Teknik Sipil

Teknik Sipil UPR / Universitas Palangka Raya (Avi)

Teknik Sipil UPR / Universitas Palangka Raya (Avi)

Halo intipers! Perkenalkan namaku Avillia Yufensi Ngagalan. Mahasiswi jurusan Teknik Sipil UPR / Universitas Palangka Raya angkatan 2018. Disini aku bakal sharing pengalaman selama kuliah di jurusan Teknik Sipil. Yuk disimak, semoga bermanfaat yaa 🙂

“Teknik Sipil itu Arsitektur ya?”

Jurusan Teknik Sipil adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang suatu infrastruktur seperti jalanan, bangunan, bandara, bendungan, jembatan dan sistem instalasi air. Katanya Teknik Sipil seringkali disebut Arsitektur padahal kedua jurusan tersebut berbeda. Kalau Teknik sipil itu fokusnya ke bagaimana suatu bangunan itu dapat kokoh dengan harga yang ekonomis, sedangkan Arsitektur lebih mengutamakan desain yang menarik. Jadi Teknik Sipil itu mewujudkan gambar seorang arsitek menjadi nyata dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti fungsi bangunan, keamanan dan ketahanan serta anggaran biaya. Jangan sampai salah lagi yaa! 😀

Mata Kuliah yang jadi ciri khas di Teknik Sipil UPR apa aja ?

Mata kuliah yang dipelajari lumayan banyak karena mencakup kelima kelompok bidang keahlian yang ada di Teknik Sipil. Misalnya Bahan Bangunan, Mekanika Teknik, Manajemen Konstruksi, Mekanika Tanah, Rekayasa Hidrologi dan Ilmu Ukur Tanah. Di jurusan Teknik Sipil Universitas Palangka Raya ada Tugas Besar yang menjadi salah satu syarat boleh mengikuti ujian akhir semester. Ada praktikum juga loh! 😛 Praktikum yang udah aku lewatin selama 4 semester ini ada 2 yaitu Ilmu Ukur Tanah 1 dan 2 serta Mekanika Tanah.

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) di Teknik Sipil UPR

  • Struktur

Kelompok bidang keahlian ini mempelajari tentang masalah struktural. Mata kuliah yang termasuk kedalam struktur misalnya Mekanika Teknik, Analisis Struktur, Struktur Bangunan dan lain-lain.

  • Geoteknik

Geotekik mempelajari sifat dan struktur berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan dibangun di atasnya. Mata kuliah yang ada di dalam Geoteknik salah satunya adalah Mekanika Tanah.

  • Manajemen Rekayasa Konstruksi

Kelompok Bidang Keahlian ini mempelajari tentang permasalahan dalam proyek. Cara membuat time schedule proyek agar bisa selesai tepat waktu, biaya proyek, serta semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga cara membentuk organisasi pekerjaan di lapangan. Mata kuliah yang ada di Kelompok Bidang Keahlian ini contohnya adalah Manajemen Konstruksi, Rencana Anggaran Biaya, Pemindahan Tanah Mekanis.

  • Sumber Daya Air/Hidrologi

Hidrologi ini mempelajari air yang mencakup cuaca, curah hujan. debit air sebuah sungai/aliran, hidraulika(sifat dan perilaku air) dan juga bangunan air. Contoh mata kuliah yang ada di Kelompok Bidang Keahlian ini adalah Rekayasa Hidrologi, Hidraulika, Rekayasa Penyehatan, Irigasi.

  • Transportasi

Pada transportasi ini akan mempelajari tentang sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mata kuliah yang ada di Transportasi contohnya adalah Rekayasa Jalan Raya dan Lapangan Terbang.

Kegiatan praktikum

Tips untuk mahasiswa baru!

Biasakan untuk memanajemen waktu dengan baik supaya semua tugas bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, karena kalau sudah masuk jurusan Teknik sipil harus siap dengan tugas tugasnya yang gapernah habis. :’) Tugas yang banyak bikin jam tidur jadi ga teratur dan sering begadang, tapi jangan sampai sakit ya! Kalo udah sakit bakal ketunda semua deh tugas tugasnya. Jadi tetap jaga kesehatan yang paling utama. Ikut organisasi dan kegiatan lainnya juga biar nambah relasi karena penting banget kalo punya networking yang bagus. hehe:) Selain itu, pelajari aplikasi – aplikasi yang mendukung pekerjaan bidang Teknik Sipil misalnya Autocad, SAP2000, Microsoft Excel, Microsoft office dan lainnya. Jangan mudah nyerah dan tetap semangat! 🙂

Bagaimana prospek kerja dan Alumni Jurusan Teknik Sipil ?

Sepengetahuan aku alumni dari Teknik Sipil Universitas Palangka Raya ada yang bekerja di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU), Graha Beton. Ada yang punya proyek sendiri juga. beberapa dosenku sendiri adalah alumni dari jurusan Teknik Sipil Universitas Palangka Raya 😀

Rencana dan Harapan setelah lulus

Setelah lulus dari S1 Teknik Sipil aku berencana melanjutkan studi S2 sambil magang di proyek yang ada supaya nambah pengalaman dan ilmu baru. Harapannya semoga nanti setelah lulus, ilmu yang aku dapat selama di perkuliahan bisa aku terapin di pekerjaan dengan baik dan bisa bermanfaat bagi orang lain juga.

Kode konten: X256

Komen dibawah! 5

  1. DEHEN NURWIN ADAM

    Sukse ken..Tuhan Yesus Memberksti

  2. Andre Kurniawan Sohot

    Mantaff ponakan qu, terus tingkatkan penguasaan Software2 Sipil n Arch

  3. Yusef FH

    Teruslah belajar dan ciptakan inovasi baru Bidang Teknik Sipil yang bisa dirasakan manfaatnya bagi banyak orang

  4. Amellia

    Permisi kak mau nanya jurusan sipil ini bisa gak Nanti kerjanya ke pertanahan?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *