Teknik Sipil, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Dika)

Halo sobat intipers! Aku Franciskus Handika dari Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Kalau untuk secara garis besar, teknik sipil ini merupakan bidang ilmu yang belajar bagaimana merancang dan membangun serta merawat sebuah infrastruktur meliputi gedung, jembatan, pelabuhan, bandara dan lainnya. Misalnya arsitektur merancang sebuah bangunan, maka teknik sipil bertugas membuat bangunan supaya bangunan tersebut bisa berdiri kokoh sampai menjadi bangunan yang bisa disentuh dan ditempati. Dalam pembangunan ini harus mempertimbangkan faktor-faktor. Karena ini kan menyangkut nyawa manusia yang akan menempati bangunan tersebut.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Sebenernya teknik sipil ini bukan target pertamaku. Bahkan aku mengira teknik sipil itu terkait dengan guru, PNS dan pegawai sipil lainnya. Dulu aku pengennya kedokteran, cuma ternyata aku gagal di SNMPTN dan SBMPTN. Aku mendengar dari alumni sekolahku, teknik sipil ini prospeknya luas, gajinya menggiurkan dan menantang gitu saat aku melihat suatu bangunan, aku mikir kok bisa sih bangunan itu berdiri kokoh. Jadi aku tertantang untuk masuk jurusan teknik sipil.

Apa mata kuliah khas atau tugas yang ada di Teknik Sipil?

Aku sedikit sharing ya selama perkuliahan di Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini apa aja yang dipelajari. Nah, selama 4 semester ini aku udah menempuh 4 praktikum. Di semester 2 ada ilmu ukur tanah, di semester 3 ada air dan tanah. Di semester 4 ini ada praktikum struktur bahan bangunan. Untuk mata kuliahnya di semester 1 itu teman-teman akan belajar basic, misal matematika 1, fisika dasar, hidrolika dasar dan pendidikan agama. Di semester 1 ini bener-bener dasar kayak SMA. Di semester 2 udah mulai menjurus sih, salah satunya yang baru untuk aku adalah mekanika tanah. Disini mempelajari perilaku dan sifat tanah ketika tanah tersebut diberi tegangan dari suatu bangunan. Terus di semester 2 juga ada matematika 2, disini lebih dalam dan menantang. Di semester 3 yang paling baru itu ada teknik pondasi, kita diajari bagaimana merancang pondasi sesuai tanah dan bangunan. Lalu ada perancangan jalan agar jalan tersebut awet dan tidak berlubang. Di semester 4 yang paling menarik itu struktur beton bertulang. Jadi kita ngitung kekuatan beton dan tulang. Kalau di teknik sipil sih yang penting teman-teman mau belajar aja. Aku denger banyak mitos di teknik sipil harus jago matematika dan fisika. Sebenernya ga juga sih, yang penting kita mau belajar dan mengikuti arus saja. Mata kuliah favoritku itu analisis struktur, sebenernya matkul ini susah, tapi kalau kita rajin membaca dan belajar nanti kita akan bisa sih. Untuk mata kuliah paling sulit menurutku itu matematika 4 karena 1 soal aja jawabannya bisa 2-3 lembar. Lalu ada pelatihan kerajinan juga.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Konsentrasinya ada 5, yang pertama ada struktur yang mempelajari material, teknologi bahan dan konstruksi. Lalu ada geoteknik yang menyelidiki tanah dan perencanaan pondasi. Lalu ada transportasi, mempelajari rekayasa lalu lintas dan jalan rel. kemudian selanjutnya ada hidrolika yang mempelajari tentang air misalnya bendungan, irigasi, mengendalikan banjir. Lalu ada manajemen konstruksi mempelajari estimasi biaya dan pengendalian mutu. Aku sendiri berminat ke konsentrasi struktur karena menurutku prospeknya banyak dan gajinya lumayan besar. Dari matkul-matkul yang aku pelajari juga aku lebih condong kearah struktur.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Ada program online dan nilai ujian akhir sekolah, lalu juga ada jalur non-akademik. Ada juga jalur-jalur beasiswa, yaitu ada beasiswa berprestasi dan jalur KIP kuliah yang aku ikuti.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Buat teman-teman, yang pertama ketahui passion kalian. Kalau nantinya teman-teman masuk jurusan sesuai passion kalian kan lebih enak, kedepannya teman-teman akan lebih merasa mudah dan senang berada dijurusan tersebut. Kalau teman-teman masuk teknik sipil rajinlah mendengarkan penjelasan dosen supaya paham. Kalau ngantuk mungkin teman-teman bisa sibukkan diri dengan mencatat. Rajin-rajinlah mengulang mata kuliah dan mendengarkan penjelasan dari dosen.

Prospek kerja dan alumni jurusan Teknik Sipil seperti apa?

Untuk prospek kerja itu sangat banyak ya. Misalnya jadi konsultan konstruksi, misal ada yang mau bangun gedung maka mereka bisa konsultasi ke kita. Lalu ada kontraktor sebagai pemimpin yang bertangugngjawab atas jalannya pembangunan. Ada juga pembangunan pelabuhan dan bendungan yang terkait dengan air. Ada juga geotechnic engineer. Teman-teman juga bisa menjadi pegawai bank loh.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Kalau harapanku, jujur aku pengen bekerja sebagai kontraktor.

Kode konten: C950

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.