Teknologi Informasi

Teknologi Informasi Unjani (Maulida)

Teknologi Informasi Unjani (Maulida)

Assalamualaikum intipers. Kenalin nama ku Maulida Farahanita biasa dipanggil Mo. Aku kuliah di jurusan Teknologi Infomasi Unjani Yogyakarta dan sekarang sudah semester 5 (angkatan 2018).

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja sih yang dipelajari di jurusan Teknologi Infomasi Unjani Yogyakarta ?

Kalau bicara tentang teknologi pasti yang ada dibenak kita adalah bahasa pemrograman. Iya, betul. Pada jurusan ini memang belajar bahasa pemrograman(coding), pada semester pertama dan kedua kita akan belajar bahasa pemrograman bernama Python dan mencoba membuat sebuah sistem menggunakan bahasa tersebut. Contohnya membuat sistem perhitungan seperti kasir, sewa tempat, dll. Selain itu yang dipelajari ada cara membuat Web menggunakan HTML maupun FLASK.

Slide3

Tidak melulu tentang coding, pada jurusan ini juga ada mata kuliah seperti matematika, pai, b.inggris,ppkn dan segala teori/praktikum yang berkaitan dengan komputer, user & internet. Contohnya yang berkaitan dengan user, ada mata kuliah design thinking juga, kalau ini mempelajari tentang problem solving, ketika ada suatu masalah maka penyelesaiannya dengan cara seperti apa dan biasanya akan muncul ide untuk membuat aplikasi atau perangkat teknologinya. Sudah ? masih ada lagi, kalian nanti juga akan belajar mengenai cara membuat IoT (Internet of Thing) dimana semua barang elektronik di rumah atau sekitar kita bisa terhubung dengan internet & smartphone, keren kan. Kita juga belajar jaringan, tips bikin usaha dengan internet, trouble shooting, database, sistem operasi linux, dll.

Kalau untuk tugas/praktikum anak prodi Teknologi Informasi Unjani seperti apa ? 

Tergantung mata kuliahnya, kalau mata kuliahnya pemrograman untuk tugas biasanya diminta membuat sebuah sistem atau web dan bakalan ngasah logika, keasabaran & seni coding kita disitu. Tapi kalau mata kuliahnya teori biasanya kita akan diminta untuk membuat paper atau dikasih case kemudian dipresentasikan atau diwajibkan hadir acara seminar dan membuat summary dari materi seminar tersebut. Untuk praktikum, kita tidak selalu dilakukan di Lab. Contohnya saja kemarin, di mata kuliah jaringan komunikasi dan data, kita diajak ke sebuah resort dimana tempatnya begitu asri dan benar-benar cocok untuk praktikum penilaian jaringan sekaligus berlibur. Sstt.. ada free makan siang juga lohh.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku ?

Mata kuliah favorit aku itu UI/UX karena di kelas ini kita belajar tentang user, apa sih yang sebenarnya diinginkan oleh user agar betah scroll-scroll berfaedah buka aplikasi kita dan yang pasti ga perlu coding.

Apa sih tantangan terbesar kuliah di jurusan ini ?

Tantangan terbesar aku adalah coding & matematika. Seperti yang kita tau, kebanyakan cewek lebih sering menggunakan perasaan daripada logika hehe. Dan di jurusan ini hampir semuanya matematika dan coding. Sebuah codingan bisa jalan kalau logikanya juga jalan dan punyaku lebih sering errornya. Cuman ga boleh nyerah, semua bisa kalau terbiasa. Banyak juga kok temenku cewek yang jago coding dan sering ikutan proyek bareng dosen.

Apa bedanya program studi teknologi informasi dengan sistem informasi dan teknik informatika unjani?

Kalau teknologi informasi di unjani fokus pada cybersecurity. Makanya ada mata kuliah sistem operasi dimana kita belajar linux, karena kebanyakan hacker pakai OS linux. Nah, untuk SI itu fokusnya untuk menjadi technopreneurship dan teknik informatika fokusnya di software engeenering. Jangan khawatir, kita boleh kok untuk belajar selain fokus kita itu nanti. Ada banyak study class juga yang bisa kita ikuti sesuai dengan passion kita dimana. Contohnya ada study class technopreneur yang dibuat oleh prodi SI. Study class itu kita akan membuat usaha, jasa atau lainnya dan dikelola menggunakan web dan akan menghasilkan uang kalau kita serius dan dikelola dengan baik.

Apa prospek kerja TI dan alumni unjani biasanya kerja dimana ?

Lulusan Prodi Teknologi Informasi dapat bekerja di berbagai sektor. Baik instansi pemerintahan maupun swasta di berbagai jenis industri sebagai pengembang aplikasi, administrator database, administrator datawarehouse, manajer proyek TI, administrator jaringan, analis sistem komputer atau web developer. Terbuka pula peluang untuk menjadi team leader, project manager, maupun posisi executive pada proyek-proyek pengembangan teknologi informasi. Untuk alumni, yang aku tau ada yang ikutan perwira karir, kerja di startup bahkan ada yang buat startup sendiri.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini.

Banyakin ikutan free online course coding (ada banyak di internet) dan jangan keseringan copas code dari materi atau internet. Coba ketik sendiri nanti lama-lama bisa hafal kok. Dan jangan lupa untuk terus cari passion kalian dimana di bidang desain, copywritting game tester atau lainnya. Ga semua orang yang kuliah di jurusan IT itu jago coding mungkin kalo sekedar bisa aja ya bisa.

Harapan dan rencana aku setelah menjadi sarjana Teknologi Informasi.

Karena aku ada passion di nulis dan research, aku milih untuk UX Writter wannabe hehe. Walaupun mata kuliah UI/UX aku dapat cuman 2 sks dan di semester 2 aja, aku pingin ngembangin itu sendiri. Karena jujur aku ga jago buat sistem atau web yang mesti coding.

Kode konten: X411

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *