Teknik Sipil

Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Yohanes)

Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Yohanes)

Halo intipers. Perkenalkan saya Yohanes Usman Nandyanto, mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan Teknik Sipil. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Teknik Sipil UNTAG SBY / Teknik Sipil Universitas 17 Agustus?

Teknik Sipil. Apakah yang terlintas dipikiran kalian ?  Kita akan  diajarkan untuk melakukan perencanaan, pengawasan, hingga perawatan konstruksi. Ada beberapa cabang ilmu yang bisa dipilih nantinya yaitu transportasi, drainase, struktur, geoteknik, dan manajemen konstruksi. Semua hal ini saling berkesinambungaan didalam dunia teknik sipil. Namun cabang ilmu ini hanya bisa didapatkan pada saat tugas akhir. Namun kita sudah diperkenalkan dasar-dasarnya di semester-semester  awal. Di dalam dunia teknik sipil ada beberapa mata kulliah bersyarat yang harus lulus dulu baru bisa melangkah ke mata kuliah selanjutnya. Contoh mata kuiah bersyarat antara lain mekanika bahan, analisa struktur, kalkulus, baja, dan beton.

unisa

Mata kuliah dan Dosen favorit di Teknik Sipil Universitas 17 Agustus?

Matakul yang dipelajar banyak sekali, seperti mekanika bahan, rekayasa lalu lintas, rekaya hidrologi, teknologi bahan jalan, ilmu ukur tanah dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah ilmu  ukur tanah dan rekayasa hidrologi.. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah ilmu ukur tanah  ini adalah ketika melakukan pratikum dilapangan menggunakan peralatan yang khas untuk dunia teknik sipil. Contohnya adalah theodolite, waterpass, bak ukur, unting-unting, tripod. Hal ini merupakan pengalaman pertama bagiku menggunakan alat tersebut. Tujuan dari pratikum ini adalah untuk memperhitungkan ketinggian bangunan  dan bangunan disekitarnya sesuai dengan kontur wilayah.

Banyak sekali suka duka dalam mengikuti pratikum ini mulai dari mengejar dosen pembimbing, kendaraan yang lalu lalang ditempat kami pratikum, hingga kepanasan karena dilakukan dilapangan terbuka dari pukul 08.00 hingga 16.00. Pasti kalian berpikir membosankan, namun dugaan kalian salah. Justru waktu itu masih kurang bagi kita untuk mendapatkan ketelitian yang benar. Karena pratikum ini dilakukan berkelompok maka rasa lelahnya tidak terasa

Mata kuliah kedua yang bermakna, yaitu Rekayasa Hidrologi. Hal menarik dari mata kuiah ini adalah ketika adanya tugas besar yang berhubungan dengan hujan. Dimana kita harus memperhitungkan dan meramalkan hujan disuatu wilayah. Ada banyak sekali rumus yang akan digunakan karena kita harus menghitung satu per satu agar mendapatkan data yang valid. Sementara, dosen favorit saya Pak Wateno beliau merupakan seorang dosen yang juga menjadi kepala prodi di Magister Sipil UNTAG SBY. Beliau memiliki banyak sekali gelar dinamanya salah satunya adalah Prof. Selain itu dia juga baik dalam memberikan nilai dan penjelasan bagi mahasiswa khususnya dibidang transportasi.

pmb2-min

Konsentrasi di Teknik Sipil Universitas 17 Agustus?

Konsentrasi bidang ilmu yang akan saya ambil adalah dibidang transportasi. Mengapa saya memilih mata kuliah ini, alasannya sederhana yaitu karena saya suka jalan-jalan dan saya masih mendapati ada beberapa wilayah yang akses transportasinya masih kurang sehingga mempengaruhi keadaan ekonomi mereka. Dengan mendalami bidang ini kita bisa merencanakan pembuatan jalan yang bisa digunakan masyarakat untuk lalu lalang dan melakukan kegiatan ekonomi

Tips-tips untuk Maba di Jurusan Teknik Sipil

Mata kuliah di jurusan Bimbingan dan Konseling ini banyak berkaitan dengan konstruksi. Maka, jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai pengetahuan dalam merecanakan sebuah konstruksi. Banyak dosen yang terlibat dalam konstruksi pembangunan baik itu diwilayah Surabaya ataupun diluar wilayah Surabaya. Selain itu kita juga harus aktif dalam bertanya dan memiliki rasa ingin tau yang tinggi tentang dunia teknik sipil. Kalian tidak perlu malu untuk bertanya pada dosen entah itu dosen wali, dosen pembimbing ataupun dosen dari jurusan yang berbeda yang ada korelasinya dengan dunia teknik sipil.

Ikuti organisasi kemahasiswaan dikampus

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi yang berada dikampus. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di universitas. Diantaranya mengikuti kegiatan himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, dll. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dengan menjadi ketua bidang, ketua acara, dsb. yang  mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang akan kita kenang setelah lulus. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan, khusunya di ukm disini kalian bisa menemukan relasi baru dari berbagai jurusan yang ada dikampus dan meningkatkan bakat bersama. Pada keadaan tersebut boleh saja kamu ambil banyak kegiatan untuk menyeleksi mana yang paling sesuai dengan diri kamu. Biasanya hal ini terjadi ketika masih semester awal.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan teknik sipil UNTAG SBY justru mendapatkan pekerjaan dluar kota Surabaya. Hanya beberapa saja yang mendpatkan pekerjaan di Surabaya, hal ini disebabkan karena lebih banyak proyek pembangunan yang berada diluar kota dan pulau. Tidak jarang juga ada dosen yang mengajak mahasiswanya untuk bekerja sama dalam menyelesaikan proyek itu bersama-sama. Terlebih lagi beberapa tahun ini pemerintah sedang gencar dalam melakukan pemerataan sarana dan prasarana bagi masyarakat Indonesia.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Saya memiliki harapan untuk melanjutkan studi hingga magister. Namun untuk mendapatkan itu saya harus memiliki pengalaman yang mendalam dahulu mengenai satu bidang yang saya tekuni. Selain itu mungkin saya akan mengikuti beberapa sertifikasi keahlian agar bisa meyakinkan klien tentang kemampuan yang saya miliki. Dan harapan saya, saya bisa ikut andil dalam pembangunan suatu wilayah dan nantinya wilayah itu akan menjadi konsep wilayah modern.

Kode Konten: X187

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *