Institut Teknologi Sumatera, Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Sumatera (Atthoriq)

Halo sobat intipers! Atthoriq Anang Nugraha Kelautan Universitas Sriwijaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Sumatera itu seperti apa?

secara garis besar, teknik telekomunikasi ini pemecahan dari 2 rogram studi. Ada dari informatika dari elektro. Telekomunikasi terdiri dari 2 kata, ada tele dan komunikasi. Tele artinya jarak jauh, komunikasi artinya penyampaian informasi, kita nantinya menyampaikan informasi secara jarak jauh.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Contohnya kaya yang kita gunakan sekarang, kaya handphone, atapun smartphone yang kita gunakan, itu yang kita pelajarin. Bagaimana cara kerja sinyal, pesan itu bisa terkirim, ataupun provider yang kita gunakan, itu di pelajari di teknik telekomunikasi. Jurusan ini termasuk yang jarang kalau di negeri hanya ada di ITB dan ITERA. Mungkin kalau yang swasta ada juga di telkom university

Mitos atau stigma tentang jurusan?

Asumsi yang aku sering denger dari masyarakat awam tentang teknik telekomunikasi itu sama dengan ilmu komunikasi, jadi banyak yang ngira kalau di teknik telekomunikasi itu sama kaya teknik berkomunikasi, padahal itu salah besar.

Jadi teknik telekomunikasi itu konsentrasinya pada pelajaran sains, kaya yang udah disebutin tuh, pemecahannya di elektro, dan informatika. Yang secara mudahnya kita belajar tentang kelistrikan, atau kaya program. Kalau ilmu komunikasi itu konsentrasinya di ilmu sosial.

pmb2-min

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Sumatera?

Pertama kali aku milih teknik telekomunikasi berhubungan sama minat dan hobi aku. Ketika itu, aku minat banget dengan dunia digital, dan aku suka pelajaran matematika, fisika.

Kemudian aku cari irisannya, dan kira-kira jurusan yang bisa ngewujudin cita-cita aku nanti yang bisa jadi android developer. Terus setelah aku searching, ada 3 jurusan yang relate, ada elektro, informatika, sama telekomunikasi, dan setelah aku dalamin lagi, teknik telekomunikasi lah yang paling relate sama hobi, minat dan cita-cita aku.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Lebih mendetail lagi di teknik telekomunikasi itu kalau untuk di ITERA itu ada 4 bidang yaitu bidang satelit, mobile, jaringan, dan radar. 2 mata kuliah yang paling aku berkesan itu sistem mikro prosesor, yang dimana itu belajar tentang program dan nanti outputnya kita ngebuat sebuah alat elektronika pake arbino, nanti output-outputnya itu bisa ngebuat suatu alat yang kegunaannya untuk sehari-hari, kaya misal pendeteksi kebocoran gas, atau handsanitizer otomatis, itu dipelajari cara-caranya dari mikro prosesor.

Juga yang aku senangi karena ini relate juga dengan apa yang aku minati itu sistem digital, disitu sistem digital banyak banget yang dipelajarin, kan tadi aku pengen android developer, di sistem digital ini juga belajar mengenai sistem komputer walaupun enggak mendetail, disitu yang diplajari tentang algoritma, juga bahasa logika yang digunakan di komputer ataupun di handphone.

Secara garis besar, yang dipelajari di teknik telekomunikasi yang lebih banyak hitung-hitungan, sedikit menyinggung sosial itu eco telecomunication, yaitu pembangun telekomunikasi di komperisasi sama lingkungan, secara garis besarnya itu matematika sama fisika. Nanti kalau temen-temen masuk ke ITERA juga akan melalui tahap persiapan bersama, selama setahun belum mempelajari khusus di jurusan, di TPB itu yang dipelajari matematika, fisika, kimia, matematika, dan biologi. Nanti kalau udah lulus TPB baru masuk ke mata kuliah jurusan. Kita sama kaya ITB memang kita naungannya ITB.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Pemecahan kalau udah masuk semester 6 atau 7. Nanti semester 1 & 2 TPB, kalau semester 3-5 fokus teknik telekomunikasi secara umum, nanti setelah itu semester 6&7 fokus di bidang apa. Kalau yang ke arah elektro itu ada di radar dan satelit. Kalau ke arah informatika ada mobile dan jaringan.

Balik lagi ke tadi, cita-cita aku pengen jadi android developer, jadi aku tertarik nantinya ke bidang mobile.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuk yang ada di ITERA ada 4 yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri, prestasi, seperti hafal al-quran, prestasi nasional. Kalau untuk official instagram teknik telekomunikasi itu telco_itera, kalau untuk informasi mahasiswanya di teknik telekomunikasi ada di ig himatel_kuestum, dan aku sendiri ketua himpunannya.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Sumatera?

mungkin kalau tips dari aku banyak sih, yang pertama manage waktu, itu penting banget. Ketika temen-temen udah masuk perkuliahan, kalian harus bisa managemen waktu di bidang akademik dan non akademik, perkembangan hard skill itu perlu, tapi soft skill juga harus. Nanti setelah kalian terjun di dunia kerja penting banget soft skill itu.

Kedua maslah tentang prioritas, man ayang urgent dan tidak. Ketiga, mungkin bukan untuk ditiru, sedikit saran itu bisa banget ngerjain tugas di tekanan deadline. Tugas di teknik telekomunikasi banyak banget, laporan praktek dll, temen-temen harus bisa bekerja di tekanan deadline.

Misal praktikum elektronika, nah mungkin aja hari ini praktikum, dan besoknya itu harus udah dikumpul dari laporan, hasil analisis yang kita praktikan. Terakhir itu banyak-banyakin temen, karena menurut aku jujur pelajaran ini bisa kita pelajari sendiri, tapi kita bisa pelajari dengan bersama-sama, bila berbagi, itu bisa memudahkan kita dalam memahami suatu materi.

Tapi jangan digunakan ketika ujian, malah contek sana-sini. Memang nilai itu mungkin bagus, tapi ketika nanti udah selesai di studi teknik telekomunikasi temen-temen gak bisa apa-apa, itu rugi banget.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas banget. Kalau di BUMN bisa di telkom, kalau fokus di bidang radar, bisa bekerja di bidang militer karena di militer gak mungkin pakai smartphone, bisa di navigasi, alur pesawat naik terbang turun, kalau di dalam jaringan, bisa di perusahaan provider. Atau bisa jadi dosen. Mungkin yang perlu dipersiapkan juga bahasa ya, karena juga bisa kerja di korea selatan, bisa ngebangun operating system.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana terdekat aku, aku bisa magang di tempat yang aku inginkan, dan juga aku bisa ngelanjutin pendidikan aku di luar negeri. Harapan aku, aku bisa belajar dan lulus tepat waktu, bisa apply di BUMN, setelah S2 aku ingin jadi seorang mentri. Mungkin sekarang halu aja, tapi nanti aku ingin mengembangkan sinyal ke daerah tertinggal.

 

 

Q&A

  1. Apa perbedaan antara 4 bisang, radar, jaringan, mobile, dan satelit itu?

Satelit sendiri kaya lebih di bidang nasa, keplanetan, satelit, cuman lebih kepada komunikasi jarak jauh, yang antar benua, alternatifnya itu pakai satelit. Kalau radar itu penggunaannya navigasi, yang sering digunakan bidang militer dan pesawat. Kalau jaringan itu yang digunakan kita sehari-hari yaitu provider, bagaimana penyeberangan jaringan, bagaimana pembagian kuota internet di berbagai daerah. Kemudian mobile itu ke arah bagaimana operating system yang bisa mengomunikasikan secara 2 arah.

  1. Apa di telekomunikasi jga belajar pemrograman?

Di tahap persiapan bersama itu juga belajar tentang pengenalan software. Itu belajar pemrograman C++. Nanti kalau udah masuk di teknik telekomunikasi itu pasti belajar bahasa pemrograman cuman gak detail banget, kita belajar java, phyton, dan phyton sendiri dipelajari mandiri.

 

 

Kode konten: C752

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *