Teknik Sipil, Universitas Bengkulu

Teknik Sipil Universitas Bengkulu (Riqab)

Teknik Sipil Universitas Bengkulu (Riqab)

Halo sobat intipers! Riqab Iqbal Assegab. Jurusan Teknik Sipil Universitas Bengkulu. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Mitos atau stigma jurusan?

Sebenernya berkaitan dengan teknik sipil, kalau orang awam itu ada 2 stigma. Yang pertama teknik sipil disangka pegawai negeri sipil, karena sama-sama ada kata sipilnya, yang kedua teknik sipil itu berkaitan dengan kotor, kuli, berkaitan dengan proyek, bangunan, sebenernya itu benar adanya, berkaitan dengan bekerjasama dengan kuli bangunan, itu dunianya, tapi bukan berarti hanya itu pilihannya, bukan berarti tidak ada pilihan yang lain di teknik sipilnya.

Secara umum, Jurusan Teknik Sipil Universitas Bengkulu itu seperti apa?

Sebenarnya teknik sipil itu mencakup dari berbagai aspek karena bangunan di Indonesia maupun dunia sekalipun itu tetap berlangsung dari masa ke masa, jadi gak ada matinya. Di teknik sipil misalkan bangunan di Indonesia misalkan tidak pernah ada habisnya terkait bangunan. Dan di jurusan teknik sipil itu ada 5 cabang atau ada 5 jurusan, karena di saya sendiri, masih umum, ingin ke transportasi, manajemen instruksi, dan sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Sedikit gambaran, di teknik sipil secara umum itu ada 5 aspek khususnya, yang pertama yaitu manajemen konstruksi, struktur bangunan, yang kedua transportasi jalan, keempat, geoteknik, dan hidrologi, atau bangunan-bangunan air.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang paling berkesan yang pertama itu, masih mahasiswa baru identik dengan kekompakan. Pada saat semester 2 ada statika, kalau dulu mekanika 1 dan 2, dan sekarang namanya statika, pada saat itu yang mana tugas besarnya cuman 8 soal, tapi mengerjakannya itu seperti menghabisakan waktu 2 bulan dan begadang, yang menyita waktu, ditambah lagi dengan kesibukan mahasiswa baru, perkenalan mahasiswa kampus, senior, dan organisasi.

Yang kedua di teknik sipil itu ada 2 pembagian, yang pertama tugas besar, yaitu tugasnya dari dosen, dan kedua itu praktikum, dan ujungnya membuat laporan praktikum dari praktikum yang dilakukan. Untuk laporan praktikum ini yang paling berkesan itu semester 4, bahan perkerasan jalan, dan itu sebenernya karena usaha yang diberikan, karena praktikum yang menyita waktu dan tenaga, materi, pikiran, disitu yang membuat hal tersebut berkesan,d an hasilnya sangat berkesan dan juga kalau diingat-ingat lagi, itu praktikum terakhir di teknik sipil, sesudah itu enggak ada lagi praktikum-praktikum, tapi kalau untuk normal khususnya di teknik sipil khususnya universitas bengkulu itu bahan perkerasan jalan itu menjadi praktikum terakhir di perkuliahan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan Teknik Sipil Universitas Bengkulu ini?

Ada 5 cabang, yang pertama ada struktur bangunan itu identik kalau orang awamnya misal ada gedung rumah sakit, sekolah, dan hotel, yang melaksanakannya itu struktur engeneer, kemudian yang kedua itu ada transportasi itu misalkan jalan tol, jembatan, itu membutuhkan orang-orang dari transpor engineering, di jalan itu sendiri banyak cabangnya ada lalu lintas, bahan untuk jalannya, dan lain-lain.

Yang ketiga ada manajemen konstruksi, mengatur untuk dari kesemua bidang pembangunan, itu pasti ada menajamen konstruksinya. Yang keempat ada geoteknik engineering, ini sama halnya dengan manajemen konstruksi, semuanya harus di kaji terlebih dahulu jenis tanahnya untuk pembuatan gedung atau jalan dsb. Yang terakhir itu hidrologi engineering, itu misalnya pembuatan bendungan, irigasi, drainase, itu ranahnya dari bangunan air.

Sebenernya kelima cabang itu belajar semua di teknik sipil secara umum, tetepi yang untuk sekarang di fokuskan ke skripsinya itu yang di air atau hidrologi. Seperti bangunan pantai atau bridge water dll.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau pribadi, aku masuk SBMPTN, sekarang ada 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN Barat, atau Mandiri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan Teknik Sipil Universitas Bengkulu?

Untuk prospek kerja sebenernya bukan bualan atau omong kosong. Prospek kerjanya itu kontraktor, perencananya, PNS, misal ke dinas pUPR, BPK, misal jadi badan apapun, kemenag, Bappeda, itu bisa dimasuki oleh mahasiswa teknik sipil menjadi ahlinya, dan bisa juga masuk ke bank dengan pelatihan 1-2 tahun, bisa menjadi teller dan CS, yang mana tugasnya tidak jauh-jauh dengan teknik sipil, misal ada yang menggadai suatu rumah, misal menghitung harga dari salah satu rumah tersebut. Dan lebih seringnya ke swasta dan pegawai negeri sipil.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan dan rencana setelah lulus yang pertama mendalami ilmu teknik sipil dengan cara ke dunia kerja yang mana menambah relasi dan ilmu. Maunya merantau ke luar daerah sekarang, ingin kerja di BUMN, atau ke kementrian. Tapi masih bingung sekarang ke PNS atau swasta, karena masih punya waktu untuk sibuk di dunia kerja, belum banyak waktu mengurus ini itu, jadi masih bisa fokus di dunia kerja, ditambah dengan menambah ilmu dan relasi.

Tips untuk mahasiswa baru?

Untuk mahasiswa baru dan yang mau masuk kuliah. Kalau perkuliahan online itu sedikit ringan dan tugasnya masih bisa dibarengi dengan kuliah. Tipsnya jalani kehidupan kuliah sebagaimana kehidupan biasanya, tapi agak beda di masa-masa kalian perkenalan di kehidupan kampus/dosen dan lain sebagainya. Karena banyak dosen yang memiliki watak yang berbeda, untuk mahasiswa baru, antara organisasi dan tidak berorganisasi itu kembali ke kalian, tapi ilmu organisasi tidak ada di perkuliahan.

 

Q&A

  1. Suka duka di teknik sipil?

Sebenarnya banyak suka dan duka, tapi dibisakan dukanya menjadi suka, dukanya itu entah ini karena omongan orang lain atau pengalaman sendiri, yaitu lebih sibuk dari mahasiswa lain, misal yang praktikum, praktikumnya tidak hanya 2-3 jam. Waktu yang disita terlalu berlebihan, dan itu yang menyebabkan mahasiswa teknik sipil begadang dan tekanan atau beban yang menyebabkan sedikit waktu tidur. Kalau sukanya itu banyak relasi atau ilmu yang didapat, dari SD sampai SMA itu pembelajaran secara umum, dan di dunia kuliah itu menjadi lebih khusus dan menjadi dominan, misal kita kuliah di matematika, khususnya matematika. Kalau di teknik sipila da matematika dan fisika, sukanya itu banyak pembelajaran baru dan relasi-relasi yang banyak.

 

  1. Kalau menurut kakak untuk cewe pekerjaannya cocoknya dimana?

Sebenernya tergantung passionnya, tapi agak jarang yang cewek terjun ke lapangan misalnya seperti kontraktor dan lain sebagainya. Yang kedua yaitu bekerja di kantoran, misal konsultan perencanaan, itu jarang terjun ke lapangan, hanya di awal saja terjunnya, daripada petugas pelaksana di lapangan, kembali ke passion masing-masing ingin terjun ke lapangan atau di kantor. Biasnaya perempuan yang sudah masuk teknik itu ingin memacu adrenalin dengan cara kerja di lapangan.

 

  1. Mata kuliah yang paling susah yang perlu diawasi biar nilai enggak anjlok?

Entah kenapa ada beberapa dosen yang ngasih nilai objektif, dengan apa yang kita berikan, misal dengan kesibukan dan kemampuan kita. Mata kuliah yang paling susah di teknik sipil menurut saya yaitu mekanika tanah, yang paling sulit, itu sudah mengulang sekali, masih belum beruntung kearah yang lebih baik untuk dapat yang diinginkan, mekanika tanah yang aga susah, dan ada juga mekanika rekayasa yang sulit untuk dapat nilai yang baik, mekanika rekayasa itu juga ada mata kuliah yang berkesinambungan, jadi terhambat kalau misal mekanika rekayasa masih kurang baik.

 

 

 

Kode konten: C660

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.