Teknologi Pangan, Universitas Pasundan

Teknologi Pangan Universitas Pasundan (Rizki)

Teknologi Pangan Universitas Pasundan (Rizki)

Halo sobat intipers! Mohammad Rizki Ardian. Jurusan Teknologi Pangan Universitas Pasundan angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknologi Pangan Universitas Pasundan itu seperti apa?

Jadi kalau di teknologi pangan universitas pasundan itu bedanya karena di unpas ini naungannya di fakultas teknik, jadi ada teknik-teknik sedikit dimasukin kedalam pelajarannya, itu sih yang ngebedainnya sama teknik pangan di universitas lain.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

jadi kita membahas pangan, dan juga tekniknya. Lingkupnya manusia

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknologi Pangan Universitas Pasundan?

Pertama, jurusannya jarang dan unik, kemudian prospeknya bagus. Walaupun dia jurusannya jarang, tapi hampir semua perusahaan industri membutuhkan lulusan teknik pangan, dan bisa kemana-mana.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

kalau di Unpas ini teknologi pangannya punya ciri khas, praktikumnya menegangkan, dan pelajarannya banyak yang ekstrim gitu. Kita sering praktikum di lab, kita buat laporan praktikumnya harus udah dikirim malamnya, padahal baru selesai praktikum siangnya. Kalau di tekpang ini mata kuliah yang dominan itu kimia dan biologi

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kita ada 4 peminatan, ada birokrasi, akademisi, manajer industri, manajemen usaha. Kalau birokrat itu lebih ke pemerintahan salah satunya BPOM, kalau akademisi yang minat jadi dosen itu bisa di akademisi, kalau manajer industri pangan itu kalau yang memanaje di industri pangan gimana. Kalau wirausaha itu ya bagaimana cara membuat usaha baru di teknologi pangan gitu. Kalau saya manajer industri pangan, dan milih di semester 5.

Tips untuk mahasiswa baru?

Tipsnya emang sih pasti ada yang susah banget dan gak ngerti. Tips dari saya sih kalau kita udah tau pelajarannya susah, dan kita gak paham, cobalah bergaul dengan yang pinter. Pokonya kalau ada pelajaran yang susah jangan cari jawabannya, tapi cari gimana cara menyelesaikannya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Ada nilai rapot, ada tes, sama ada lewat hafalan quran, ada beasiswanya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja di industri pangan ada macem-macem, bisa research and development, bagian pengembangan dan riset bahan pangan, atau quality control, atau qualiti asuransi

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus saya rencananya kerja dulu di industri pangan, dan pelan-pelan saya akan membuka usaha kecil-kecilan, dan setelah bisnis stabil kita lepas sedikit-sedikit pekerjaannya, dan fokus di usaha.

 

 

Q&A

  1. Kalau di tekpang sendiri kita belajar untuk membuat suatu produk, atau menganalisis produk yang sudah ada?

Kita lebih membuat produk dan menganalisis bahan-bahannya, jadi kan tekpang itu untuk menjamin kualitas bahan-bahan dari suatu makanannya, jadi kita menganalisis, membuat produk, dan mengembangkan suatu produk.

 

  1. Apakah pernah mengalami praktikum online?

Pernah tapi separo aja online nya, kalau yang online di bawah aku mereka kesulitan, karena mereka hanya melihat dari online, yang saya takutkan itu pada saat mereka kerja praktik takutnya skill lab nya gak lengkap.

 

  1. Quality Control dan Quality Assurance itu apa?

Sebenernya hampir sama kalau QA itu mengontrol kualitas, tapi bedanya kalau QA itu ada perencanaannya, jadi kalau QA itu selain mengawasi, dia juga membuat rencana untuk kontrol kualiti, baru yang melaksanakannya adalah QC, yang melaksanakan kontrol kualitas. Jadi mereka bekerjasama.

 

  1. Suka duka di jurusan

Suka dukanya kadang kalau kita lagi ngejalanin praktikum suka di buru-buru, tapi itu ngelatih kita dalam cepet berpikir, dalam melakukan sesuatu. Kadang mepet deadline. Sukanya kalau udah selesai.

 

 

 

 

Kode konten: C656

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *