Teknik Sipil

Teknik Sipil Universitas Malahayati (Aji)

Teknik Sipil Universitas Malahayati (Aji)

Halo sobat intipers! Aku Aji Pratama Rizki dari Teknik Sipil Universitas Malahayati angkatan 2014. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan ccc seperti apa?

Ada beberapa stigma unik, katanya kalo jurusan teknik sipil pengen jadi Pegawai Negeri Sipil karena sama ada sipilnya, pingin kerja di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sebenarnya teknik sipil bisa masuk ke PNS, tapi ga seperti itu. Secara garis besar jurusan teknik sipil mempelajari ilmu konstruksi, gimana caranya membangun. Ada sebutan untuk para mahasiswa teknik sipil katanya tukang atau kuli yang belajar. Terus dibilang juga dokternya bangunan, kalo salah merawat bangunan bisa membuat hal fatal juga untuk banyak orang.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Sipil Universitas Malahayati?

Pertama saya menyukai ilmu eksak, suka hitungan, sedikit menguras otak berpikir, kedua dari sharing, cari referensi jurusan teknik sipil katanya kalo udah lulus banyak dibutuhkan di berbagai sektor, dan setelah lulus itu benar adanya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di teknik sipil seru-seru, ga sesulit yang dibayangkan asal kita mau latihan terus, banyak di lapangannya. Ada mata kuliah namanya analisa struktur atau mekanika struktur atau mekanika rekayasa, itu mata kuliah dasar yang harus dikuasai teknik sipil, kebanyakan mahasiswanya gagal di percobaan pertama, karena memang mata kulaihnya harus dipahami sebelum melangkah ke mata kuliah lainnya, sudah mengerti secara keseluruhan, mata kuliah lain lebih gampang untuk di jalanai. Walaupun mata kuliah susah pasti bisa lulus asalkan belajar dan latihan terus, jangan malas ngulik soal.

Jurusan ini lebih ke lapangan, hampir keseluruhan mata kuliah ada praktikumnya, mulai dari mekanika tanah, ilmu ukur tanah, ilmu bahan bangunan, mekanika fluida. Di semester 5 atau 7 ada PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau KP (Kerja Praktek) rentang waktu 1-3 bulan dan diterjunkan langsung ke lapangan, dimana teori kita aplikasikan ke lapangan dan bagaiaman di dunia kerja sebenarnya, kerasa bakalan jadi sarjana teknik nantinya.

Adakah konsentrasi atau kelom#pok keahlian di jurusan ini?

Pertama struktur konstruksi bangunan; kedua transportasi mempelajari ilmu transportasi dan bangunan transportasi seperti jalan dan jembatan; lalu ada hidrologi yang mempelajari bangunan air; ada tanah yang mempelajari segala macam yang spesifikasinya ke tanah; dan ada menajemen kontruksi. Kalo aku dulu konsentrasinya di struktur, karena semua konsentrasi perlu stuktur, tapi lebih membahas ke bangunan gedung. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Instagramnya bisa di cek @pmb.malahayati websitenya di penerimaan mahasiswa baru Malahayati.

 

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Sipil Universitas Malahayati?

Banyak yang takut di jurusan teknik, katanya mahasiswa teknik lulusnya tidak tepat waktu, padahal menurut saya semua punya kesempatan yang sama, tinggal gimana caranya kita memaksimalkan apa yang ada di diri kita agar apa yang kita inginkan tercapai, jadi kalo kita pengen lulus tepat waktu ya bisa aja, caranya yang pasti jangan bolos kuliah, karena di jurusan teknik sipil kalo ketinggalan satu hari aja kita bakal ketinggalan jauh, kedua perbanyak mengulang soal, jangan hanya cukup pada saat dikuliah saja, karena jam kuliah ada limitnya, jadi mengulangnya lagi di rumah, tempat kos atau tempat lain, banyak sharing di kelompok, sama temen yang lebih paham.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jurusan teknik sipil banyak dibutuhkan di berbagai sektor, contohnya bisa jadi dosen, kontraktor, jadi PNS, banyak sektor yang bisa di isi, karena jurusan ini hitungannya mateng jadi banyak sektor pekerjaan yang membutuhkan hitungan matang dari lulusan teknik sipil, terus teknik sipil juga belajar menggambar, jadi banyak sektor yang membutuhkan drafter.

Kode konten: C537

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *