IPB University, Perikanan

Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB (Wurya)

Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB (Wurya)

Halo semuanya! Perkenalkan namaku Wuryaningrum atau biasa dipanggil Wurya. Aku mahasiswi prodi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan IPB University angkatan 2018. Disini aku mau sharing-sharing nih apa aja sih yang dapat dipelajari di prodi ini, kita simyuk!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

  1. Apa yang dipelajari di Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap?

Program studi ini mempelajari beberapa hal yang bersumber dari berbagai disiplin ilmu. Diantaranya adalah teknologi tekstil, hidrodinamika, teknik mekanika, arsitektur perkapalan, elektronika dan kelistrikan, biologi perikanan, oseanografi, hidroakustik, meteorologi, teknologi penanganan dan pemrosesan ikan, serta pemasaran dan ekonomi perikanan. Selain itu kamu juga dapat mempelajari tingkah laku ikan, mengenali berbagai macam bentuk alat tangkap. Kamu juga dapat mendesain sendiri kapal seperti apa yang akan kamu buat dan itu dipraktekan secara langsung loh. Lalu, Kamu juga dapat mempelajari permasalahan-permasalahan terkini mengenai hukum laut dan sebagainya.

Slide5

Tapi apakah benar kalo kuliah di perikanan nantinya jadi pedagang ikan? Apakah benar kalo masuk kuliah perikanan harus bisa berenang? Jawabannya tidak ya dear.. Masa depan kamu ada di tangan kamu dan kamu bebas mau jadi apapun setelah lulus. Contohnya bisa menjadi menteri perikanan kelautan. Prodi ini juga mengajarkan kamu berenang kok jadi gausah takut yaaa!

  1. Mata kuliah di Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB terfavorit?

Prodi ini memberikan banyak mata kuliah seperti Daerah Penangkapan Ikan, Metode Penangkapan Ikan, Kapal Perikanan, Dasar Kebijakan Perikanan Tangkap, Alat Penangkapan Ikan, Hukum Laut dan Perikanan, Dinamika Kapal, dan lainnya. Mata kuliah favoritku ada dua yaitu, Alat Penangkapan Ikan dan Kapal Perikanan. Hal menarik di mata kuliah Alat Penangkapan Ikan yaitu kita bisa melihat dan merangkai secara langsung alat tangkap yang sesuai untuk menangkap ikan. Beda jenis ikan ternyata beda pula alat tangkap yang digunakannya. Kita juga dapat memahami tingkah laku ikan agar penangkapan ikannya menjadi lebih mudah.

Contohnya untuk menangkap ikan yang berada di dasar laut kita harus menggunakan alat tangkap yang sesuai. Jangan sampai alat tangkap yang kita gunakan dapat merusak biota laut lainnya seperti karang. Contoh lainnya adalah untuk menangkap ikan nokturnal (aktif pada malam hari) pasti akan susah. Tapi karena sifat ikan nokturnal adalah mendekati cahaya maka kita harus mendesain alat tangkap yang sesuai dan di lengkapi penerang seperti lampu. Maka target ikan tersebut akan mendekat dan kita mendapatkannya dengan mudah.

Mata kuliah kedua yaitu Kapal Perikanan. Hal menarik di mata kuliah ini yaitu kita dapat mempelajari bagian-bagian terpenting pada kapal. Kita juga dapat membuat / mendesain kapal tersebut secara langsung pada saat praktikum. Bagian terseru juga pada saat kita menghitung volume kapal secara langsung. Kita mengukurnya dari mulai panjang haluan ke buritan, tinggi kapal, panjang lunas kapal, dan lainnya. Ditambah dengan tenanga pengajar yang seru dan asik, mata kuliah ini jadi lebih menyenangkan untuk dipelajari dan dipahami.

  1. Tips-tips untuk MABA di jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB

Indonesia terdiri dari lebih kurang 70% lautan yang memiliki sumberdaya alam yang melimpah dan masih sedikit orang yang dapat memanfaatkannya. Dengan kalian bergabung di prodi ini tandanya kalian termasuk orang-orang yang beruntung yang nantinya kalian dapat ikut serta dalam memanfaatkan kekayaan laut di Indonesia. Jadikanlah diri kalian menjadi seseorang yang beruntung masuk ke dalam prodi ini. Jalanilah dengan penuh suka cita. Kita juga harus mengerti betul dengan permasalahan-permasalahan yang dirasakan oleh para nelayan pada saat ini.

Ikutilah perkuliahan dengan sungguh-sungguh. Jangan hanya mengejar ipk tinggi saja tapi jadikanlah ilmu yang kita dapatkan ini menjadi manfaat untuk banyak orang. Membuat prestasi akademik juga penting dilakukan. Selain itu, jangan menjadi mahasiswa yang hanya tahu kuliah-pulang-kuliah-pulang. Setidaknya ikutilah sebuah organisasi / kepanitiaan agar relasi kita bertambah dan kita dapat pula mengambil pengalaman-pengalaman baru . Mungkin pada awalnya kamu akan bingung untuk memilih organisasi / kepanitiaan tapi ingatlah untuk selalu menjalani kegiatan yang sesuai dengan diri kamu dan pentinglah untuk menyeleksinya terlebih dahulu.

  1. Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Prospek kerja prodi ini sangatlah banyak. Di antaranya bisa menjadi tenaga pendidik, anggota KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), supervisor, pengusaha, kantor pelabuhan, bekerja di BANK, dan lainnya. Adapun alumni dari prodi Teknologi dan Manajemen Perikanan tangkap yang menjadi anggota unit kerja menteri KKP.

  1. Harapan dan Rencana Setelah Lulus?

Harapan saya setelah lulus dari prodi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap adalah saya dapat menebar kebermanfaatan kepada orang sekitarku, diterima di tempat kerja yang aku inginkan. Selain itu, aku juga ingin membuka usaha di bidang perikanan kelautan dan menciptakan sebuah inovasi baru yang mungkin nantinya dapat menambah semangat para penerus bangsa untuk menciptakan sebuah inovasi-inovasi lainnya di bidang perikanan dan kelautan. Membangun sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang sosial juga menjadi salah satu harapan ketika lulus nanti, mengingat betapa tercemarnya lautan pada saat ini membuatku ingin bergerak untuk menciptakan perubahan yang nantinya akan memunculkan dampak yang baik bagi masyarakat pesisir dan juga lainnya.

Kode konten: X415

Komen dibawah! 16

  1. Rusmiyati

    Izin bertanya kak,
    Bagaimana susah dan senang yang kakak alami selama belajar di prodi teknologi dan manajemen perikanan tangkap?
    Bagaimana cara kakak mengatasi masalah saat kesulitan untuk belajar di prodi teknologi dan manajemen perikanan tangkap?

    • wuryaningrum

      Halo Rusmiyati! Terimakasih telah bertanya. susahnya mungkin lebih ke adaptasi awal ya, harus beradaptasi dengan teman-teman baru, adaptasi dengan mata kuliahnya, adaptasi dengan tempat lingkungan, dll. dan adaptasinya harus cepat terutama dalam hal belajar, kalo kita gak cepat dalam beradaptasi ya kemungkinan akan sangat ketinggalan jauh dengan materinya tapi akan terbiasa juga kok nantinya. kalo senangnya, di prodi ini dosennya friendly banget bahkan ada dosen yang kita bisa bercanda bareng gitu jadi lebih nyaman kan diskusinya, dan di prodi ini juga sangat bersifat kekeluargaan jadi apapun kita jalanin bareng-bareng, istilahnya sih susah senangnya bareng.

      cara aku mengatasi masalah dalam kesulitan belajar cuma 1 yaitu : tau diri.
      tau kalo kita masih bodoh dan harus belajar, tau kalo kita jangan malas, tau kalo kita harus memanajemen waktu dengan baik. kadang kesulitan belajar itu ada karena malas cari tau, menunda nunda, dll. aku juga kadang ga paham sama apa yang dijelasin dosen, tapi aku nyari tau lagi ke temen-temen aku, minta tutor dan sebagainya. sampe aku juga pernah nangis gara-gara ga paham-paham wkwk tapi gapapa, ini proses belajar. nikmati prosesnya ya.

      mungkin segitu yang bisa aku jawab, silahkan kalo ada pertanyaan lain boleh ditanyakan yaa.. terimakasih 😊

    • sekaar

      kak boleh tanya? kalau kakak sendiri.. diprodi ini masuknya lewat jalur apa kak? terimakasi sebelumnyaa..

  2. Rizqiya

    halo kak, jadi aku ada niatan daftar ke jurusan ini di snm. mau nanya dijurusan ini ada fisika kimia nya gak sih kak?? kalo ada yang dipelajarin apa aja kak?? terus menurut kakak matkul paling susah apa sih ka??

    • wuryaningrum

      Halo Rizqiya! semoga sudah lolos snm ya πŸ™‚ di jurusan ini ga ada fisika dan kimia kok. fisika dan kimia hanya ada di tahun pertama masuk IPB. Menurut aku, ga ada matkul yang susah kok asal kita rajin belajar aja hihi πŸ™‚

  3. Rasyid Aulia Nursidik

    Hallo ,aku mau tanya nih, kalau di prodi ini, kalau yang pake kacamata,susah gak sih kak ? Atau kakak punya temen yang pake kacamata gitu ? Terus kendalanya apa ya kak ? Terima kasih…

  4. Arisandy

    Kak prospek kerjanya gimana kak ?

  5. Novaaa

    Assalamualaikum kak
    Makasih ya udah sharing soal prodi ini
    Btw mau nanya nih kak, kakak kemarin lolos dari jalur apa ya kak?

  6. Mia Maryatul Aliyah

    Assalamualaikum kak..
    Kak izin tanya aku tertarik masuk ke fakultas ini, apa ada temen kakak saat masuk fakultas ini gk bisa berenang? Soalnya aku gak bisa berenang huhu:(
    Dan suka duka apa yg kakak dapat kan saat belajar mata kuliah kapal perikanan?
    Terima kasih kak sebelum nya:)

  7. wuryaningrum

    Halo Mia! Aku pun saat masuk prodi ini belum bisa berenang sama sekali kok tapi seiring berjalannya waktu pasti nanti kita bisa berenang dengan sendirinya karena ada matkul tersendiri juga πŸ™‚ suka dukanya saat belajar kapal perikanan yang pertama dosen di matkul ini asik banget ngelebihin dari dosen yg lain karena ini matkul yang cukup sulit menurut aku karena banyak ada hitung2annya tapi karena dosennya asik jadi tingkat kesulitannya cenderung berkurang dan makin semangat buat belajar πŸ™‚

  8. hotreni sihombing

    kalo boleh tau kakak angkatan berapa? dari pertanyaan” diatas kaka dari SBMPTN kan? kalo boleh tau berapa skor utbk kakak? supaya jadi acuan juga kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *