Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi Akademi Telkom Jakarta (Dyah)

Teknik Telekomunikasi Akademi Telkom Jakarta (Dyah)

Halo sobat intipers! Aku Dyah Nurhidayati dari Teknik Telekomunikasi Akademi Telkom Jakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Telekomunikasi Akademi Telkom Jakarta seperti apa?

Untuk program studi telekomunikasi memiliki fokus pembelajaran di bidang telekomunikasi, tapi bukan perihal pemasangan kabel dan komunikasi jaringan radio doang, mempelajari berbagai perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi seperti telekomunikasi selular dan digital, selain itu mempelajari pembangkitan, pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa. Beberapa orang mikirnya telekomunikasi mempelajari soal antena, padahal ga cuma itu, tapi banyak hal yang harus di pelajari juga.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Telekomunikasi Akademi Telkom Jakarta?

Sebenernya ga terlalu minat masuk jurusan ini, tapi udah di suruh kuliah sama orang tua, pengen kenal jurusan yang ga banyak orang tau, akhirnya masuk dan suka sama mata pelajaran di dalamnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Beberapa mata kuliahnya contoh ada mata kuliah pemrograman, mulai di pelajari dari semester 2, baru pemrograman dasar misalkan kaya pascal, semester 3 naik jadi java, semester 4 naik lagi jadi pyton, ada juga mata kuliah microprosesor ada di semester 3, membahas alat-alat yang udah terhubung dengan pemrograman, contoh alatnya mesin pendeteksi maling, yang waktu itu sempet saya buat.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kelompok keahlian di kampus saya ga ada, tapi ga tau kalo di S1. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 5 jalur masuk, pertama jalur prestasi akademik, kedua jalur prestasi ujian nasional, ujian mandiri, ada internet base test, dan ada jalur kemitraan. Yang membedakan jalur masuk ini jumlah uang gedungnya. Rentang waktunya tergantung, biasanya November atau Oktober Desember udah buka jalur prestasi akademik dulu. Info lebih lanjut bisa di kepoin di instagramnya Akademi Telkom Jakarta.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Telekomunikasi Akademi Telkom Jakarta?

Jangan nyepelein tugas, kalo ga paham tanyain sama temen atau kating, kalo ga ada kenalan kating deketin aja, semester 3 udah di pikirin mau buat alat apa biar lebih mudah, kalo saya nanya ke kating itu PKL kaya gimana, alumni kerja di mana, bisa kaya bangun relasi gitu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni kampus saya biasanya kerja di perusahaan layanan telekomunikasi seperti telkom, indosat, smartfren, atau ada juga yang kerja di stasiun televisi, ada yang jadi wirausaha, ada yang kerja di stasiun radio.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana yang pasti kerja, harapan saya semoga ilmu yang saya pelajari sekarang bisa bermanfaat lagi dan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih berguna lagi.

Kode konten: C489

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *