Teknik Sipil, Unversitas Sriwijaya

Teknik Sipil Universitas Sriwijaya (Yuwan)

Halo sobat intipers! Aku Yuwan Imam Mujtahid Fiddin dari Teknik Sipil Universitas Sriwijaya angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya seperti apa?

Teknik sipil jurusan yang bergerak di bidang struktur mulai dari struktur bangunan, struktur jembatan atau struktur jalan pun kami memperhitungkan, perhitungan air, tanah. Mitosnya teknik sipil seperti PNS karena ada sipilnya ngajar di kantor, tapi bukan seperti itu, atau teknik sipil itu yang membuat desain rumah, bukan seperti itu, jadi teknik sipil itu yang menghitung strukturnya kaya kalo kita buat rumah, apakah struktur kuat tahan gempa kah, saluran airnya di mana.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya?

Saya dari kecil suka mega proyek, membangun, liat orang ngaspal liat alatnya suka, terus untuk membuat atau merakit bangunan saya suka, dimulai dari situ, alasan saya memilih teknik sipil tahun 2017 saya bingung mau ngambil jurusan apa di perkuliahan, saya cari di internet yang indonesia butuhkan 5 tahun kedepan, saya memikirkan 4-5 tahun selesai kuliah, keluar lah kalo Indonesia ini masih dalam pembangunan, makanya teknik sipil masih dibutuhkan di Indonesia.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Analisis struktur, terus ada mekanika tanah, hidrolika, analisis struktur gempa. Tugasnya lebih ke tugas besar jadi ada kaya kita membangun bagngunan tinggi apakah dia tahan gempa, tahan angin, apakah bangunan tersebut tahan dengan beratnya sendiri, beton dan baja. Tugasnya ga cuma analisis struktur, kita analisis transportasi, analisis hidrolika, air, analisis mekanika tanah, apakah tanah ini kuat di bangun di sini, kita menganalisis itu. Tugas semuanya berkesan mulai dari perbakom, analisis bantuan komputer, saya harus membuat bangunan tinggi, kuat terhadap gempa.

Terus ada tugas irigasi dan bangunan banjir, jadi saya membuat irigasi ada sawah dengan peta buta, nanti dosennya yang bikin garisnya, ini airnya silahkan bikin bendungan di sini, terus akan memberikan air di petak sawah ini dan ini, itu berkesan, tidak terbayangkan akan mengerjakan hal tersebut.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 5, pertama ada struktur, kedua transportasi, jalan gitu, ketiga mekanika tanah, keempat manajemen kontruksi dan yang kelima itu air. Struktur menganalisis struktur mulai dari materialnya apa, terus profil dan bentukannya kaya gimana. Transportasi bagaimana cara mengatur lalu lintas, mengatur lampu merah, rekayasa lalau lintas. Terus 5 -10 tahun ke depan jalan yang dibuat oleh kita akan seperti apa, ditambah bundaran atau flyover.

Mekanika tanah, lebih ke menganlisis tanahnya sendiri. Tanahnya gempung atau lunak, apakah kalo untuk buat jalan tol cukup kuat menerima beban jalan. Kan banyak kendaraan berat lewat, apakah kuat sehingga bangunan jalan itu tidak rusak.

Nah, kalo manajemen kontruksi itu lebih ke proses perkantoran. Misal apakah suatu proyek itu harus selesai dari Januari sampai Desember. Itu step by stepnya harus gimana, mengatur keuangan, di bulan Februari harus selesai apa aja atau berpa persen, apakah bisa selesai seuai rancangan kita sebelumnya. Kalo tidak sampai apa penyebab sampai itu tidak sampai.

Hidrolika mengatur bendung, waduk, air hujan, atau air yang dibutuhkan dalam suatu kontruksi. Konsetrasi bisa di ambil semester 5, 6 dan seterusnya, misalkan semester 1-4 atau 5 mata kuliah umum, setelah semester 5 dan 6 peralihan ke mata kuliah pilihan yang konsentrasi itu, mahasiswa ngambil mata kuliah pilihan sesuai konsentrasinya sendiri. Kalo saya pribadi ngambil konsentrasi struktur, karena yang benar-benar teknik sipil ke orang awam itu ya ini, seru aja, karena saya dari kecil suka membangun.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN jalur undangan, SBMPTN jalur tertulis, terakhir ada mandiri. Informasi lebih lanjut bisa di akses di web Universitas Sriwijaya.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Sipil Universitas Sriwijaya?

Pertama perbanyak teman, relasi, teman tidak harus satu angkatan, bisa temena sama kakak tingkat, adik tingkat, relasi tidak harus terhadap kakak tingkat dan adik tingkat saja, tapi dengan jurusan lain, fakultas lain, perbanyak teman, soalnya kita membutuhkan banyak informasi. Kedua kita harus kerja keras, selama perkuliahan ko sulit sih, tahan aja, ya emang kaya gitu perkuliahan, sebenarnya sulit tidak sulit, tidak ada, karena banyak juga yang lulus, kuliah bener-bener, kerjain tugas. Ketiga rajin dan disiplin, selain kita udah punya temen dan kerja keras tapi tidak disiplin itu merusah semuanya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ke konstruksi BUMN seperti Utama Karya, Wika, PUPR, bisa juga bekerja di kementrian perhubungan, kalo alumni banyak ke kontruksi BUMN.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya pingin setelah lulus kosong, saya pingin kerja dulu dan itu di BUMN, setelah ada peluang untuk beasiswa S2 mau S2 dulu dan kalo bisa di luar negeri.

Q&A

  • Ka dari SMK jurusan rekayasa perangkat lunak bisa masuk jurusan teknik sipil ga dan banyak hitungannya ga?

Jawab: teknik sipil masalah hitungan banyak sekali, terutama kaya di SMA itu mata pelajaran Fisika, masalah tekanan air atau momen, itu banyak sekali perhitungan-perhitunga. Kalo bisa masuk atau tidak, bisa masuk, tapi 3 poin tadi kerja keras, relasi dan disiplin. Karena kata orang teknik ini berat dan itu benar.

Kode konten: C495

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *