Informatika

Teknologi Informasi Universitas Telkom (Dessy)

Teknologi Informasi Universitas Telkom (Dessy)

Halo teman-teman intipers! Perkenalkan, aku Dessy Maranatha Sihombing, mahasiswi jurusan Teknologi Informasi Telkom University / Teknologi Informasi Universitas Telkom angkatan 2017. Aku mau share pengalaman selama kuliah 6 semester nih. Check it out! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Belajar apa aja sih di jurusan Teknologi Informasi Universitas Telkom?

Mungkin kalian sering dengar banyak jurusan dalam bidang IT, seperti Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, dsb. Nah, apasih yang membedakan semua itu? Kalau di jurusan Teknologi Informasi lebih berfokus pada bidang networking/jaringan, perancangan dan pengembangan aplikasi, penelitian di bidang teknologi informasi, serta diimbangi juga dengan ilmu management-nya. Teknik informatika lebih dominan pada implementasi seperti pembuatan aplikasi, teknik komputer lebih dominan atau berfokus pada hardware, seperti microcontroller,’chip’ ataupun processor. Sistem Informasi lebih berfokus pada ilmu tentang konsep komputer dan bisnis. Memang sih semua hampir mirip, tapi kalau diteliti lebih dalam, tiap jurusan itu berbeda lho. Kadi jangan sampai terkecoh dan salah masuk jurusan. Semoga informasi ini bisa membantu temen temen intipers semua ya.

Mata Kuliah dan Tugas di Teknologi Informasi Universitas Telkom

Karena Teknologi Informasi merupakan jurusan IT Base, jadi mata kuliah gak jauh jauh dari ilmu komputer. Seperti Dasar Algoritma dan Pemrograman & Pemrograman Berorientasi Objek. Ttemen temen bakal belajar pengkodean dengan bahasa pemrograman seperti Pascal, C++, Python, dan lain lain. Ada pula mata kuliah yang didasari ilmu matematika seperti Matriks dan Ruang Vektor dan Kalkulus yang mungkin pernah di dapat di SMA. Namun akan belajar lebih dalam di perkuliahan jurusan Teknologi Informasi ini, serta  diimbangi juga dengan management. Seperti mata kuliah Manajemen Layanan Teknologi Informasi dan Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Temen temen bakal belajar tentang gimana mengatur proyek dalam bidang teknologi informasi.

Slide5

Kalau tugasnya sendiri, beragam sih mulai dari Coding, tugas mengenai soal matematika dan juga Problem Based Learning yang mana melatih skill kita untuk memecahkan masalah yang ada. Untuk beberapa mata kuliah, nanti ada juga yang namanya Tugas Besar. Apa itu Tugas Besar? Tugas Besar itu tugas yang diberikan di akhir semster (biasanya digunakan sebagai nilai UAS). Pada tugas besar ini, temen-temen biasanya akan kerja kelompok dan hasilnya nanti akan dipresentasikan di depan dosen. Tugasnya bermacam-macam ada yang disuruh buat aplikasi, analisis persoalan, simulasi jaringan, analisa arsitektur enterprise, dan lain lain. Di jurusan ini juga bakal ada praktikumnya lho, baik itu pemrograman, sistem database atau juga dalam merangkai alat dan itu cukup menarik lho!

Nah, kalau dosen favoritku itu Pak Anggis dan Pak Danang karena baik Pak Anggis dan Pak Danang bagus banget dalam penyampaian materi dan ingin semua mahasiswanya ngerti materi yang dipelajari dibuktikan dengan sering memberi perumpamaan tentang materi terkait.

Kelompok Keahliannya apa aja sih?

KK itu semacam cabang cabang ilmu yang memiliki fokus nya masing masih. Nah KK di jurusan Teknologi Informasi Telkom University itu ada apa aja sih? Simak ya intipers.

  1. Telematics (Tele), akan mempelajari tentang Siber, Komputer dan Jaringan dan juga Sistem Keamanan
  2. Software Engineering, Information System and Data Engineering (SIDE), akan belajar tentang pengembangan perangkat lunak, cocok untuk kalian yang minat pada pembuatan aplikasi
  3. Intelligent, Computing and Multimedia (ICM), akan berfokus pada ilmu ilmu computer science dan teori komputasi dan multimedia seperti pengolahan audio visual (foto, video, 3D, 2D)
  4. Modeling and Computational Experiment (MCE), akan belajar pemodelan atau simulasi berdasarkan fakta yang dilakukan secara komputasi

Intinya, pilih kelompok keahlian yang sesuai sama minat temen temen ya dan semua kelompok keahlian itu pastinya seru dan menyenangkan!

Tantangan & Tips untuk Maba nih!

Ilmu IT itu luas bangeet. Itu juga jadi tantangan sendiri dalam kuliah jurusan Teknologi Informasi. Selain itu, adanya tugas-tugasnya, praktikum dan yang penting juga yang aku sebut tadi. Mahasiswanya juga harus aktif untuk lebih tau tentang ilmu-ilmu di jurusan ini. Sedikit tips, temen temen harus mendalami tentang komputer, pengkodean, matematika dan jangan males untuk membaca buku serta explore pengetahuan dari sumber lain. Seperti buku, jurnal, atau explore ilmu untuk ngoding biar makin jago juga ngoding nya, ya! pokoknya intinya itu untuk menambah wawasan kita akan dunia IT dan yang terakhir jangan lupa aktif ya untuk berorganisasi, join laboratorium riset dan kegiatan lainnya, karena soft skill kita juga harus diasah yang juga bermanfaat dalam penyusunan Tugas Akhir nanti.

Prospek Kerja Lulusan

Seperti yang temen temen tau sendiri, dunia teknologi makin hari semakin berkembang. Bidang teknologi pun banyak diminati banyak orang serta dicari oleh banyak perusahaan yang mencari orang yang ahli dalam bidang IT. Jadi, untuk prospek kerjanya itu luas bangeet, seperti programmer, system analyst, IT Consultant, Software Engineer, Software Developer, Web Designer, IT Executive, Network Administrator, Network Support Engineer dan masih banyak profesi lainnya yang menjanjikan.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus ?

Untuk kedepannya, rencananya aku ingin explore dunia kerja luar seperti mengikuti kegiatan internship oleh perusahaan yang akan menambah wawasan serta pengalamanku dan mungkin untuk setelahnya aku ingin mendalami skill di bidang web design yang juga salah satu minat.

Kode Konten: X157

Komen dibawah! 1

  1. istibsyaro

    assalamualaikum kakak aku maba nih, uh berhubung sekarang daring aku sangat sulit memahami materi2 yang ada di mata kuliah teknologi informasi, mata kuliah aku di IT juga lebih banyak ke materi hitung2ngan, ada sistem digitsl beh parah banget kesulitan memahami maerinya, aku mau tanya kakak, apakah di mata kuliah teknologi informasi akan sampai semeter akhir ada materi tentang matematika? terimaksih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *