Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada

Teknologi Industri Pertanian UGM (Akbar)

Teknologi Industri Pertanian UGM (Akbar)

Halo sobat intipers! Aku M. Shofa Akbar dari Teknologi Industri Pertanian UGM angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Teknologi Industri Pertanian UGM seperti apa?

Teknologi Industri Pertanian itu ada di fakultas teknologi pertanian yang sangat berbeda dengan fakultas pertanian. Keilmuannya pun berbeda. Kalau di Teknologi Industri Pertanian itu belajar rekayasa sistem, teknologi dan manajemen. Terus lebih banyak hitungan kaya kalkulus, fisika dan manajemen ekonomi dalam belajarnya, malah biologinya lebih sedikit itu pun mikrobiologi industri. Lebih tepatnya sih seperti teknologi industri cuma fokusnya ke pertanian.

unisa

Terus kalau ada yang nanya sama atau enggak kaya jurusan Pasca Panen, itu kalau di TIP tidak hanya pasca panen tapi dari pra panen sampai barang didistribusikan ke retail. Nanti kami boleh bebas  pilih konsentrasinya ke mana.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknologi Industri Pertanian UGM?

Waktu 2016 waktu kelas 11, saya pilih jurusan ini karena banyak isu tentang pangan. Indonesia kan kaya akan hasil pertanian. Makanya saya pilih jurusan ini. Searching juga tentang jurusan ini dan tertarik karena biologinya gak ada, jadi langsung tanya ke alumni yang di jurusan ini. Terus pas SNMPTN saya pilih cuma 1 TIP UGM, dan Alhamdulillah keterima.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya di awal seperti biasa, ada matematika dasar, fisika dasar, kimia dasar, bahkan biologi pun gak ada sama sekali, paling adanya mikrobiologi industri itu yang fokusnya ke pangan aja. Semester 4 lebih dekonsentrasi lagi ada matkul statistika industri, kalkulus 1 dan 2, ergonomi, sistem produksi, satuan proses, satuan operasi. Semakin nambah semester makin banyak fisik dan perhitungan. Terdapat mata kuliah ekonomi juga, ekonomi mikro, ekonomi makro, manajemen operasi, manajemen SDM juga.

pmb2-min

Paling berkesan itu mata kuliah matematika industri atau kalkulus, karena dosennya yang cerdas kalau Merangin detail banget sampek ke dasar fundamentalnya meskipun kebanyakan mahasiswa menganggap kalkulus itu sulit. Sebenernya enggak, kalkulus itu melatih pola pikir kita secara logika, pola pikir dan cara kita mengatasi masalah. Ada juga mata kuliah satuan operasi yang ngajarin kita mengelola suatu produksi pangan, mesinnya bagaimana itu pake kalkulus sebenernya.

Banyak praktikumnya, paling banyak itu di semester 5. Ada 5 praktikum dan laporannya tulis tangan. Kalau semester awal itu paling 1-2 praktikum. Di TIP praktikumnya di lab, kalaupun ke luar itu biasanya ke industri atau UMKM. Kita sama enggak sama sekali praktikum ke lahan pertanian.

Praktikum yang paling berkesan itu waktu praktik Teknik Tata Kerja, di UMKM industri tahu dan tempe. Kita bisa sharing tentang masalahnya seperti apa terus kalau diselesaikan secara sains itu seperti apa.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Teknologi Industri Pertanian UGM?

Konsentrasi itu seperti penjurusan sesuai minat atau laboratorium. Terdapat 5 lab, laboratorium sistem produksi, bioindustri, manajemen sistem industri, reka industri dan produk samping sama analisis mutu dan standarisasi. Bisa dipilih sesuai lab kebidangan pas nanti mau skripsi. Mulai semester 2-6 itu banyak mata kuliah yang bersangkutan kelima lab itu.

PKL sendiri dilakukan antara semester 5 dan 6, di sana selama 1 bulan di industri. Biasanya industrinya kita bisa nemu studi kasus atau permasalahan tertentu. Nanti kita bisa mengkonsultasikannya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, UTBK, UTUL. Info bisa diakses ke um.ugm.ac.id itu lengkap di sana. Kalau mau tahu lebih lengkap tentang jurusan ini bisa akses ig @himatipa_ugm. Ada juga akun ig departemen TIP di @tip.ugm

Kalau penerimaan mahasiswa tiap angkatan itu 2017 87 orang, 2018 ada 103 mahasiswa, 2019 jadi 90an mahasiswa. Di UGM itu ada beberapa kluster, TIP masuk kluster Agro. TIP UGM paling ketat persaingan masuknya, disusul asma TPHP.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Jalani aja, yang penting kerja sama yang positif sama temen dengan giat dan rajin. Jangan sampek lengah karena TIP itu kompleks dan menarik keilmuannya. Pokoknya rajin dan belajar tekun tapi jangan lupa untuk aktif di kegiatan kampus.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni kebanyakan kerja di FMCG (fast moving custimer goods) kaya Indofood, nutrifood, Unilever, di perkebunan juga ada. Luas banget prospeknya. Kami juga diberkahi keilmuan yang analitik banget.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Cita-cita itu pengen melanjutkan studi di Belanda, ngambil food and quality management. Saya pengen jadi akademisi di UGM atau di UB. Kalau untuk ke industri saya lebih pengen FMCG.

Q&A

  1. Perbedaan TIP sama teknologi pangan?

Kalaua teknologi pangan itu kaya rekayasa pangan, food engineering. Mengenai mendetail ke komposisi gizi, cara membuat produk pangan yang punya value yang baik untuk dikonsumsi. Kalau TIP lebih ke prduksinya, mekanisasinya, sistem produksinya yang lebih efektif dan efisien.

Kode Konten: C146

Komen dibawah! 5

  1. Sahnur Mulya

    Kak mau tanya apa benar TIP lbih banyak hitungannya? Kira2 berapa persen matkul hitungannya?

  2. Ferdiyanti

    Hallo Kak! SayaMau nanya dong kak, buat kelanjutan study dari TIP UGM itu ada apa aja yaa? Boleh ga sih s2nya aku ambil teknik?

    • Akbar

      Bolehhh, apalagi teknik industri, bisa ngambil konsentrasi sistem produksi, ergonomi, ekonomi teknik, riset operasional

      • Ferdiyanti

        Wah makasih, btw denger Kak Akbar mau lanjut S2 ke luar negeri bikin aku tertarik deh. Ada banyak yaa lulusan yg lanjut ke luar negeri?

  3. Shofa Akbar

    Banyak sekali, ada yang di Belanda, Belgia, Jerman, Jepang, Selandia baru, dan Thailand. Banyak lintas disiplin ilmu yg dipilih karena TIP ilmu nya bisa diterapkan dimana saja.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *