Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang

Teknologi Pendidikan UM (Fadiza)

Teknologi Pendidikan UM (Fadiza)

Halo sobat intipers! Aku Fadiza Nova Ebzy dari Teknologi Pendidikan UM angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Teknologi Pendidikan UM?

Untuk Teknologi Pendidikan UM memfasilitasi pendamping pembelajaran, kita lebih banyak praktikum untuk membuat produk untuk memfasilitasi pembelajaran. Mungkin orang bilang kayak anak IT, mirip sih tapi lebih mengarah kependidikannya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Teknologi Pendidikan?

Sebenarnya ini pilihan terakhir, aku itu dari saintek linjur ke soshum. Awalnya aku ngincer PWK tapi gadapet, nah dari orang tua menyarankan kenapa ga coba masuk pendidikan. Aku juga suka design, maka aku memutuskan untuk masuk Teknologi Pendidikan karena banyak belajar design dan ada kaitannya dengan pendidikan. Jadi alhamdulillah aku masuk sini sesuai dengan ekspektasi.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Teknologi Pendidikan?

Untuk TEP UM ada khasnya, itu kita lebih banyak praktikun. Kebetulan diangkatanku kan online ya, ada yang Namanya praktikum dasar komputer. Ini ciri khasnya TEP dan mata kuliah ini paling seru. Ada juga media grafis dimana kita belajar media tiga dimensi dan menurutku ini menantang banget. Ga cuma pendidikan, disini juga dapat mata kuliah seni juga. Nanti ada juga pemrograman visual dimana kita belajar coding kayak anak IT, bedanya Bahasa pemrogramannya ga sesulit yang ada dijurusan IT. Itu benar-benar mengasah kita. Selanjutnya ada matkul multimedia interaktif khusus untuk anak sekolah jenjang kelas rendah, tinggi maupun pendidikan anak berkebutuhan khusus.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Teknologi Pendidikan UM?

Kalau di TEP ada 2 konsentrasi yaitu kurikulum dan diklat yang bis akita ambil disemester 5. Kalau kurikulum kita membuat penataan kurikulum sekolah, kalau didiklat kita lebih kepelatihan gitu sih.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk di TEP UM ada 3. SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Bisa juga menggunakan KIP.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Untuk tipsnya kalian harus lebih aktif aja. Situasinya kan masih pandemic, tetaplah mengasah informasi dari teman-teman lain maupun kakak tingkat. Bisa ikut organisasi yang ada dilingkup jurusan seperti himpunan, UKM maupun aktivitas lainnya. Jangan cuma kuliah aja, tapi ikut juga aktif dalam berorganisasi. Atau misalnya berpartisipasi menjadi talent dalam membuat video profil jurusan atau ikut akreditasi.sss

Prospek kerja dan alumni jurusan Teknologi Pendidikan UM seperti apa?

Prospek kerjanya kebanyakan dibagian diklat ataupun pelatihan dinas yang ada di pemerintahan. Bisa juga dibagian radio, penyiaran TV bisa juga. Jadi kita ga condong ke guru sih, kalaupun bisa mungkin hanya dilingkungan SMK saja. Kita kan lebih ke memfasilitasi pendidikan ya. Jadi lebih cocok SMK dibanding kita masuk SMA. Banyak juga yang punya kelompok start up yang belajar kediklatan atau pengembangan SDM.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan aku ga muluk-muluk, ingin berkarir dibidang yang lingkupnya teknologi pendidikan. Atau mungkin masuk perusahaan tentang design. Aku lebih senang dan akan bisa enjoy melakukan pekerjaan tentang design.

 

Kode konten: C908

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.