tips umumnya itu yang pertama adaptasi sih penting karena kan kita ketemu sama orang baru, belajar ilmu baru, budaya tiap jurusan juga beda, makanya harus bisa adaptasi. Kedua, Time Management karena perkuliahan itu gak cuma soal akademik, tapi juga ada organisasi, kepanitiaan dan kemasyarakatan. Temen-temen bisa buat to-do-list, biar temen-temen itu bisa disiplin. Nah, ketiga itu disiplin karena kedua cara itu bakal percuma kalau gak disiplin. Selanjutnya, punya pendirian dan optimis, kuliah itu banyak godaannya mulai dari temen, lingkungan juga makanya harus bener-bener punya tekad kalor kuliah itu buat nuntun ilmu dan bahagian orang tua. Optimis juga dalam menghadapi segala tantangan karena bagaimanapun kita pasti bisa. Terakhir, itu bersyukur apapun hasil yang didapet pas perkuliahan itu udah pasti yang terbaik buat kita.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau tambang cukup luas, soalnya bisa milih mau kerja langsung di industri tambang kaya jadi owner tambang, kontraktor tambang, konsultan tambang, maintaning service. Jadi peneliti atau akademisi juga bisa.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku mikirnya bakal kerja dulu jadi nanti lanjut S2 bisa pakai pendapatan aku sendiri gitu.


Q&A

  1. Apa beda teknik pertambangan dan perminyakan dan lebih bagus mana?

Bedanya lebih ke wujud atau substansi dari sumber daya bumi yang ditambang sama masing-masing keilmuan ini. Kalau tambang kan wujudnya padat kaya mineral atau batu bara, kalau perminyakan itu wujudnya fluida dan gas. Kalau nanya lebih bagus yang mana itu aku gak bisa jawab ya, kalau memang masih bingung bisa cari-cari lagi info tentang keduanya dan cari mana yang lebih sesuai sama temen-temen, jangan lupa berdoa sama restu orang tua kalau memang tetep masih bingung.

  1. Apa yang membuat Teknik Pertambangan ITB itu tingkat persaingannya ketat dan fasilitasnya seperti apa?

Mungkin yang bikin tingkat persaingannya tinggi itu karena emang peminatnya banyak dan kuotanya terbatas. Kalau sarana prasarana di ITB nya sudah lengkap, ada tempat praktikum dan perpustakaan khusus pertambangan gitu.

  1. Tips buat pas TPB dong?

Menurut aku tips yang udah aku kasih itu bisa banget diterapkan pas TPB karena aku pun emang begitu.

  1. Ada program peminatan gak dan ada program paket mata kuliah jurusan yang bisa diambil sama jurusan lain?

Dari 2018 sama 2019 itu ada program peminatan tapi di 2020 ini semua jurusan di FTTM itu udah umum dan program mata kuliah itu ada, contohnya matkul Mekanika Batuan yang bisa diambil sama jurusan Geologi.

         5.Pembelajaran paling penting dalam pertambangan itu apa?

Semua pelajaran tentang pertambangan itu penting karena akan terpakai pas nanti kuliah, meskipun memang ada beberapa matkul yang sekarang aku pun masih bingung nanti bergunanya bagaimana di lapangan pekerjaan.

Kode Konten: Y271

Komen dibawah! 8

  1. Chandra

    Kak, semester 1 teknik pertambangan belajara apa aja ya?

    • IMELDA DWI PUTRI

      Haloo, maaf ya baru jawab 🙂
      semester 1 semua jurusan belajar TPB, kalo utk semester pertama saat sudah dijurusan tambang itu (yaitu semester 3) belajar tentang dasar2 mengenai Teknik pertambangan itu secara umum sama ada belajar eksplorasinya (di semester ini belum pembagian kelompok keahlian), juga ada mata kuliah jurusan lain seperti geologi, geodesi, matematika, dll. Karena itu juga merupakan bagian dari dasar2 yang harus dimiliki seorang engineer tambang nantinya.

  2. Grimadany

    Kakk, kalo tambang tuh kan ada matkul fisika, kimia, matematika nya gitu. Kalo dari kita nya gak terlalu ngerti atau bisa dri ketiga pljrn itu, apa bisa msuk ke jurusan ini?

    • IMELDA DWI PUTRI

      Halloo..
      bisa kok gausah khawatir, aku pribadi kurang menguasai fisika hehe,, tapi karna di itb nanti bakal ada yang namanya masa TPB dimana kita bakal mengulas lagi materi2 matematika, fisika, kimia. Nah, darisitu bakal kebantu juga buat lebih memahami lagi, kalo semisal masih kurang paham atau kurang menguasai aman ajha, soalnya di jurusan tambangnya nanti mata kuliah yang menyangkut matematika, fisika, kimia itu bakal dijelasin lagi sama dosennya, dan insyaallah bakal lebih paham juga kok… jadi tenang aja, insyaallah bisa tetep masuk ke jurusan ini, asal niat dan minat kamu tinggi pasti bisa! Fighting!

  3. DELLA YOURISTAMA

    Asslammualaikum ka aku mau nanya kalo kita tidak begitu mengerti untuk pelajaran matematika , fisika , dan kimia apakah bisa masuk untuk kejurusan ini ? . dan kalo lulusan smk apakah ada kesempatan untuk keterima di insitut teknologi bandung jurusan teknik pertambangan ?

    • IMELDA DWI PUTRI

      Wa’alaikumsalam
      Untuk pertanyaan pertama (mengenai mata pelajaran matematika, fisika, kimia) jawabannya sama kayak yang diatas ya 🙂

      Untuk pertanyaan kedua, aku ga bisa mastiin ya tapi menurutku bisa aja sii,, yang aku tau dari beberapa pengalaman orang2 si kebanyakan siswa/i SMK yang masuk ITB bisa lewat jalur SBMPTN (untuk SNMPTN aku kurang tau), dan mereka bisa masuk Teknik Mesin, Seni Rupa, dll. Nah, buat yang Teknik Pertambangan sejauh ini aku belom pernah denger ada yang dari SMK gitu (sorry, mungkin aku kurang dapet info juga)
      Tapi, kalo keinginan kamu kuat diiringi giat belajar buat bisa lulus SBMPTN nya bisa bisa aja,,
      SEMANGAT!!!

  4. Dinda Putri Oktafiana

    Assalamualaikum kak,kak klo aku yang dari jurusan IPS gimana,kan jurusan IPS ga ada sama sekali pljr fisika kak,cuma ada kimia dan mtk kak,naa katanya klo misalnya dari jurusan IPS susah buat msuk ya kak

  5. Zuhria Ulfa

    Assalamualaikum kak, sebenarnya saya jg tertarik dgn teknik pertambangan ini,tapi itu la saya kurang dalam pljran MTK, fisika,kimia,dan saya dengar katanya teknik pertambangan itu susah,saya mau nanya untuk IPK ny itu rata2 berapa ya kak dlm setiap matkul,saya takut nanti pas saya masuk pertambangan IPK saya rendah,ini ketakutan saya sendiri kak,jadi rata2 IPK ny berapa kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *