Teknik Sipil, Universitas Bengkulu

Teknik Sipil Universitas Bengkulu (Haikal)

Halo sobat intipers! Aku M. Haikal Fikri dari Teknik Sipil Universitas Bengkulu angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Teknik Sipil Universitas Bengkulu?

Terkait prodi teknik sipil, seperti yang kita ketahui, teknik sipil ini sama dengan kampus lainnya. Hanya saja di Universitas Bengkulu, mata kuliah teknik sipil ini  diajari secara umum, jadi untuk konsentrasnya dipelajari semua. Teknik sipil ini adalah salah satu cabang ilmu teknik yang  mempelajari tentang konstruksi bangunan atau perancangan serta renovasi bangunan. Pembangunan sektor publik sekarang juga merupakan bagian dari kerja anak sipil yang bekerjasama dengan arsitektur terkait designnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Teknik Sipil?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Yang pertama itu saya orangnya suka kerja dilapangan dan tidak terlalu suka bekerja disuatu ruangan, jadi saya berpikir dulu ketika mau ambil prodi, dulu saya cuma mikir mau ambil kedokteran atau teknik. Setelah dipikir-pikir, saya lebih condong ke teknik makanya saya milih teknik sipil. Saya juga mendapat dorongan dari kedua orangtua untuk memilih prodi teknik sipil.

Apa mata kuliah dan tugas yang ada di Teknik Sipil?

Ada beberapa mata kuliah yang mungkin asing bagi kalangan awam, seperti statika. Statika itu suatu mata kuliah dimana lebih condong mempelajari tentang konstruksi bangunan. Bagaimana bangunan bisa berdiri kokoh dan tegak ketika terjadi gempa atau berbagai kendala bangunan lainnya. Ada juga beberapa tugas seperti laporan praktikum dan tugas besar. Laporan praktikum ini seperti kita biasanya membuat laporan setelah praktikum, tapi kalau di teknik, ada tugas besar dimana setiap mata kuliah wajib itu ada salah satu tugas besar, misalnya matkul statika, nah tubesnya itu menghitung portal suatu bangunan, menghitung bagaimana jembatan itu bisa berdiri kokoh. Jadi kita menghitung secara tidak langsung. Ada juga matkul ilmu ukur tanah, mekanika tanah dasar dimana kita akan langsung terjun ke lapangan.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Teknik Sipil Universitas Bengkulu?

Konsentrasi dari teknik sipil yang pertama ada geoteknikal, yaitu mempelajari tentang ilmu tanah. Di teknik sipil, kita bukan hanya membangun suatu bangunan, kita juga harus mempelajari tanah sebagai landasan dasar dari bangunan. Ada juga konsentrasi hidrolika atau air, jadi mempelajari tentang pergerakan suatu air atau bagaimana cara membuat suatu bendungan maupun penahan ombak supaya tidak terjadi erosi atau abrasi dilaut. Ada juga konsentrasi struktural dimana kita akan mempelajari struktur bangunan agar kita bisa dengan mudah melakukan konstruksi. Bagaimana cara membuat bangunan kokoh berdiri dan tahan gempa kita pelajari disini. Selanjutnya ada konsentrasi transportasi yang mempelajari tentang jalan. Bagaimana cara membuat aspal, membuat jalan yang baik, misal jalan raya atau jalan tol. Ada satu lagi yaitu konsentrasi manajemen konstruksi yang mempelajari tentang perhitungan-perhitungan, nah biasanya disini banyak cewek-cewek yang milih konsentrasi ini. Konsentrasi ini mempelajari pembuatan anggaran biaya konstruksi suatu bangunan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan Teknik Sipil Universitas Bengkulu?

Jalur masuk teknik sipil Unib sama saja dengan prodi lain, ada SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri dan jalur prestasi.

Adakah tips untuk calon mahasiswa baru untuk tetap semangat masuk dijurusan Teknik Sipil?

Untuk tipsnya jika kalian dari awal mau masuk teknik sipil, kalian harus mempelajari tentang perhitungan dasar seperti matematika, karena nanti dibutuhkan di matematika teknik yang mata kuliahnya berada disemester awal. Jangan takut masuk prodi teknik sipil karena teknik sipil ini prodi yang gaterlalu ribet dan cukup santai, juga prospek kerjanya sangat luas.

Prospek kerja dan alumni jurusan Teknik Sipil Universitas Bengkulu seperti apa?

Prospek kerja teknik sipil sangat luas, teman-teman bisa jadi seorang konsultan pengawas di proyek, project manager, surveyor, quality control. Kita juga bisa jadi kontraktor. Alumni teknik sipil bisa jadi PNS juga loh, misalnya di BUMN. Beberapa senior saya banyak yang kerja di PT ternama seperti Utama Karya, Wijaya Karya dan PT lainnya dikancah nasional. Disini juga ada ikatan alumni, jadi kita bisa mendapat informasi tentang pekerjaan teknik sipil.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Kalau saya ada kesempatan, saya ingin melanjutkan kuliah S2 supaya bisa memperdalam lagi ilmu teknik sipil. Saya juga akan mencoba apply di BUMN. Tapi saat ini saya lebih condong untuk melanjutkan studi saya ke S2 terlebih dahulu.

Q&A

  1. Apakah di teknik sipil ada mata kuliah menggambar?

Tentunya ada, disemester 1 sudah ada matkul gamtek atau gambar teknik. Disini kita melakukan pemodelan bangunan sederhana seperti rumah melalui aplikasi/software. Teman-teman jangan takut kalau gabisa gambar. Sekarang zaman sudah canggih jadi gaperlu menggambar secara manual. Kita cukup mempelajari aplikasi atau softwarenya saja.

  1. Apa saja persiapan yang harus dilakukan mahasiswa baru teknik sipil?

Pertama itu persiapkan hal-hal dasar ketekniksipilan seperti bagaimana melakukan perhitungan, menggambar bangunan. Setidaknya pas udah kuliah udah ga kaget lagi. Dari pengalaman saya, ketika di awal perkuliahan sebaiknya teman-teman harus mencari tau dulu apa saja sih yang dibutuhkan di teknik sipil, seperti perangkat komputer atau laptop untuk bisa menggambar bangunan diaplikasi seperti autocad.

  1. Apa konsentrasi tersulit di Teknik Sipil Unib?

Tergantung individu masing-masing sih kalau soal itu. Saya sendiri gabisa menjawab karena preferensi orang pasti beda-beda kan.

  1. Dari skala 1-10 seberapa sibuk jurusan teknik sipil? Kalau jadi asisten sibuk ga kak? Lalu apakah harus ikut organisasi yang linier dengan jurusan?

Skala kesibukannya kirakira 7. Kalau jadi asisten itu tergantung cara diri kita memanage waktu dan diri kita. Kita punya laporan dan tugas, juga harus menjadi asisten, itu kalau kita bisa bagi waktunya maka tidak akan terlalu sibuk. Untuk organisasi tergantung mau ikut organisasi seperti apa, bisa aja yang linier seperti keilmiahan, atau non linier seperti BEM atau himpunan untuk menambah soft skill.  Saya pernah ikut DEM atau dewan energi mahasiswa, disana kita mempelajari tentang energi terbarukan, emang ga terlalu linier dengan teknik sipil, tapi ada manfaatnya untuk kita kedepannya. Apapun organisasi yang diikuti pasti ada manfaatnya sekalipun hal tersebut ga linier dengan prodi kita.

Kode konten: C929

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.