Teknik Pertanian

Teknik Pertanian Universitas Jambi (Salsha)

Teknik Pertanian Universitas Jambi (Salsha)

Halo sobat intipers! Aku Salsha Mida dari Teknik Pertanian Universitas Jambi angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Pertanian Universitas Jambi seperti apa?

Ilmu yang fokusnya ada di pertanian, ngebahas semua teknologi yang baru, misalkan kaya traktor yang berbau teknologi, dulu pas awal masuk kuliah, saya mikir teknik pertanian itu cuma belajar kaya selayaknya bertani, ga itu kaya mitos banget, asumsi yang salah, ada di kita kaya nanem gitu, tapi kalo bisa dibilang cuma 30%, selebihnya kita belajar hidroponik, mesin, perbengkelan, teknologi nanem, lebih ke hal-hal yang lebih majunya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Pertanian Universitas Jambi?

Dulu waktu awal-awal banget mau kuliah teknik, mikir teknik pertanian gampang cuma nanem doang, ternyata itu salah, lama-lama dapat pencerahan dan merasa beruntung bisa masuk teknik pertanian, selama manusia hidup, rumpun pertanian itu pasti di butuhin, pasti bakal selalu jaya, kita kan hidup dari hasil tani, dengan semakin majunya jaman, kita mencoba menginovasi ilmu yang ada di teknik pertanian, teknologinya kita lebih dipacu. Teknik pertanian sama dengan teknik yang ada, kita belajar teknik sipil, teknik kimia, fisika, pas awal-awal saya kaget, karena mata kuliah saya seperti perbengkelan, mekanika fluida, banyak ilmu yang nuntut kita untuk ngasah otak ngitung gitu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Teknologi hidroponik, terus ada mata kuliah yang berhubungan dengan tanah, mata kuliah perbengkelan bisa lari ke mesin pertanian itu udah ciri khasnya banget, kita ada bengkel, di sediain semacam traktor, las. Kalo pas awal liat mata kuliah hitungan itu malas banget, dengan berjalannya waktu kaya semester 1 terus semester 2 mulai nerapin ilmu, saya dilihatin video kaya mesin panen yang gede banget dan ga ada di indonesia, nanem pake drone, terus sistem rumah hidroponik yang bertingkat-tingkat saya tertarik, kita tahu beberapa persennya pertanian, ada sawah, sawi, karet, lumayan ada manfaatnya orang kuliah di teknik pertanian, karena kan mereka bisa ngembangin teknologi, ga perlu beli alat-alat dari luar, karena mahasiswa kita pun punya inovasi itu, bisa.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di teknik pertanian ada pasca panen, teknik tanah dan air, dan ada mekanisasi alat dan hasil pertanian. Pasca panen, ilmu bagaimana cara menangani produk pertaniann setelah di panen, kaya panen buah, gimana caranya supaya buah tersebut ga cepat busuk. Kemudian teknik tanah dan air, tentang hidroponik, ada sejenis pemetanaan, irigasi, ilmu tanah, ilmu air, fokusnya. Mekanisasi alat dan hasil pertanian itu, udah kebayang rancang bangun, inovasi mesin pertanian. Konsentrasinya bisa di ambil di semester 5, aku rencananya mau ngambil teknik tanah dan air karena aku suka sama hidroponik.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN lewat raport, sertifikat, kalo SBMPTN ada UTBK, sama Mandiri, cuma ada jalur Hafidz Qur’an. Kalo mandiri ada ujian tertulis sama kaya UTBK. Informasi lebih lanjut bisa di akses di websitenya udah lengkap banget.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Pertanian Universitas Jambi?

Kalian yang baru mau kuliah bisa ambi prodi teknik pertanian, karena selagi manusia hidup pasti di butuhin, teknik pertanian berprospek, ga bakal ketinggalan apalagi semakin maju teknologi, kita memajukan pertanian, banyak hal yang ga kalian denger dan kalian pelajarin ada di sini, apalagi kalian yang suka sama engineer.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Tergantung dengan ilmu yang kita ambil tadi, biasanya larinya ke pabrik, kaya pabrik produksi WKS yang pabrik kertas, ada juga yang bangun usaha, kaya buka hidroponik, banyak di perusahaan di bidang pertanian, bisa kemana aja selagi masih di pertanian.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Dari sekarang sudah lulus rencananya mau ambil S2, punya rencana kuliah ke luar negeri, ada negara yang saya pengenin, kaya ke eropa, saya pengen ngembangin ilmu pertanian ke luar negeri dan kalo pulang ke Indonesia, saya mau nerapin ilmu tersebut.

Kode konten: C423

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *