Teknologi Pertanian, Universitas Sebelas Maret

Teknologi Hasil Pertanian UNS (Sri)

Teknologi Hasil Pertanian UNS (Sri)

Haloo semuanya. Perkenalkan saya Sri Maduma Ayu Manurung, mahasiswa jurusan D3 Teknologi Hasil Pertanian Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret angkatan 2019. Saya baru memasuki awal semester empat.  Saya mau berbagi pengalaman selama di jurusan ini. Penasaran kan?  Hayo, simak pengalaman saya berikut.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di jurusan Teknologi Hasil Pertanian UNS?

Sesuai nama jurusannya, Teknologi Hasil Pertanian ini mempelajari bidang teknologi pengolahan hasil pertanian baik pangan dan non pangan. Karena jurusan ini berbasis sekolah vokasi, mahasiswa akan diajarkan tentang konsep dan praktik pengolahan hasil pertanian, baik konsep pengendalian mutu  atau quality control (QC) maupun teknologi proses pangan dalam dunia industri. Contohnya saja seperti proses pengolahan pasca panen tanaman kopi sampai menjadi produk pangan. Oh iyah selama di jurusan ini, jangan harap tidak bertemu matematika, fisika, kimia, biologi. Setiap mata kuliah yang diajarkan akan ada sangkut pautnya dengan hal ini. Tapi eitss jangan takut, semuanya mudah jika kita berusaha.  Jurusan ini memang mirip dengan Ilmu Teknologi Pangan serta sama-sama bergerak di bidang pangan, tetapi masih ada perbedaannya. Jika Ilmu Teknologi Pangan mempelajari pangan, sebaliknya jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini mempelajari  hasil pangan dan non pangan.

Slide5

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata kuliah dan dosen favorit Teknologi Hasil Pertanian UNS?

Mata kuliah di jurusan ini banyak sekali. Di semester satu, Anda akan belajar pelajaran SMA kembali seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, serta mata kuliah umum lainnya. Materi yang diajarkan kembali hanya materi yang berkaitan dengan ilmu di jurusan ini. Mata kuliah ini menjadi  dasar pondasi Anda agar bisa memahami materi mata kuliah di semester selanjutnya. Lalu, mata kuliah yang anda akan jumpai seperti Pangan dan Gizi, Biokimia, Kimia Pangan, Alat dan Mesin Pengolahan, Ekonomi Teknik, Statistika Industri, Manajemen Industri, Mikrobiologi Industri, Analisis Pangan, Analisis Sensoris, dan lain sebagainya.

Mata kuliah favorit

Tiap semester Anda akan belajar hal yang menakjubkan dan membuka wawasan Anda bahwa kuliah di bidang pertanian itu sangat menarik. Kalau ditanya mata kuliah favorit, saya menyukai mata kuliah semuanya kecuali mata kuliah seperti Statistika Industri dan Manajemen Industri sejauh ini. Soalnya dua mata kuliah ini, berbasis matematika. Pasti anda paham bagaimana seseorang yang tidak  terlalu menyukai matematika. Walaupun begitu, saya akan jabarkan tentang tiga mata kuliah favorit saya yaitu Teknologi Pasca Panen, Pangan dan Gizi, serta Alat dan Mesin Pengolahan. Teknologi Pasca Panen menjadi favorit saya karena mata kuliah ini mengajarkan hal-hal sederhana tetapi lingkup kegunaannya sangat besar. Contohnya saja, bagaimana kita mengolah tomat dari panen sampai  kita gunakan sebagai pangan dengan kondisi yang berkualitas dan tahan lama. Tips-tips dan ilmu  di mata kuliah satu ini sangat berguna bagi kita mahasiswa anak kos hehehe.

Kedua Pangan dan Gizi, saya menyukai mata kuliah ini karena terkait dengan kesehatan. Contohnya dalam makanan sehat dan bergizi. Di sini kita belajar apa-apa saja kandungan gizi suatu makanan, makanan yang tidak boleh kita makan bersamaan contohnya  tempe bersamaan dengan minuman teh. Ketiga yaitu Alat dan Mesin Pengolahan. Mata kuliah ini akan mengajarkan alat-alat apa yang digunakan, fungsi, tujuan, prinsip-prinsipnya untuk pengolahan hasil pertanian.  Setiap mata kuliah di jurusan ini ada praktikumnya setiap minggu dan dibimbing oleh dosen pengampu serta asisten dari mahasiswa semester di atasnya. Mata kuliah yang tidak ada praktikumnya seperti Agama, PPKn, Pendidikan Pancasila, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Untuk dosen favorit, sejauh ini saya menyukai semua dosen saya.

Tips-tips untuk Maba di jurusan D3 Teknologi Hasil Pertanian UNS

Karena jurusan ini adalah pendidikan diploma maka Anda akan banyak praktikum. Tips yang saya berikan yaitu Anda harus kuat dengan beban praktikumnya. Karena dari semester 1, anda akan berhadapan dengan laporan praktikum setiap mata kuliah tiap minggu. Untuk semester 1 saja, anda akan mengerjakan sebanyak 5 laporan per minggu. Usahakan mendapatkan nilai maksimal untuk praktikum. Hal ini karena bobot nilai praktikum lebih besar dari  teori mata kuliahnya.

Tips kedua adalah mengikuti organisasi/ magang serta lomba untuk mahasiswa. Ada banyak organisasi yang dapat diikuti seperti BEM Vokasi, BEM  Universitas, Himpunan Jurusan, dan UKM lainnya. Jangan takut  berorganisasi karena dari berorganisasi kita banyak mendapatkan skill dan pengalaman yang berkesan. Jika Anda tipe orang yang tidak suka organisasi seperti di atas. Anda bisa mencoba menjadi Asisten Praktikum atau Asisten Dosen. Dalam hal ini juga, anda akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan.

Terakhir yaitu manajemen waktumu dengan baik. Jangan karena sibuk berorganisasi, kamu melalaikan tugasmu sebagai mahasiswa. Kamu boleh mengambil banyak kegiatan, tetapi sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhannya masing-masing.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Propek Kerja dan Alumni biasanya  kerja di mana?

Setahu saya, alumni lulusan D3 Teknologi Hasil Pertanian UNS bekerja di bidang quality control dalam industri pangan. Bisa juga bekerja di perkebunan teh, kopi, cocoa, tebu, dan kelapa sawit.  Jika anda ingin bekerja tidak di bidang ini, anda bisa menjadi pegawai bank, PNS, atau pekerjaan lainnya.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah saya lulus, kemungkinan saya akan melanjutkan studi saya. Saya mungkin lanjut S1, kenapa S1? Sebab saya belum menemukan universitas yang bisa menerima D3 menjadi D4 Teknologi Hasil Pertanian. Oleh karena itu, saya memilih program alih jenjang S1. Setelah saya lulus S1, saya punya cita-cita berwirausaha dalam bidang pangan.

Kode Konten: X476

Komen dibawah! 1

  1. Alifa c

    Kak kalau mau lanjut ke S1 teknologi hasil pertanian itu kuliahnya berapa tahun lagi ya. Oh ya kak mau lanjut kuliah S1 THP di mana?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *