Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan Universitas Khairun (Danny)

Teknik Pertambangan Universitas Khairun (Danny)

Hai, Intipers! Ada suatu pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, jadi kenalan dulu yuk. Nama saya Danny Fauzah Kuliah di Universitas Khairun Kota Ternate Jurusan Teknik Pertambangan. Saya orang Jakarta lho tapi kuliahya di Indonesia bagian timur pasti ada yang mikir “wah ngapain jauh-jauh kuliah di Unkhair di P. Jawa juga banyak universitas ternama dan terfavorit”. Orang sini pun bilang begitu. Nah ini jawabannya Intipers “Asalkan bisa kuliah, dapat ilmu, dapat wawasan, dapat ruang lingkup baru, tradisi baru, apalagi dapat beasiswa kenapa tidak, toh sukses seseorang bukan dilihat dari seberapa besar nama kampus tapi seberapa banyak pengalaman dan kreatifitas kita di ruang kuliah.” Udah tau kan alasannya kenapa malah jauh-jauh ke Indonesia Timur. Oh iyaa saya angkatan 2018 di Teknik Pertambangan Universitas Khairun Termasuk juga angkatan ke 3 karena angkatan pertamannya itu tahun 2016. ingin tahu lebih lanjut seputar Teknik Pertambangan Unkhair? Letss Goo!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Teknik Pertambangan Unkhair?

Oke intipers sesuai jurusannya Teknik Pertambangan Unkhair mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia tambang. Intipers tahu ngk sihh alat-alat keseharian kita di buat dari mana? Pasti intipers berpikir perhiasan, alat dapur, batubara. Yaps betul sekali itu sebagaian manfaat dari bahan-bahan tambang tetapi masih banyak lagi lho manfaat dan kegunaanya.

Mata Kuliah yang terkait seperti Metalurgi, Rekayasa Bahan Galian, Pengolahan Bahan Galian, Pencucian Batubara. Selain proses pengolahannya Intipers juga akan banyak belajar tentang Geologi, Eksplorasi, Perencanaan, Peledakan, Alat Berat, Ekonomi Mineral, Reklamasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Oh iya kak bedanya Teknik Pertambangan sama Teknik Perminyakan apa kak?? kalau Teknik Pertambangan fokusnya ke Mineral dan Batubara, sedangkan Teknik Perminyakan fokusnya ke Minyak dan Gas. Di Indonesia  perusahaan Pertambangan lebih banyak dari sabang – merauke beberapa perusahaaan besar tambang diindonesia seperti PT. ADARO yang mengelola Batubara, PT. FREEPORT mengelola Emas dan Tembaga, PT. TIMAH yang mengelola Timah, PT. Antam perusahaan milik negara yang mengelola sebagian besar mineral seperti Nikel, Emas, Tembaga, dsb.

Pasti nanti lulus yang bawa truck besar-besar itu ya kak? Wah salah tuh hehehehe. Lulusan Teknik Pertambangan itu akan menjadi Ahli Geologi, Mine Plan, Ahli Geoteknik, dan masih banyak lagi keahliannya sesuai minat dan bakat dari kitanya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa bedaannya dengan Teknik Geologi?

kalau teknik geologi akan mempelajari struktur batuan, terbentuknya bumi, lapisan batuan, mitigasi bencana alam seperti gempa bumi, longsor, dan gunung api, geomorfologi, umur batuan, dst. Teknik Geologi lebih fokus ke batuan itu sendiri, Teknik Pertambangan Unkhair juga mempelajari ilmu Geologi karena sangat berperan penting dalam dunia tambang untuk menghindari bencana alam yang disebabkan oleh faktor geologi.

Mata Kuliah Teknik Pertambangan dan Dosen Favorit?

Mata Kuliah di Teknik Pertambangan Unkhair sangat banyak sekali mulai dari teori hingga praktek. Seperti Geologi fisik, Geologi Dinamik, Petrologi, Geomorfologi, Ganesa Bahan Galian yang akan mempelajari ilmu geologi. Jika ingin menjadi Mine Plan ada mata kuliah fokusnya seperti Komputerisasi Tambang, Geostatistik, Perpetaan, Pemodelan dan Evaluasi Cadangan, ada juga mata kuliah dengan hitungan matematika, fisika, kimia seperti Matematika dasar, Matematika Terapan, Kimia dasar, Kimia Mineral, Kimia Fisika, Fisika Dasar, Mekanika Tanah, Mekanika Teknik, Matriks dan Ruang Vektor, Statistik, dan Metode Numerik. itu sebagian dari mata kuliah umum dan wajib dari Teknik Pertambangan Unkhair.

Nah untuk mata kuliah favorit saya yaitu mengarah ke Mine Plan dan Lingkungan. Saya lebih suka mengoperasikan komputer dan mendesain suatu rancangan di mata kuliah ini akan di ajarkan step by step dari dosennya sampai mahir. Mulai dari membuat peta, menghitung cadangan, membuat rencana tambang dengan menggunakan tambang terbuka atau bawah tanah, dan software-software gratis. Ohh iyaa di sarankan untuk menggunakan laptop dengan RAM diatas 4 dan minimal Prosesor Core I3 karena software pertambangan sangat berat hehehehe. Lalu ada mata kuliah Lingkungan seperti pengantar lingkungan, Reklamasi, dst. Tujuannya menghilangkan prespektif masyarakat bahwa tambang itu merusak alam, sebenarnya tambang itu tidak merusak alam melainkan merubah bentuk alam dan tidak merusak alam jika menerapkan Good Mining Practice.

Dosen Favorit saya, wah ada banyak nih hehehehe. Pertama ada pak Wawan Ak. Conoras termasuk pembimbing saya juga, beliau adalah orang yang cerdas, simple, mahir menggunakan Software, dan mudah berbagi ilmu. Lalu ada pak Firman walau beliau dosen baru di Teknik Pertambangan Unkhair tetapi kerja keras, mudah berbaur dengan mahasiswa/i, tanggung jawab, cara mengajarnya juga mudah dipahami.

Konsentrasi di Teknik Pertambangan Unkhair

Konsentrasi dari teknik pertambangan Unkhair ada Pemurnian, Studi Kelayakan Tambang, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Lingkungan. Oke kita bahas satu-satu yaa.

  1. Pemurnian, konsentrasi Pemurnian bertujuan untuk manfaat dan kegunaan dari bahan galian mulai dari proses peremukan, Pencucian, Pemisahan Mineral berharga dengan mineral pengotor (Waste), menjadikan bahan setengah jadi, Membentuk hasil bahan akhir, seperti emas batangan, Flat besi, Nikel Mate, Batubara siap pakai, dll untuk di produksi lebih lanjut oleh konsumen. lulusan konsentrasi pemurnian menjadi kepala produksi smelter.
  2. Studi Kelayakan Tambang, Konsentrasi Studi Kelayakan Tambang untuk menyatakan layak atau tidaknya lokasi untuk dilakukan penambangan dengan meperhatikan beberapa aspek seperti lokasi penambangan, keadaan geologi, metode yang digunakan, umur tambang, lingkungan, K3, Keuangan, tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan, dan aspek lainya. lulusan konsentrasi studi kelayakan tambang menjadi pembuatan dokumen Studi Kelayakan, RKAB, Amdal, dst.
  3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja, untuk konsentrasi kesehatan dan keselamatan kerja bertujuan untuk meminimalisirkan kecelakaan dalam tambang, alat pelindung diri untuk memasuki site lokasi tambang, ketenaga kerjaan. lulusan dari konsentrasi K3 seperti Kepala Teknik Tambang (KTT), Konsultan.
  4. Lingkungan, untuk konsentrasi lingkungan sangat sensitif, yang akan dipelajari yaitu pengolahan limbah B3, Limbah Cair, Penyusunan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), Reklamasi, dan vegetasi alam. lulusan konstrasi lingkungan menjadi ahli Lingkungan,Konsultan, pembuatan dokumen Amdal.

foto kunjungan ke perusahaan

Tips-tips Untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Teknik Pertambangan Unkhair!

Bagaimana intipers seru ngak tuh masuk di Teknik Pertambangan Unkhair? Pasti seru dongg hehehehe. Yang perlu diingat untuk para mahasiswa baru jangan semangat di awal doang semester 4 ke atas mengeluh, tidak ada semangat untuk kuliah lagi, tugasnya berat, kayaknya salah jurusan deh, kebelet nikah hehehehe bercanda ya ;),

Intinya yakin, hargai proses perkuliahan, jangan terlena dengan organisasi ekstra maupun intra, memanage waktu, kurangin main games, hargai senior apalagi masuk Teknik. Senior bukan tuhan jadi tidak usah takut. Rhoma Irama berkata “berakit-rakit ke hulu, berenang-renag ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Sama halnya kuliah di teknik pertambangan rintangan dan tantangan banyak yang mesti dilalui. Tetapi jika kita lulus kita bisa menjadi orang yang terpandang karena kerja di tambang termasuk gaji terbesar ke 2 di indonesia setelah  Perminyakan.

Tips terakhir perbanyak membaca buku baik terkait basic maupun sosial. serta aktif dalam kegiatan seminar untuk menambah sertifikat dan menambah ilmu. Jadilah enginer muda yang dapat bersaing dengan orang asing. Karena tanah dan air indonesia bukan untuk orang asing melainkan untuk rakyat indonesia. Sehingga rakyat Indonesia dapat hidup sejahtera jika kita penduduk asli indonesia yang mengelola sumber kekayaan alam ini.

Ikuti Organisasi /Magang yang kita banget!!

Ada tips lagi nih intipers untuk kalian yang masuk di Teknik Pertambangan Unkhair, jika ada jurusan orang dalam pasti kalian ambil jurusan itu kan hehehehe. Eits tapi sayangnya tidak ada tuh. Lalu bagaimana dong kak kan kita nggak ada orang dalam pasti susah cari kerjannya? Perbanyak Relasi dengan mengikuti organisasi baik skala kecil maupun skala nasional. Contoh skala Universitas ada Kegiatan Himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, Magang, dll. Contoh skala nasional ada PERMATA (Persatuan Mahasiswa Tambang) baik secara regional maupun Nasional. Walau kita tidak ada orang dalam tetapi relasi/jaringan kita banyak apalagi kalau kita aktif dan orang kenal kita, bukan tidak mungkin kita diajak untuk bekerja bersama. Enak toh hehehehe. Ohh iyaa jika kita punya ide atau gagasan banyak kok kegiatan yang menampung kegiatan kita contohnya seperti Intip Kuliah ini. Atau karya tulis lainya baik puisi, cerpen, PKM, dan masih banyak lagi lhoo.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja dan Alumni Teknik Pertambangan Universitas Khairun Biasanya Kerja Dimana??

Berbicara prospek kerja jangan di tanya yaa hehehehe. Dari sabang-merauke ada banyak kok perusahaan pertambangan dengan berbagai macam bahan galian yang ditambang. Di P. Sumatra ada tambang batubara, emas, dst. P. Jawa ada tambang emas, marmer, Magnesium, Mangan, dst, P. Kalimantan ada tambang batubara terbesar, nikel, emas. P. Sulawesi termasuk zona tambang Nikel, Emas, Aspal. P.Maluku Utara-Papua ada tambang Emas dan Tembaga terbesar dunia, Nikel, Logam tanah Jarang. Jika sobat intipers tidak mau kerja di tambang sobat intipers bisa kerja di Kementrian ESDM, Ahli Konsultan, Dosen, dst.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus dari Teknik Pertambangan Universitas Khairun?

Alhamdullilah masih semester 5 saya pribadi sudah mempunyai berbagai link perusahaan dan disuruh cepat wisuda hehehehe. Baik di pertambangan batubara maupun nikel. Harapan pribadi saya itu bisa memberikan target keinginan perusahaan. Jika bisa melebihi target supaya mendapatkan Reward melanjutkan studi yang fokus ke masalah perusahaan yang menghambat target perusahaan tidak terpenuhi. Tetapi semua itu butuh proses yang gigih dan semangat juang yang tinggi agar dapat bersaing dalam kancah internasional. So jika kita berusaha dan yakin tuhan pasti memberikan jalanya.

#kami_berjiwa_emas #Bermahkota_berlian #Salam_satu_terowongan #Jayalahtambangku #Jayalahindonesiaku #Salamtambang

Kode kontenL X396

Komen dibawah! 1

  1. Asri s Gosora

    selaku Jurusan teknik pertambangan , sangat apreasiasi ,karya tulis Dani ?✊
    semangat , dan sabar di rantau orang

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *