Teknik Sipil

Teknik Sipil dan Lingkungan IPB (Nabila)

Teknik Sipil dan Lingkungan IPB (Nabila)

Halo intipers. Perkenalkan nama saya Nabila Salsabila. Saya mahasiswa jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB angkatan 2016. Disini saya ingin sharing seputar jurusan kuliah saya yaitu   yang telah saya lalui hingga 8 semester. Yuk, simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan itu seperti apa ya?

Teknik Sipil? Apaan tuh? yang bangun-bangun rumah? Pengertian formalnya sih, ilmu teknik sipil itu ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi gedung, infrastruktur publik, dan juga lingkungan. Kalau teknik Lingkungan? Ini jurusan yang fokusnya mempelajari teknik untuk menyelamatkan dan merekayasa lingkungan hidup berupa air, tanah dan udara. Semacam avatar gitu ya? Jadi bisa dibilang Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan ini gabungan dari jurusan Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan. Jadi berasa kuliah di dua jurusan. Fakta menariknya adalah, jurusan yang menggabungkan Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan ini hanya kamu temui di IPB dan UGM loh.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB?

Cukup banyak dan beragam sekali. Mulai dari desain, perencanaan pondasi, struktur, mekanika, pengolahan limbah, dan lain-lain. Kalau disederhanakan, sebagian besar terdiri dari hitungan, analisis, dan juga desain. Di semester 3-4, mata kuliah yang dipelajari sebagian besar berupa dasar. Semester 5 lebih menonjolkan ke teknik sipil, sementara semester 6 lebih banyak ke arah teknik lingkungan. Di semester 7, mata kuliah akan lebih berorientasi pada penyelesaian proyek tertentu, seperti pembuatan jalan, tata ruang perkotaan dan sebagainya.

Dua mata kuliah semester 3 yang biasanya yang dianggap berat oleh mahasiswa baru itu gambar teknik dan ilmu ukur tanah, karena kedua mata kuliah ini lebih menitikberatkan di praktikum daripada kuliah.  Praktikum gambar teknik pada awalnya diwajibkan menggambar secara manual. Gambarannya dimulai dari yang sederhana seperti jenis arsiran, gambar perspektif, sampai gambar sebuah rumah secara utuh dari mulai pondasi hingga atapnya. Salah sedikit, pasti ngulang. Tapi di pertengahan semester dilanjutkan dengan bantuan komputer. Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah pada awalnya kita akan belajar bagaimana pemetaan di lapangan. Bawa alat yang berat, panas-panasan, kalau hujan harus ditunda, kadang harus praktikum di hari libur. Tapi selanjutnya praktikumnya menggunakan teknologi seperti GPS, drone, maupun penginderaan satelit. Hal ini dimaksudkan agar kita memahami betul konsep dari mata kuliah itu, bukan sekadar mahir menggunakan alat saja.

Laporan praktikum di semester 3 juga umumnya individu dan ditulis tangan. Di semester 4-7, tugas dan laporan tidak lagi ditulis tangan dan kebanyakan tugas kelompok. Di semester 7 nyaris tidak ada lagi tugas individu.

Mitos Atau Fakta?

Perempuan di teknik itu cuma mitos? Kalaupun ada pasti digenitin sama cowo-cowo.

Banyak kok anak teknik yang perempuan, salah satunya saya. Bahkan di jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB,  laki-laki:perempuan itu 60:40 kok. Perempuan-perempuan teknik itu strong, dan banyak yang lebih pintar daripada laki-laki. Kalau soal digenitin, yah 1:1000 kemungkinan. Soalnya anak teknik itu kan solid dan kompak, jadi wajar jika orang ngeliatnya seperti ‘modus’ laa.

Expo-PTN

Mahasiswa teknik Sipil dan Lingkungan ga pernah mandi kalau kuliah?

Jahat @_@ Iya sih jam kuliah, praktikum, dan tugas-tugas membuat kita suka begadang, dan kelihatan ga semangat di pagi hari. Tapi ya kalau mau kuliah tetap mandi dulu dong. Malahan, ga jarang kawan-kawan perempuan saya rela bangun lebih pagi untuk skincare an dulu.

Kuliah Teknik Lingkungan kerjaannya mungut-mungut sampah?

Ya ga sepenuhnya salah si. Nyatanya memang ada mata kuliah yang berkaitan dengan pengelolaan limbah. Tapi ga sekadar itu kok. Di jurusan ini juga dipelajari bagaimana membangun infrastruktur lingkungan, penjernihan air, bahkan merancang kenyamanan di dalam ruangan. Ruangan aja bisa dibuat nyaman, apalagi kamu…hiya~

Di jurusan ini anaknya solid-solid banget ya?

Kalau yang ini bener banget. Mungkin karena terbiasa dibebani dengan banyak tugas yang mengharuskan kerjasama, jadinya semakin kompak. Tapi bukan hanya untuk urusan akademik, mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan terbiasa solid dalam segala kegiatan juga loh.

Konsentrasi atau kelompok keahlian Teknik Sipil dan Lingkungan IPB

Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan di IPB sendiri memiliki 4 divisi(bagian) yang menjadi fokus utama dari setiap mata kuliah, yaitu divisi Teknik Struktur dan Infrastruktur, Teknik Lingkungan, Teknik Sumberdaya Air, dan Teknik Geomatika. Waduh apalagi tuh?

Teknik Struktur dan Infrastruktur ini sering disebut divisi ‘sipil kering’ atau kadang-kadang juga disebut ‘sipil banget’ karena mata kuliah yang terdapat di divisi ini merupakan mata kuliah yang biasa ditemui di jurusan Teknik Sipil pada umumnya seperti konstruksi, mekanika, pondasi, jalan dan jembatan dan masih banyak lagi. Kalau teknik lingkungan sebaliknya. Mata kuliah di divisi ini biasa ditemui di jurusan Teknik Lingkungan seperti pengelolaan sampah, limbah cair, green building, dan lainnya. Teknik Sumberdaya Air disebut juga sebagai ‘sipil basah’ dimana kita mempelajari tentang air dan pengendaliannya. Loh jadi beneran kita akan belajar jadi avatar? Ya enggak dong. Mengendalikan airnya dengan bangunan air untuk memberi manfaat serta mencegah banjir. Yang terakhir teknik Geomatika. Disini kita bermain dengan data spasial (keruangan).

Jadi setelah masuk jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB kita harus pilih divisi ?

Tidak, selama proses perkuliahan sejak semester 3-7 semua mahasiswa akan mempelajari semua mata kuliah dari keempat divisi tersebut. Konsentrasi peminatan datas digunakan ketika penyusunan skripsi saat tingkat akhir.

Praktikum Teknik Irigasi di Cianjur

Jangan kuliah teknik. Itu berat. Aku gaakan kuat. Biar kamu saja

Kuliah Teknik Sipil dan Lingkungan memang ga mudah kawan, tapi bukan alasan untuk menyerah. Nih ada beberapa tips untuk kawan-kawan maba  yang kepalang ‘kecebur ‘ ke jurusan ini

  1. Banyak-banyakin berdoa. Kawan-kawan jangan cuma minta dikirim uang bulanan aja sama ortunya, tapi minta kiriman doanya juga ya. Kalau yang ini sih berlaku untuk semua jurusan.
  2. Jalin keakraban,  baik dengan teman sesama angkatan, maupun kating. Apalagi teman seangkatan tuh. Kedepannya kalian akan saling membutuhkan dalam banyak hal.
  3. Jangan menunda-nunda. Seperti kata Squidward, untuk apa dikerjakan sekarang kalau bisa dikerjakan besok. Nyatanya tugas tidak akan semakin mudah kawan. Kalau kamu menunda apa yang bisa kamu lakukan hari ini, maka hari esok akan menumpuk tugas baru.
  4. Asah soft skill. Kamu juga bisa mengembangkan bakatmu di luar bidang teknik Sipil dan Lingkungan.
  5. Pintar-pintar mengatur waktu. Setiap orang punya cara mengatur waktunya. Ada yang spontan saja, ada yang harus bua schedule rutin terperinci. Apapun caranya, jangan sampai tidak ada waktu untuk hal yang penting kawan.
  6. Jangan lupa olahraga dan minum susu.

Prospek Lulusan Teknik Sipil dan Lingkungan

Luas. Pake banget. Kalian bisa menjadi Site Engineer di suatu proyek, site manager, konsultan sipil, konsultan lingkungan, auditor lingkungan, ahli K3, Green Building Consultant, Industri petrokimia, dosen, peneliti, Developer properti, wirausaha, bahkan di bidang pemerintahan.

Wow ternyata kontribusi lulusan teknik sipil dan lingkungan untuk kemajuan bangsa  begitu besar ya? Iya dong kawan. Kuliahnya cukup berat, pekerjaanya menanggung amanah besar, sayang banget ya kalau dinodai dengan korupsi.

Kode konten: X280

Komen dibawah! 24

  1. Salma halimatu sya'diah

    Kak teknik sipil itu banyak gambar ga kak atau lebih banyak di lapangan? Jurusan teknik sipil kan luas prospek kerjanya. Kalo boleh tau sekarang kakak kerja dimana? Aku sebenernya suka gambar sama matematika tapi engga begitu suka tapi yang paling menonjol dari aku itu. Pengen masuk teknik sipil mau nanya nanya dulu pengen milih jurusan yang cocok banget sama aku nah terlintas jurusan teknik sipil. Kalo boleh mohon dijawab ya kak pertanyaannya. Kalo bisa sekalian mau minta nama ig kakak biar bisa dm dan tanya tanya lebih dalam. Terimakasih kak🙏.

  2. Lia

    Ka susah ga masuk ipb utk ambil jurusan tehnik sipil dan lingkungan

  3. Audi

    Teknik lingkungan ipb harus bisa bahasa inggris ga sih ka?

  4. Aisyah mahraini

    Kalo teknik sipil itu harus pinter menggambar gak kak ?? Saya kurang bisa menggambar² gitu. Saya ada niat mau masuk teknik sipil tapi kendalanya di menggambar kak.

    • nasahanesi

      pertamanya aku juga ga bisa gambar kok. Gambar teknik beda sama gambar biasa, akan diajari step by step dan cuma disemester awal aja pake tangan, selanjutnya pakai autocad.

  5. Riska Rahayu

    Assalamualaikum ka, mau tanya teknik sipil dan lingkungan itu berat ga si kak terus aku kan suka gambar ² tapi kurang suka dengan matematikanya ka. Nah kalo mau masuk teknik sipil dan lingkungan banyak ngitung² ga si ka?
    Syarat untuk masuk teknik sipil dan lingkungan apa yaa ka?
    Terimakasih ka.

    • hanesi

      Waalaikumsalam, berat atau tidaknya sebenarnya tergantung bagaimana jalaninnya aja. Kalau dijalanin dengan santai dan senang pasti ringan kok.
      Kalo di sipil lebih banyak ngitung si, tapi biasanya hasil akhir juga berupa gambar. Sebenernya ga terlalu masalah kalau sekarang blm suka ngitung, kan cinta kadang hadir karena terbiasa… hiya~
      Yang penting kamu yakin kalau sudah faham seperti apa jurusan teknik sipil dan beneran tertarik, maka kemampuan akan mengiringi kemauan.
      Syarat masuk mah gampang: daftar seleksi(jalur apapun)- ikuti seleksinya- lulus
      Ya emang gaada syarat khusus si, biasa aja seperti jurusan apapun itu

  6. M.Rifki Ali Akbar

    Assalamualaikum ka ,dari dulu saya sudah mengincar jurusan ini karena saya sering melihat pembangunan rumah, gedung, ngeliat orang lagi ngukur tanah kirain lagi foto (dalam hati). saya ingin bertanya kak untuk bayar UKT nya mahal gak ya kak ? Dan biaya selama kuliah kak seperti uang beli alat – alat, biaya hidup dll ? Terimakasih kak ,doain ya kak supaya saya bisa masuk di sipil Ipb

    • hanesi

      Waalaikumsalam. Untuk UKT disesuaikan dengan penghasilan orang tua sih.
      Setiap angkatan juga sepertinya berbeda soalnya adek tingkatku lebih mahal dari ku. Untuk alat2 nya memang kalau di beli semua sendiri jadi beban banget harganya. Kalau aku si barang2 yg masih bisa pinjem (basoka, penggaris, mal, dsb) utamain pinjem kating aja. Barang2 yg bisa patungan (kayak kertas/kalkir, dll) bareng2 temen aja. Tinggal beli yg memang harus punya sendiri2 aja jd lebih efektif.
      Kalau biaya hidup di bogor sih relatif murah. Kosan per tahun asal jago nyarinya dapet aja kok yg murah dan bagus hehe… Uang kebutuhan sehari2 juga ga gede. Kebetulan kalo aku sih emang ga suka belanja2 yg ga perlu2 bgt.
      Semangat.. semoga impiannya tercapai😉

  7. Naufan Raid Azka

    Kalo untuk matematikanya susah ga kak? apa lagi nilai matematika saya standaran hehe 😅 saya lebih suka ngegambar soalnya ya lumayan suka juga desain desain

  8. Rezyana Firdausy

    aku pernah ikut tes psiko hasilnya aku cocok di jurusan sipil/arsitektur.
    aku sih pengen banget masuk sipil ipb tapi aku ga jago fisika kak. jadi ragu:(

  9. Khairunisa

    Assalamualaikum kak
    Kalo mau ambil SNMPTN di teknik sipil dan lingkungan IPB kira-kira rata-rata nilai raport nya biar aman berapa kak?
    Terimakasih sebelumnya kak

    • nasahanesi

      Waalaikumsalam… Kebetulan aku lewat ujian tulis sih masuknya. Tapi kalau satu dua temen aku sih, ada yg 85. Tapi aku gatau semua ya hehe. Mungkin lebih akurat jika ditanyakan ke guru bk karena setiap tahun biasanya berbeda2.

  10. nasahanesi

    Waalaikumsalam… Kebetulan aku lewat ujian tulis sih masuknya. Tapi kalau satu dua temen aku sih, ada yg 85. Tapi aku gatau semua ya hehe. Mungkin lebih akurat jika ditanyakan ke guru bk karena setiap tahun biasanya berbeda2.

  11. Alsye

    kak,bedanya teknik sipil di univ lain dengan teknik sipil dan lingkungan ipb apayakak?prospek kerjanya?kalo teknik sipil di univ lain itu prospek kerjanya di bangunan” perkotaan gitu ya? dan kalo teknik sipil dan lingkungan apakah prospeknya untuk pembangunan” di pertanian?

    • hanesi

      Sebenernya sama aja kok. Kita juga belajar apa yg dipelajari teknik sipil lain, hanya saja ada matkul2 teknik lingkungan juga. Jadi secara beban sks antara sipil: lingkungan= 60:40 lah. Prospek kerja nya juga seperti jurusan teknik sipil dan teknik lingkungan pada umumnya. Memang sih kampusnya pertanian, tapi jurusan ini ga beda sama teknik sipil dan teknik lingkungan kok. Paling yg berhubungan sama pertanian cuma 1, irigasi, sisanya sama.

  12. Shafaa Marissa

    kl teknik sipil harus punya laptop ga si kak? soalnya aku gapunya:(

    • hanesi

      Hm… kalo laptop si emang perlu banget ya. Kalau bisa si usahakan punya. Tapi kalau memang blm sanggup mengadakannya bisa kok minjem dulu ke teman atau kating. Bisa kok ganti-gantian, cuma memang harus cepet aja. Semangat 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *