Teknik Sipil

Teknik Sipil dan Lingkungan IPB (Reza)

Teknik Sipil dan Lingkungan IPB (Reza)

Bonjour, merupakan salah satu sapaan dari masyarakat perancis kepada orang lain. Hay hay hay perkenalkan nama saya Reza Mochammad fattah biasa dipanggil Reza oleh teman teman dikampus. Saya sekarang mahasiswa sememster 4 yang akan ke semester 5 di kampus Institut pertanian Bogor. Tepatnya saya di Fakultas Merah atau Fakultas Teknologi Pertanian di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB angkatan 55 atau angkatan tahun 2018. Kalian pasti kepo kan tentang dunia kampus yang saya jalani? Pasti kalian banyak yang belum mengetahui jurusan tersebut dan bertanya tanya. Kalo gitu simak aja tulisan saya dibawah ini, Regardons ça.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Apa itu Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB?

Teknik Sipil dan Lingkungan adalah jurusan teknik sipil seperti pada umumnya hanya saja di jurusan ini memiliki konsep pembangunan yang selalu memperhatikan dampak terhadap lingkungan sekitar. Seperti dampak polusi, bahan bangunan ramah lingkungan serta inovasi dalam mengembangkannya. Secara garis besar jurusan ini adalah gabungan dari 2 jurusan yaitu teknik sipil dan teknik lingkungan .Jurusan SIL mempelajari mata kuliah mata kuliah di teknik sipil dan teknik lingkungan sebagai contohnya mekanika tanah, mekanika fluida 1 dan 2, gambar teknik konstruksi, statistika teknik, mekanika bahan, analisis struktur 1 dan  2, ilmu ukur tanah, pengantar analisis daur hidup, pengelolaan kualitas udara, Praktikum Teknik Lingkungan Terpadu,dan lain sebagainya. Mata kuliah program sarjana S1 dapat dilihat secara lengkap di website SIL berikut (http://sil.fateta.ipb.ac.id/akademik/program-studi-s1/).

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Oiya bagi kalian yang belum tahu jurusan ini hanya ada 2 di Indonesia yaitu di IPB dan UGM. Jurusan SIL ini merupakan jurusan yang sudah terakreditasi A oleh  BAN-PT. Memiliki beberapa akreditasi internasional seperti IABEE atau Indonesian Accreditation Board for Engineering Education.
Kak katanya jurusan teknik itu susah apalagi teknik sipil dan lingkungan yang terhitung mempelajari 2 wawasan keilmuan? Ya benar memang susah itu untuk orang yang tidak mau berjuang dalam menggapai cita citanya. Selama teman teman belajar dan bersungguh sungguh itu pasti akan mudah. Belajar tidak perlu secara akademik tetapi non akademik serta pengalaman organisasi. Belajar dari kesalahan yang pernah dibuat untuk lebih baik kedepannya.

Kuliah di Teknik Sipil dan Lingkungan IPB

Engineering atau teknik tidak terlepas dari adanya suatu praktikum.di SIL IPB ini kalian akan dihadapi dengan banyak sekali kegiatan praktikum mulai di laboratorium sampai turun ke lapangan.Mata kuliah khas disini dibagi menjadi 2 yaitu kuliah dan praktikum. Menurut kakak mata kuliah khas adalah Analisis Struktur dan Pengelolaan Kualitas Udara yang semua jurusan baik teknik sipil maupun teknik lingkungan. Di mata kuliah analisis struktur kalian akan mempelajari tentang bagaimana kalian memproyeksikan gaya gaya yang terjadi pada bangunan misalnya momen gaya pada struktur balok, diagram momen dan beberapa aspek proyeksi pada bangunan. Mata kuliah ini perlu analisis yang tinggi serta mampu berlogika dalam memecahkan masalah yang ada. Mata kuliah pengelolaan kualitas udara mempelajari tentang bagaimana udara dapat tercemar serta mencari solusi pengendalian polusi udara melalui aplikasi teknologi terbarukan.

pmb2-min

Praktikum

Setelah mata kuliah khas sekarang kita masuk ke sesi praktikum khas di SIL. Menurut saya praktikum paling khas adalah Praktikum Gambar Teknik Konstruksi(Gamtek) dan Praktikum Mekanika Tanah(Mektan). Di Praktikum Gamtek teman teman akan dihadapi dengan 2 metode menggambar suatu konstruksi yaitu menggunakan gambar manual serta gambar digital(AutoCAD). Mata kuliah ini saya peroleh di semester 3. Gambar manual menggunakan beberapa jenis pensil tertentu serta penggaris dan kertas tertentu misalnya milimeter block. Kesulitan dalam menggambar manual harus teliti dan tidak asal gambar agar kertas tidak kotor karena dapat mengurangi penilaian. Alat gambar yang diperoleh juga termasuk golongan mahal itu sebbanya mata kuliah ini sering disebut mata kuliah paling mahal di SIL.

Setelah Ujian Tengah Semester, pada sesi UAS akan dikenalkan pembelajran menggunakan sistem AutoCAD. Sistem ini lebih mudah dan murah dalam mendesain suatu proyek yang dikerjakan karena menggunakan laptop.Kesulitan dalam AutoCAD adalah harus teliti pada suatu struktur yang dubuat misalnya struktur gambar 3 dimensi yang memerlukan detail khusus agar gambar dapat diproses menjadi 3 dimensi. Pada sesi ini kalian akan dipaksa menatap laptop kalian untuk praktikum selama berjam jam, jadi harus siap.

Konsenstrasi Keahlian di Teknik Sipil dan Lingkungan IPB

Departemen SIL memiliki 4 konsentrasi keahlian atau sering disebut Divisi yaitu Teknik Struktur dan Infrasruktur(TSI),Teknik Lingkungan(TL), Teknik Sumberdaya Air (TSA) dan Teknik Geomatika(TG). Pemilihan divisi ini akan berlangsung di semester 5 akhir untuk keperluan skripsi dan KKN kedepannya jadi kakak belum memilih divisi.

  1. Pertama, Divisi TSI merupakan divisi dengan pengembangan dan penerapan ilmu teknik dalam perencanaan,rancang bangun serta pengelolaan struktur dan infrastruktur. Cocok buat temen temen yang pekerja keras dan pemikir hebat.
  2. Divisi TL merupakan divisi yang mengembangkan penerapan ilmu teknik dalam mencegah,mengurangi serta menangani polusi udara,air serta tanah untuk memperbaiki sanitasi lingkungan,cocok banget buat temen temen yang pecinta lingkungan.
  3. Kemudian, Divisi TSA merupakan divisi yang mengembangkan perencanaan,rancang bangun dan pengelolaan sumberdaya air serta bangunan bangunan air seperti waduk dan lain sebagainya,cocok banget buat temen temen yang teliti dalam suatu proyek.
  4. Divisi keempat adalah divisi Teknik Geomatika atau TG yang mengembangkan serta menerpakan ilmu teknik geomatika untuk perencanaan,perancangan serta analisis dan evaluasi bidang teknik sipil dan lingkungan,secara garis besar divisi ini berfokus pada pembuatan serta pengembangan citra satelit untuk keperluan teknik sipil dan teknik lingkungan.

Tips buat Mahasiswa Baru di Teknik Sipil dan Lingkungan

Buat maahsiswa baru yang masuk ke IPB khususnya di departemen kalian akan disambut pada semester 3. Di IPB semester awal sebaagi masa peralihan atau PPKU dan masih mempelajari materi di SMA sebagai tujuan pemerataan kompetensi. Nah buat temen temen yang sekarang di semester 3, kakak akan memberi tips bagaimana menjadi maahsiswa yang dapat menyesuaikan di lingkungan baru dan membagi waktu untuk berorganisasi/kegiatan lain dan akademik.

1. Membagi waktu dengan prinsip Kuadran Prioritas

Kuadran prioritas ini diciptakan oleh Stephen Covey dan sudah kakak jalani selama ini. Prinsipnya adalah membagi kegiatan menjadi 4 bagian dalam suatu kuadran. Kuadran 1 berisi “Penting dan Mendesak”, kuadran 2 berisi “Tidak Mendesak tapi Penting”, kuadran 3 berisi “Mendesak tapi Tidak Penting” serta kuadran 4 berisi “Tidak Penting dan tidak mendesak”. Sebagai maahsiswa prioritas kalian dapat dimasukkan didalam kuadran tersebut. Apalagi untuk mahasiswa SIL yang baru menginjak semester 3 karena sangat penting agar kalian tidak stress dan tidak terbebani.

2. Penyesuaian lingkungan baru dengan prinsip kelompok kecil

Individu dalam suatu lingkungan tidak terlepas harus berkoordinasi dengan individu lain. Prinsip kelompok kecil mengedepankan suatu asas sosiologi dalam berkelompok yaitu kelompok kecil lebih mudah berinteraksi secara emosional daripada kelompok yang lebih besar. Tanamkanlah sifat ini sebagai mahasiswa SIL yang baru untuk membentuk pertemanan antar individu yang lain.

3. Organisasi atau Akademik?

Pertanyaan ini sering teringiang di benak kakak apakah lebih penting segi organisasi atau kuliah akademik? Tentu menurut kakak lebih penting kuliah karena sejak awal kalian sudah masuk ke jurusan SIL ini untuk belajar agar kedepannya dapat bersaing didunia kerja. Tapi suatu statement ini dapat dibantah melalui keefektifan kalian dalam berorganisasi yang sangat penting untuk kerja kedepannya. Teman kakak pernah berpesan bahwa “Nilai IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif hanya digunakan dalam awal kalian masuk kerja sebagai tolak ukur dari segi akademik. Pengalaman organisasi lebih diperlukan kedepannya”. Jadi kalian sebagai mahasiswa harus dapat mengimbangi antara organisasi yang baik serta akademik yang baik.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja Lulusan SIL

Secara umum lulusan SIL beekrja di bidang konstruksi dan lingkungan seperti konsultan proyek. Seperti di PT Wika jaya Karya dan dinas PUPR, pegawai negeri serta menjadi akademisi di lingkungan kampus.

Harapan Kedepan

Harapan kakak kedepan ingin melakukan pertukaran pelajar ke negara lain. Mempelajari konsep teknik diberbagai negara. Kakak juga berharap kedepan dapat dipermudah di segala urusan sampai memperoleh pekerjaan.

Kode konten: X349

Komen dibawah! 2

  1. Noval

    ada kelas karyawan ka di fakultas teknik sipil?

  2. Nam

    Ada matkul tentang ngitung pondasi kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *