Teknik Sipil

Teknik Sipil Universitas Baturaja (Syarif)

Teknik Sipil Universitas Baturaja (Syarif)

Halo sobat intipers! Aku M Syarif Hidayatulloh dari Teknik Sipil Universitas Baturaja angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Sipil Universitas Baturaja seperti apa?

Tekadang mitos di anak teknik selalu telat dalam lulus, tapi saya bisa menepis itu, karena yang menghambat kelulusan bukan dari jurusannya tapi dari dianya sendiri. Adapun dari banyaknya kegiatan, tidak bisa memanjemen waktu. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Sipil Universitas Baturaja?

Jurusan teknik sipil diluar bidang yang saya kuasai, tapi saya terlau nyaman dengan zona saya, jadi saya inggin keluar dari zona nyaman, ingin mempelajari lebih banyak hal tentang dunia teknik sipil, mulai dari merancang, membangun dan merenovasi. Buakan hanya membangun infrastruktur seperti jalan dan gedung, tapi juga bisa merancang, membangun dan merenovasi lingkungan dan masyarakat. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang dipelajari yaitu mengenai hitung-menghitung. Paling menarik kita harus merencanakan, mempelajari RAB dari suatu proyek. Kalo di lapangan kita mempelajari ilmu pertanahan, cara mengukur tanah melalui alat, termasuk kompas dll. Masih ada juga mempelajari mata kuliah di lab, seperti mempelajari beton, mekanika rekayasa, dsb. Untuk membuat Rancangan Anggaran Biaya caranya dengan mendesasi bangunan dan akhirnya bisa merencanakan pembiayaan mulai dari pembershinan, pembangunan dasar, sampai terakhir atap. Praktek sudah pasti ada, magang satu tahun sekali juga ada. Biasanya mahasiswanya di salurkan di PT yang ada di Sumatera Selatan seprti PLTU, Batu Bara, Semen Baturaja. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di universitas lain konsentrasi itu ada untuk pemantapan, tapi di universitas saya sendiri tidak ada. Kami mempelajari semuanya baik dari jalan, bangunan gedung, dll. Tugas akhir nanti difokuskan kemana, tapi selain skripsi ada juga kerja praktek. Itu harus ke lapangan cari proyek sendiri, bekerja sama dengan CV, PT. Mahasiswa langsug berinteraksi kepada masyarakat. Ada beberapa tahap, sebelum skripsi harus kerja lapangan dulu. Kita dibentuk kelompok harus di presentrasikan, habis itu kita harus kerja praktek. Lalu baru boleh ngambil skripsi.

intipkuliah-web1

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Saya masuk lewat jalur mandiri, tapi di universitas juga menerima dari jalur beasiswa bidikmisi, prestasi yang mana tidak pernah keluar dari 3 besar di sekolahnya bisa masuk tanpa dipungut biaya.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Sipil Universitas Baturaja?

Untuk seluruh adik-adik yang mau masuk teknik sipil jangan pernah mengeluh ketika ada tugas, jangan pernah berharap pada temannya, usahakan dulu, kerjakan sendiri apa yang kit atahu, dan yakinlah tidak ada yang namanya pekerjaan yang berat, karena mahasiswa dituntut berpikir kritis, harus menyelesaikan masalah. Terkenal juga jurusan teknik sipil dengan tugas besarnya yang begitu luar biasa, di Baturaja sendiri tugas di kerjakan mandiri tanpa menggunakan laptop baik gambar maupun catatan lainnya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Universitas Baturaja sudah punya kerja sama dengan PT, kalo baik ketika magang bisa diangkat jadi kariyawan, yang lainnya sudah banyak yang kerja di konsultan dan instansi lainnya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sekarang sebelum memasuki semester 8, saya di kasih kepercayaan untuk bekerja di salah satu instansi yaitu di dinas pendidikan, dibidang sarana dan prasarana, sekalian saya melanjutkan kuliah sampai akhir nanti.

Kode konten: C565

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.