Teknologi Pangan, Universitas Padjadjaran

Teknologi Pangan Unpad (Dewanti)

Teknologi Pangan Unpad (Dewanti)

Halo intipers, perkenalkan nama saya Dewanti Maharani, mahasiswi jurusan Teknologi Pangan Unpad angkatan 2018. Dalam tulisn ini izinkan saya untuk membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 4 semester. Yuk teman-teman bagi yang penasaran mengenai Teknologi Unpad bisa disimak tulisan pengalaman saya kali ini.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Teknologi Pangan Unpad ?

Seperti namanya sendiri Teknologi Pangan merupakan suatu ilmu pengetahuan mengenai pangan yang bergerak di bidang teknologi. Banyak sekali orang yang salah kaprah terhadap jurusan kali ini. Yups, pastinya banyak yang mengira jurusan ini seperti Jurusan Tata Boga dimana kita sebagai mahasiswa selalu dihadapkan dengan memasak atau mengolah makanan. Jurusan ini sering kali disamakan dengan Jurusan Pertanian. Kali ini izinkan saya menjawab stereotip orang umum terhadap jurusan saya berdasarkan pengalaman selama 2 tahun.

Slide5

Teknologi Pangan di Unpad tidaklah melulu membahas tentang pengolahan pangan. Sebagian besar memang benar sekitar 75% tapi ada beberapa bagian dimana kita mempelajari mata kuliah lainnya. Diantara pemrograman komputer yang nama matkulnya Aplikasi Komputer dan Pengolahan Pangan (disini kita mempelajari excel dan cara input data). Fisika Dasar, Biologi Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus, Pengantar Agroindustri, Kimia Organik, Statistika, Ekonomi Teknik, dan Ilmu Gizi. Oh ya, di Unpad sendiri mahasiswa pun wajib mengambil mata kuliah TPB pada semester 1 yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Agama, dan OKK.  Praktikum dan tugas membuat laporan praktikum pastinya bukan hal asing lagi. Eits, tapi jangan takut. Praktikum itu cukup seru kok! Pasalnya kita diajarkan melakukan eksperimen. Itu akan mengasah kemampuan kita untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan dosen yang kemudian menerapkan secara eksperimental.

Mata kuliah Teknologi Pangan Unpad dan Dosen Favorit?

Mata kuliah yang telah saya pelajari tentunya banyak sekali. Di antaranya pada semester 1 ada mata kuliah TPB lalu matakuliah jurusan terdiri dari Kalkulus, Pengantar Agroindustri, Kimia Dasar, dan Biologi Dasar. Lalu, semester 2 terdiri Kimia Organik, Fisika Dasar,  Aplikasi Komputer dan Pengolahan Pangan, Mikrobiologi Dasar, Prinsip Keteknikan Pangan, Statistika, dan Dasar-dasar Teknologi Pangan. Semester 3 yakni, Kimia Pangan, Mikrobiologi Pangan, Ekonomi Teknik, Pindah Panas dan Proses Thermal, Kimia Fisik dan Analitik, Penanganan Pasca Panen Nabati dan Hewani, serta Biokimia Pangan. Semester 4 yakni, Ilmu Gizi, Teknik Konversi Bentuk dan Separasi, Penanganan Limbah Pangan, Teknologi Fermentasi, Teknologi Pangan, dan Analisis Pangan. Fasilitas yang diberikan untuk mahasiswa Teknologi Pangan dari Fakultas yakni ada Laboratorium, Perpustakaan, seminar, serta Pembelajaran diluar kampus seperti berkunjung ke Pabrik Industri Pangan.

Dosen Favorit saya yakni Ibu Elaz, Ibu Tita,  Pak Robi, dan Pak Mahani. Menurut saya mereka memiliki kemampuan yang baik dalam hal mengajar dan menjelaskan.

Konsentrasi yang Disediakan Oleh Jurusan?

Konsentrasi bidang teknologi pangan di Universitas Padjadjaran dibagi menjadi 4 bagian yakni:

  1. Mikrobiologi Pangan: Di bidang ini kebanyakan ilmu-ilmu yang menonjol yakni terdiri dari matakuliah sebagai berikut Mikrobiologi Dasar, Mikrobiologi Pangan, Teknologi Fermentasi, serta Biologi Dasar. Bidang ini terkonsentrasi terhadap kulturisasi mikroorganisme serta pembuatan pangan yang memerlukan mikroorganisme di dalam pengolahannya. Salah satunya seperti fermentasi.
  2. Teknologi Pengolahan Pangan: Di bidang ini matakuliah yang paling menonjol yakni Teknologi Pengolahan Pangan, Penanganan Pascapanen Nabati dan Hewani, Dasar-dasar Pengolahan Pangan, serta matakuliah peminatan yang menjangkau bidang ini seperti Teknologi Coklat dan Gula, Teknologi Roti, dan Teknologi Pati dan Tepung.
  3. Kimia Pangan: Di bidang ini mahasiswa akan banyak sekali berhadapan dengan matakuliah yang berbau kimia serta praktikum yang bertujuan menganalisis kadar atau kandungan gizi dalam suatu oangan seperti melakukan praktikum atau penelitian analisis kadar air, protein, maupun karbohidrat, dan sebagainya. Matakuliah yang paling menunjang dalam bidang ini yakni, Kimia Pangan, Analisis Pangan, Kimia Dasar, Biokimia, Kimia Fisik dan Analitik, serta Kimia Organik.
  4. Keteknikan Pengolahan Pangan: Dalam bidang ini mahasiswa lebih terpisahkan pada teknik-teknik dan teknologi yang menjadi dasar pengolahan pangan. Matakuliah yang paling menunjang dalam bidang ini yakni, Teknik Konversi Bentuk dan Separasi, Fisika Dasar, Prinsip Keteknikan Pangan, Nanoteknologi, dan sebagainya.

Tips selanjutnya, i organisasi/kepanitiaan yang kita banget!

Organisasi dan kepanitiaan merupakan salah satu hal yang cukup penting. Apalagi di dunia perkuliahan kita juga dituntut untuk bisa mengasah soft skill kita dan hard skill kita. Kepanitiaan yang sangat familiar di Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran yakni, FTIP Fair, Sparta, Spekta, Fooderation, dan masih banyak lagi. Sedangkan Organisasi yang sangat populer di Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran yakni HIMATIPAN, BEM KEMA FTIP, BPM, Kamus, KMPK FTIP, serta HMPPI.

Prospek Kerja dan Pekerjaan Tempat Alumni pada Umumnya.

Prospek Kerja Teknologi Pangan bisa terbilang banyak. Di antaranya Quality Assurance, Quality Control, Product Development, Konsultan Pangan dan Gizi, PNS, Dosen, Peneliti, Wirausaha, dan masih banyak lagi. Umumnya alumni lulusan Teknologi Pangan ada yang bekerja di BPOM, PT Unilever, PT Indofood, PT Mayora Tbk. Sebagai dosen, konsultan gizi dan pangan, dll.

Rencana dan Harapan Saya setelah Lulus dari Teknologi Pangan Unpad

Rencana saya setelah lulus yakni bekerja di perusahaan industri pangan. Mungkin bisa juga menjadi PNS, kemudian melanjutkan S2 dengan mengambil Jurusan Ilmu Gizi. Setelah itu melanjutkan jenjang karir saya serta mendirikan usaha industri pangan. Demi menciptakan lapangan kerja baru serta kemajukan komoditas bahan baku lokal dan produk pangan dalam negri. Harapan saya, setelah lulus saya bisa memperbaiki sistem ketahanan dan ketersediaan pangan. Demi melanjutkan kehidupan yang lebih sejahtera bagi masyarakat Indonesia kedepannya.

Kode konten: X352

dewmhrn00
I am a student in Padjadjaran University and I study Food Technology.

Komen dibawah! 8

  1. Tiara

    Terimakasih kak atas informasinya. Saya mau bertanya, kira2 disemua matkul itu belajar dari awal lagi tidak kak? Kebetulan saya minat masuk tekpang tapi saya dari SMK tataboga dan menurut pendapat kakak, apakah ada hubungannya dari jurusan tataboga ke tekpang?
    Terimakasih.

    • dewmhrn00

      Halo Tiara, sepertinya setiap universitas memiliki mata kuliah tersendiri dan mungkin saja berbeda tapi pasti secara umum hampir sama. Kalau di univku kita diajarkan yg dasar kok seperti biologi dasar, mikrobiologi dasar, fisika dasar, kalkulus, biokimia pangan (msh dasar kok), kimia dasar, dan kimia organik. Nah matkul inilah yg jd dasar pemikiran buat mata kuliah penunjang ke dpnnya:)

  2. silvy

    halo ka mau tanya ilmu gizi sama tekpang tuh beda atau sama ya?

    • dewmhrn00

      Halo Silvy hampir sama tapi pasti tetap ada bedanya sih😂 aku gatau banyak ttg ilmu gizi tp kalo di tekpang itu kita bljr gizi jg trs ada teknik pengolahannya ada hitung2annya juga gitu :). Semoga membantu.

  3. Lyseas

    Hallo ka mau tanya, kalo masuk tekpang itu nilai yang harus unggul itu kira² dimata pelajaran apa aja ka? Terimakasih ka

  4. Diva Nasywaa

    Hai kak, Aku minat juga ni buat sbm TekPang unpad, dann lg nyari2 info juga hehe. Klo TekPang di unpad termasuk jurusan dgn peminat bnyk gak kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *