Teknologi Pangan, Universitas Padjadjaran

Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran (Hana)

Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran (Hana)

Halo sobat intipers! Aku Hana Nur Layalia Hasyadari Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran angkatan 2018. Teknologi Pangan berada dalam naungan Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran seperti apa?

Sebenernya ada pertanyaan yang banyak banget ditanyain yaitu soal perbedaan antara Teknologi Pangan sama Tata Boga atau sama Teknik Pangan.  Nah, maka dari itu aku mau jelasi kalau sebenernya di Teknik Pangan itu kita belajar tentang gimana caranya dari sebuah bahan pangan yang sudah melewati proses panen itu pengolahan apa saja yang terjadi hingga akhirnya jadi suatu makanan yang bisa dikonsumsi. Berbeda dengan Tata Boga, kita itu belajar perubahan yang terjadi pada bahan makanan, kenapa makanan itu bisa kita konsumsi. Misalnya aja kalau kita menggoreng suatu makanan, itu kita bakal cari tahu kenapa warnanya bisa berubah jadi kecoklatan. Jadi kita belajar kira-kira perubahan apa yang terjadi, perubahan struktur kimia dalam makanan itu.

Aku juga sering dapet pertanyaan Teknologi Pangan sama Teknik Pangan. Dibandingkan dengan Teknik Pangan, kalau kita itu lebih mengarah pada pengolahan bahan makanannya. Sedangkan di Tekni Pangan setahuku itu lebih belajar teknik-teknik, mesin-mesin atau alat yang digunakan.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran?

Alasan aku masuk Teknologi Pangan karena aku berpikir namanya ada di industri pangan, ya seperti yang kita tahu manusia kan selalu membutuhkan makanan sampai kapan pun. Maka dari itu, industri pangan gak akan mati selama manusia membutuhkan makanan. Jadi industri pangan itu punya prospek yang baik ke depannya menurutku.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran?

Teknologi pangan itu bener-bener erat sama yang namanya praktikum. Di semester 3 dari 7 mata kuliah, 6 di antaranya itu praktikum. Jadi hampir tiap hari ketemu lab dan laporan praktikum. Ada mata kuliah yang berkesan itu yang mana ada praktikum untuk mengamati perubahan pada buah, daging, ikan selama 7 hari. Serunya juga kita sering suka dapet dan bagi-bagi makanan hasil praktikum.

Laporannya itu harus sesuai dengan yang kita pelajari dan lakukan pas praktikum. Jadi, kita pelajari dulu di kelas dan mendalami itu di praktikum, kemudian pemahaman kita diuji melalui praktikum. Kita juga ada asisten laboratorium yang selalu membantu, jadi laporan praktikum itu gak terlalu sulit dan memberatkan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 peminatan,

  1. Keteknikan pengolahan pangan, belajar tentang mesin-mesin, perubahan fisiknya.
  2. Teknologi pengolahan pangan itu belajar yang lebih khusus, contohnya ada teknologi pengolahan paman teh, kopi, dan kakao.
  3. Mikrobiologi pangan, belajar tentang proses mikrobiologi yang terjadi, misal disebabkan oleh mikrobakteri.
  4. Kimia pangan yang belajar tentang struktur dan perubahan kimia yang terjadi pada makanan.

Teknologi pangan Unpad ini kita gak menjurus ngambil bidang kajian tertentu, cuma kita ambil mata kuliah pilihan. Aku sendiri ambil Teknologi Pengolahan Pangan roti dan kue. Peminatan ini mulai di semester 5.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Masuk Unpad . Jumlah penerimaan mahasiswa tiap tahunnya itu berkisar antara 100-120 orang per angkatan. Tahu aku gak pernah lebih air 120 orang. Info lebih lanjut kamu bisa akses di smup.unpad.ac.id untuk seleksi SMUP.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Menurut aku belajar yang bener dari awal karena pelajaran yang kita pelajari di awal itu nyambung sampai akhir nanti. Bener-bener dipahami juga apalagi praktikum. Harus sungguh-sungguh juga dalam praktikum karena skill kita bener-bener diasah di sana.

Kalau buat camaba yang masih bingung pilih jurusan, kalian bener-bener harus tahu banget apa yang kalian inginkan dan bisa jalani dengan enjoy, karena perkuliahan yang awalnya kita pengen dan enjoy jalani aja terkadang masih sulit menjalaninya karena banyak banget tantangannya pas kuliah dan gak kepayang pas SMA. Konsultasi juga ke orang tua, karena gimana pun doa dari beliau itu salah satu faktor yang menentukan kesuksesan kita. Sharing juga sama alumni dan tanya-tanya tentang jurusannya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya ke depan kita bisa jadi bagian dari quality control, quality assurance, dan yang paling diminati itu posisi RnD (Research and Development). Selama perkuliahan ini kita juga diarahkan untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Kita juga bisa bekerja di beberapa industri bahan baku. Selain di industri banyak juga alumni yang kerja di BPOM, LIPI maupun jadi dosen.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Ke depannya aku pengen cari kerja dan pengalaman dulu di industri pangan, setelah itu aku mau coba bisnis. Pengen banget ilmu yang aku pelajari bisa berguna juga.

Q&A

  1. Kalau masuk Teknologi Pangan harus jago kimia gak?

Aku juga dulu ngiranya teknologi pangan tentang kimia dan biologi, tapi ternyata kita belajarnya dari awal. Ada Fisika dasar, kalkulus juga kalau di Unpad. Kita memang lebih banyak di Kimia, di semester 3 ada 3-4 mata kuliah tentang Kimia, tapi jangan khawatir kita harus jago kimia karena kita belajar Kimianya belajar dari dasar banget.

  1. Bedanya Ilmu Gizi sama Teknologi Pangan?

Ilmu Gizi itu setahuku belajar tentang asupan gizi ke tubuh, zat atau nutrisi apa yang baik untuk tubuh, berapa dosisnya gini. Nah kalau di Teknologi Pangan kita belajar asal zat atau nutrisi itu berasal dari makanan apa, gimana pengolahannya supaya zat gizi itu bisa diserap tubuh dan apa yang tejadi pas di tubuh kita, perubahan zat gizi sebelum dan sesudah pengolahannya seperti apa.

Kode konten: C186

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *