Institut Teknologi Bandung, Teknik Sipil

Teknik Sipil ITB (Aldi)

Teknik Sipil ITB (Aldi)

Halo! Aku Anggi Renaldy Pratama dari jurusan Teknik Sipil ITB, Institut Teknologi Bandung. Yuk, simak intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Teknik Sipil ITB?

Teknik sipil itu belajar mengenai cara mendirikan infrastruktur yang utuh, kita membuat dari sebuah desain yang dibuat oleh arsitek menjadi wujud nyata dalam bentuk infrastruktur di berbagai tempat baik darat maupun laut. Banyak juga hitungan dalam pembelajarannya karena basicnya matematika dan fisika. Ada 5 kelompok keahlian:

unisa
  1. Struktur yang berfokus pada struktur bangunan, mendesain dan menghitung faktor safetynya
  2. Tanah, berfokus pada bangunan fondasi bawah atau struktur bawah
  3. Transportasi terkait infrastruktur penunjang di bagian transportasi, analisis transportasi juga dilakukan
  4. Air yang berfokus pada bangunan yang ada di air misalnya bendungan, bangunan tepi pantai, dll
  5. Manajemen konstruksi yang belajar mengolah ketika kita melakukan konstruksi yang ada.

Tugas kuliahd di Teknik Sipil ITB kaya gimana?

Tugas banyak dilakukan dengan bantuan software pemodelan karena relate juga dengan bidang pekerjaan nanti. Tugasnya enggak jauh dari merancang bangunan dengan perhitungan, analisis pemodelan, dll. Tugasnya enggak jauh dengan bidang kerja nanti yaitu merancang, mendesain, menghitung hingga metode pelaksanaan yang tepat.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit saya ada pada kelompok keahlian struktur, meskipun saya memilih kelompok keahlian transportasi. Mata kuliah tersebut diampu oleh Bapak Indra, mantan dirjen pendidikan menengah di tahun 90an, beliau ketika mengajar sangat menginspirasi dan berkesan.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan selama kuliah itu mengenai disiplin terhadap waktu, karena gak hanya soal kuliah, ada juga tugas dan kegiatan lainnya. Apalagi banyak juga tugas yang dirasa berat dikerjakan dalam waktu seminggu, tapi hal itu bukan enggak mungkin untuk dikerjakan. Kedua, fokus, konsentrasi dan istiqomah ketika kuliah untuk tetap berjuang dan tidak putus asa.

pmb2-min

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Ada 3 bidang utama yang menjadi lapangan pekerjaan yaitu menjadi kontraktor sebagai pelaksana teknis, kontraktor juga banyak ada yang menjadi kontraktor BUMN, kontraktor multinasional, kontraktor swasta. Bisa juga jadi konsultan, menjadi perancang untuk dilaksanakan oleh kontraktor. Bisa juga di instansi pemerintahan, di Kementrian PU-PR, Bappenas, Kementrian perhubungan.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan Teknik Sipil ITB

Bagi adik-adik, usaha semaksimal mungkin karena enggak ada yang enggak mungkin kok di dunia ini.

Kode Konten: Y186

Komen dibawah! 4

  1. Nyayu Khairunnisa

    Assalamualaikum kak.. Bagaimana menurut kakak jika saya ingin masuk jurusan teknik sipil, dimana kita harus paham dimapel matematika dan fisika, dikedua mapel itu, saya suka akan tantangan mapel matematika tetapi saya kurang suka dimapel fisika karena gak tau kenapa sedikit susah nyambung ke otak saya kak, bagaimana saran kakak mengenai kondisi tersebut? Terima kasih kak wassalamualaikum

    • Anggi Renaldy Pratama

      banyak mayoritas teman-teman yang mengalami hal yang sama, tapi lama kelamaan bisa dan justru bertambah suka. tipsnya adalah coba kamu pinggirkan dulu mindset bahwa fisika itu susah, setidaknya ini jadi bekal buat kamu mau memulai belajar dan memahami fisika. karena jatuhnya fisika itu juga sama seperti matematika yaitu bermain di logika. kedua, coba banyak pahami teori dan konsep jangan fokus hanya di pengerjaan soal, karena prinsipnya sama seperti matematika, tanpa konsep dan pemahaman yang baik maka soal mudah pun bisa jadi susah. ketiga practice make perfect, jangan bosan untuk mengulang mempelajari lebih lagi. kuncinya kamu harus mau lelah sedikit daripada yang lain lalu nikmatilah hasilnya di belakang. semangat terus untuk cita-citanya. salam sukses

  2. Oza

    Halo kak, aku sekarang mahasiswa teknik sipil tapi bukan di ITB. Menjelang masuk semester baru, aku ingin memaksimalkan masa liburku dengan belajar. Terkait dengan itu, boleh share materi materi belajar kakak di teknik sipil ga kak? Terima kasih kak.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *