Teknologi Pangan, Universitas Padjadjaran

Teknologi Pangan Unpad (Laksmi)

Teknologi Pangan Unpad (Laksmi)

Hai! Nama saya Laksmi Putri dari Teknologi Pangan Unpad. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Teknologi Pangan Unpad?

Secara garis besar kita belajarnya lebih banyak kimia dan biologi, tapi ada juga beberapa mata kuliah yang condong ke Fisika dan Matematika. Selain belajar tentang pangan, kita belajar lebih pada ekonomi dan sosialnya karena indera perasa dan kesukaan orang berbeda-beda. Kita ada mata kuliah yang masak-masak setiap praktikum, tapi berbeda dengan Tata Boga. Biar lebih paham, kita belajarnya lebih pada pengolahaan bahan pangan dengan memperhatikan kandungan gizi agar ketika diolah nilai gizi itu turunnya dapat seminimal mungkin. Ada 4 bidang kajian:

  1. Mikrobiologi Pangan
  2. Kimia Pangan
  3. Keteknikan Pengolahan Pangan
  4. Teknologi Pengolahan Pangan

Tugas kuliah di Teknologi Pangan Unpad kaya gimana?

Tugasnya lebih pada penerapan cara membuat produk yang baik, dilatih inovatif dalam membuat suatu olahan. Terkadang kita juga ditugaskan untuk membuat artikel.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit itu lebih suka mata kuliah hitungan yang ke-teknik-an seperti mata kuliah processing karena jadi lebih tahu pengolahan dan cara agar bahan  baku tidak merugikan bagi perusahaan.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya itu menjadi inovatif karena banyak juga mata kuliah yang menuntut kita untuk berinovasi. Misalnya, kita diminta untuk membuat produk yang anti-mainstream yang nilai jualnya rendah tapi nilai gizinya tinggi.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerjanya bisa menjadi kerja di bagian riset and development misalnya dengan menginovasi produk, membuat formulasi-formulasi baru. Kebanyakan alumni kerja sebagai quality control atau quality insurance. Banyak juga yang jadi enterpreneur.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tipsnya itu kita harus suka dulu dengan jurusannya dan belajar penyesuaian juga di awal perkuliahan.

Kode Konten: Y177

Komen dibawah! 2

  1. laksmiputri

    Mungkin untuk koreksi, dibagian tantangan terbesar itu bagaimana kita membuat produk dengan harga jual yang cenderung rendah atau ekonomis tetapi nilai gizi tetap jaga seoptimal mungkin atau tinggi, semangaat ditunggu di tekpang:)

  2. John Michael

    Kak laksmi aku pengen banget nih masuk tekpang UNPAD kira kira strategi ampuh biar bisa masuk situ apa yaa, mau coba SNM rata rata ku cuman 83 kira kira ambil jalur apa yaa… Bantuin jawab dong kakkk makasihhhh✨✨

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *