Teknologi Pangan, Universitas Gadjah Mada

Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM (Yusril)

Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM (Yusril)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Yusril dari Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM itu seperti apa?

Kita itu belajar memproduksi suatu bahan pangan untuk jadi suatu produk yang bermanfaat, dibutuhkan masyarakat dan aman dikonsumsi. Belajar tentang pengawetan bahan pangan, pemrosesan, dsb. Teknologi pangan kita belajar tentang fisika, kimia, biologi. Tapi lebih cenderung ke kimia dan biologi.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM?

Dulu aku kepikiran kalau industri pangan itu sangat dibutuhkan masyarakat dan trennya itu makanan sehat dan bermanfaat. Kebutuhan akan pangan itu sangat tinggi. Selain itu, karena aku suka kimia dan pengen tahu tentang proses pembuatan produk pangan.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semester awal kita belajar mikrobiologi umum, analisis pangan, kimia pangan, regulasi, limbah, dll. Paling berkesan mata kuliah itu teknologi minyak dan susu karena kan negara kita penghasil sawit terbesar di dunia. Jadi aku tertarik cara mengolah bahan mentah sawit hingga jadi bernilai. Selain itu ada banyak fakta menarik tentang industri sawit. Kalau industri susu itu karena aku tertarik sama produksi di industri ini.

Praktikumnya di semester 1 ada di Fisika dasar dan Kimia dasar. Semester 2 kita belajar mikrobiologi, semester 3 ada praktikum kimia pangan, mikrobiologi pangan dan pengolahan. Nah, semester 3 ini lebih berat dari sebelumnya. Di semester 4 kita belajar tentang limbah, analisis pangan dan satuan operasi. Satuan operasi itu kita praktikum menggunakan alat-alat produksi pangan. Kalau analisis pangan kita belajar analisis komponen pangan mulai dari karbohidrat, dsb. Terus kalau limbah itu kita praktikum pengolahan limbah industri pangan biar gak berdampak buruk pada lingkungan. Kalau laporan sih banyak ya dinikmati aja. Gampang-gampang susah sih.

Karena semester ini online, jadi favorit itu praktikum semester 3 itu Kimia Pangan. Itu awal kita dari dasar dasar analisis pangan. Itu salah satu praktikum yang berkesan karena baru belajar sedikit tentang analis pangan. Matkul praktikum itu rata-rata 1-2 SKS. Jadi dalam satu semester bisa ada beberapa praktikum.

Kegiatan praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM?

Gak ada konsentrasinya, kita pilih berdasarkan keinginan kita. Misalkan kita pengen fokus belajar mikrobiologi, kita bisa ambil mata kuliah mikrobiologi. Kalau pengen fokus analisis pangan kita bisa ambil mata kuliahnya. Pengen ke hasil perkebunan kita bisa ambil mata kuliah sawit, tembakau, dsb. Kalau mau fokus regulasi itu bisa ambil mata kuliah regulasi pangan. Jadi, untuk spesifik penjurusannya itu gak ada. Kamu minat di mata kuliah apa terus tinggal diambil aja.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 4 jalur, SNMPTN, UTBK dan afirmasi sama UTUL. Di tahun 2020 ini pake SBMPTN. Temen-temen bisa akses di um.ugm.ac.id. Oh ya aku mau ngasih UTUL UGM itu gak bayar uang gedung dan UKT nya bukan UKT termahal tapi sama kaya yang SNMPTN dan SBMPTN. Jadi yang masuk lewat UTUL belum tentu UKT nya lebih mahal dari yang SNMPTN dan SBMPTN.

Kuota peneriman tiap angkatan itu beda-beda. Kalau angkatanku 120, angkatan 2019 itu sekitar 100 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalian jangan langsung tertarik sama organisasi. Harus bener-bener dipikirin, kalau mau masuk organisasi itu mau ngapain. Cari organisasi yang sesuai passion kamu. Awal jadi maba kamu harus banyakin kenal sama kakak tingkat, karena kamu pasti makna terbantu. Misal untuk minjem buku, laporan, dsb. Nah pas maba itu kan belum akrab sama temen, nah itu SKSD sedikit juga gapapa. Karena biar ga susah nanti ke depannya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Biasanya bisa kerja jadi RnD atau quality control suatu perusahaan pangan. Semua perusahaan yang bergerak di industri pangan itu bisa banget dimasuki alumni. Kita juga belajar pengolahan hasil pangan, itu berguna banget untuk yang memilih jadi enterpreneur.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya bisa cepet lulus dan memuaskan hasilnya. Terus pengen kerja di perusahaan di industri minyak sawit dan susu. Biar kalau bisa yang ngelola sawit itu anak bangsa sendiri.

Q&A

  1. Susah gak sih masuknya?

Angkatanku itu 1:60, menurutku susah susah gampang. Susah kan relatif ya tergantung orangnya. Tapi memang perbandingannya satu kursi diperebutkan 60 orang.

Kode konten: C124

Komen dibawah! 1

  1. Aprildna

    Misii, mau tanya kak :

    1. Kalo R&D dan QC kan penempatannya lebih ke pabrik ya kak, nah lulusan TPHP bisa kerja di perusahaan/kantornya juga ga kak? Kalo bisa di posisi apa aja?
    2. Susah ga cari lowongan fresh graduate S1 TPHP?
    3. Penekanan TPHP kan pada mapel biologi dan kimia kak, sedangkan aku kurang bgt di mapel kimia, kira” aku bakal ada kesulitan/tekanan ga ya nantinya?
    4. Praktikum di TPHP kan byk menyita waktu kak, belum lagi untuk laporan, tugas, dll, nah susah gasii membagi waktu buat ikut organisasi kampus juga?
    5. Untuk praktikumnya dilakukan secara individu atau tim? Butuh banyak biaya ga kak?

    Maaf, kalo banyak, kak. Aku tertarik bgt soalnya…
    Makasih^^

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *