Teknik Pertambangan UNSRI (Hasna)

Hallo sobat Intipers! Aku Hasna Nasita dari jurusan Teknik Pertambangan UNSRI angkatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Teknik Pertambangan UNSRI seperti apa?

Secara umum jurusan teknik pertambangan mempelajari bagaimana mengeksplorasi, mengeksploitasi, dan mengolah tambang terkhususnya daerah mineral dan batu bara. Untuk mitosnya sendiri banyak yang menganggap jurusan Teknik Pertambangan adalah jurusan untuk laki-laki dan saya mematahkan mitos tersebut. Jadi untuk temen-temen terkhususnya yang perempuan jangan takut bergabung dengan jurusan kami karena jumlah perempuan di jurusan ini lerbilang seimbang dengan laki-laki.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Pertambangan UNSRI?

Dulu berpikir kalau jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus, ada batu bara, nikel, emas dan industri mineral yang lainnya. Dan untuk temen-temen yang suka dengan pekerjaan lapangan aku rekomendasikan jurusan ini.

Adakah mata kuliah atau tugas yang khas di jurusan Teknik Pertambangan?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Di jurusan Teknik Pertambangan kalian akan belajar dasar-dasar teknik pertambangan secara umum seperti Fisika dan Kimia. Nah ketika sudah mempelajari teknik pertambangan nantinya akan dipelajari tentang pengeboran, peledakan, studi kelayakan tambang dan mata kuliah yang lainnya. Biasanya buat mahasiswa semester 5 sampai semester 7 familiar dengan KKL, nah di teknik pertambangan juga mendapatkan itu. Jadi kalian akan diterjunkan ke area pertambangan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi di jurusan Teknik Pertambangan UNSRI ada 2 yaitu Minyak dan Gas, dan Batu Bara. Untuk mata kuliah dari konsentrasi Minyak dan Gas kurang lebih seperti Teknik reservoir, Produksi Minyak dan Gas, dan mata kuliah yang lainnya. Sedangkan konsentrasi Baru Bara beberapa mata kuliah yang akan ditemui antara lain Pemanfaatan Batu Bara, dan Analisis Batu Bara.

Apa saja jalur masuk di jurusan Teknik Pertambangan UNSRI?

Jalur masuk di jurusan Teknik Pertambangan UNSRI ada 3 yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips untuk mahasiswa baru Teknik Pertambangan UNSRI?

Untuk adik-adik yang baru masuk di jurusan Teknik Pertambangan mungkin merasa berat berkuliah di jurusan ini kaya merasa kurang tidur dan tugasnya berat. Saran aku dilalui aja dan dari kerja keras kalian yang akan mmebentuk diri kalian nanti biar ga kaget ketika di dunia kerja nanti. Dan satu pesan dari aku, buat temen-temen yang berkuliah di jurusan ini,m manfaatkan waktu tersebut karena gak semua orang diberikan kesempatan yang sama seperti kalian.

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Untuk jurusan Teknik Pertambangan ga jauh berbeda dengan perusahaan teknik pertambangan. Tapi kalian juga masih bisa jadi seorang dosen, kerja di instansi pemerintah, BUMN dan sebagainya. Nah pekerjaan di dunia tambang ga melulu soal lapangan. Kita juga masih bisa memasuki ranah kantor seperti konsultan pertambangan, analisis atau surveyer pertambangan.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana kedepannya karena aku belum lulus jadi masih pengen menemukan bidang apa yang nantinya akan di kejar di dunia kerja. Rencananya mesiasatinya dengan cara mengikuti lowongan pekerjaan di dunia pertambangan. Dan kalau nanti sudah lulus ada keinginan untuk lanjut studi S2.

Konten : C805

Komen dibawah! 1

  1. Mariana Manik

    Mau nanya kak kalau buta warna bisa lolos seleksi masuk ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.