Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (Gilang)

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (Gilang)

Hai rekan – rekan intipers ! Gimana kabar kalian di masa pandemi ini ? Semoga sehat dan bahagia selalu ya ! Untuk rekan – rekan intipers jangan lupa untuk selalu cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak saat berada di luar rumah agar penularan COVID-19 bisa diminamilisir, intinya tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada. Oke, langsung saja, perkenalkan nama saya Gilang Ilham Mahendra, rekan – rekan intipers boleh banget panggil saya Gilang. Saat ini, saya merupakan mahasiswa aktif jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / UM, angkatan 2017. Bisa dikatakan saat ini saya sedang berada di semester 7 dan sedang mempersiapkan skripsi. Nah itu dia perkenalan singkat dari saya, selanjutnya saya akan bahas jurusan yang sedang saya tekuni saat ini. Jadi simak baik – baik dan kalau ada saran atau pertanyaan kalian coba beri komentar di bawah ya !

Di Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang belajar apa aja sih ?

Menurut intipers apa yang terbesit pertama kali ketika mendengar jurusan Teknologi Pendidikan ? Banyak belajar soal komputer, mirip jurusan IT, lulusannya jadi guru TIK ? Sebenernya nggak seratus persen salah, saya coba meluruskan ya, secara garis besar, jurusan Teknologi Pendidikan di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan ini mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan memecahkan masalah – masalah yang ada di bidang pendidikan, khususnya dalam hal pembelajaran. Seru banget nggak sih, seru banget kan ya ! Nah disini kalian bisa fokus untuk belajar soal kurikulum, media teknologi informasi komunikasi, kegiatan pelatihan, hingga bagaimana kita dapat membantu orang lain agar dapat belajar dengan seefektif dan seefisien mungkin.

unisa

Intinya di jurusan Teknologi Pendidikan ini kita diharapkan mampu memfasilitasi mereka – mereka yang sedang belajar, yang mana dalam memfasilitasi mereka juga dengan memperhatikan kebutuhan, tujuan yang ingin dicapai, serta sumber daya yang tersedia. Keren kan ? Jadi jurusan Teknologi Pendidikan beda ya dengan jurusan IT lainnya. Sampai sini udah paham dong gambaran jurusan Teknologi Pendidikan ? Yuk lanjut simak berikutnya.

Apa aja sih mata kuliah yang dipelajari di jurusan Teknologi Pendidikan UM?

Untuk mata kuliah yang dipelajari selama delapan semester sangat beragam dan dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis mata kuliah. Jadi di jurusan Teknologi Pendidikan ada mata kuliah pengembang kepribadian, mata kuliah keilmuan dan keterampilan, mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah perilaku berkarya, hingga mata kuliah berkehidupan bermasyarakat. Kemudian untuk nama – nama mata kuliah yang sekiranya khas dan bisa saya sebutkan contohnya seperti model pengembangan kurikulum, pengembangan multimedia pembelajaran, manajemen program diklat, lingkungan belajar, pengembangan SDM, belajar dan pembelajaran, komunikasi massa, psikologi pendidikan, manajemen pembelajaran, videografi, fotografi, model dan strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis online dan masih banyak lagi.

For your information aja nih untuk rekan – rekan intipers, itu nama – nama mata kuliah yang pernah saya tempuh di kurikulum angkatan saya, untuk angkatan terbaru di bawah saya nama mata kuliahnya jauh lebih keren dan kekinian, seperti manajemen pengetahuan, seamless learning, psikologi visual dan lain – lain. Jujur, saya pribadi ingin sekali merasakan mata kuliah kurikulum terbaru, tapi apa daya saya harus segera lulus hehehehe.

pmb2-min

Tugas Perkuliahan

Nah untuk tugas mata kuliah, selama saya menjalani proses perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan menurut saya tugas – tugas tersebut relevan dan bisa dibilang sangat berkesan, ada tugas – tugas umum seperti presentasi dan membuat makalah dan juga ada yang bersifat praktik. Berikut ini saya uraikan contoh tugasnya yang bersifat praktik / berbau keterampilan.

Pertama, di mata kuliah multimedia pembelajaran, disini tugas yang diberikan bisa dijadikan protofolio pribadi kita, jadi tugasnya seperti membuat media pembelajaran dengan berbagai macam aplikasi dan materi yang tentunya kita jadi lebih tau teknologi terkini untuk kebutuhan pembelajaran.

Kedua, di mata kuliah manajemen program diklat, disini tugas yang pernah saya kerjakan adalah menyelenggarakan kegiatan pelatihan secara daring. Mulai dari menyiapkan kebutuhan pelatihan hingga evaluasi kegiatan pelatihan, jujur tugas – tugas tersebut benar – benar sangat mengesankan untuk saya selama saya belajar di jurusan Teknologi Pendidikan. Gimana masih sanggup untuk menyimak pembahasan selanjutnya kan.

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Praktik fotografi

Ada konsentrasi apa aja di jurusan Teknologi Pendidikan UM?

Di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, setidaknya tersedia dua konsentrasi yang dapat ditekuni salah satunya. Berdasarkan pengalaman saya, konsentrasi ini dapat dipilih ketika masuk di semester lima. Jadi pertama, ada konsentrasi kurikulum, hal – hal yang dipelajari berkaitan dengan pengembangan kurikulum, evaluasi kurikulum, perbandingan kurikulum, hingga kurikulum muatan lokal. Konsentrasi kurikulum ini lebih berfokus pada praktik merancang kurikulum untuk di lembaga pendidikan formal. Kedua, ada konsentrasi diklat (pendidikan & pelatihan), hal – hal yang dipelajari berkaitan dengan pengelolaan pelatihan, pengembangan SDM, hingga evaluasi pelatihan. konsentrasi diklat ini lebih berfokus pada praktik merancang pelatihan untuk pengembangan SDM. Wah menarik kan ! Oke kita lanjut.

Tips untuk Mahasiswa Baru dan calon Mahasiswa Baru di Jurusan Teknologi Pendidikan

Untuk kalian yang tertarik ataupun sedang menjalani perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan, tips yang ingin saya sampaikan adalah pertama jangan pernah berhenti untuk belajar, pelajari ilmu – ilmu & keterampilan baru. Kalian bisa banget coba ikutan workshop atau kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan teknologi pendidikan. Kalian yang udah mahasiswa boleh ikutan organisasi / komunitas yang kalian minati. Kedua, sering – seringlah untuk membaca menulis. Kalian bisa sedikit – sedikit bangun kebiasaan membaca artikel / jurnal / penelitian yang berkaitan dengan teknologi pendidikan. Dengan begitu wawasan kalian juga makin luas, karena ingatan manusia kadang tidak sempurna, kalian bisa coba tulis atau buat ringkasan dari apa yang kalian baca.

Ketiga, kalian perlu melek teknologi. Kenapa? Karena kita akan dipersiapkan untuk jadi fasilitator pembelajaran jadi kita harus lebih dulu paham dengan teknologi terkini, sebelum terjun ke pembelajar. Keempat, selalu peka. Artinya peka terhadap keadaan sekitar, peka terhadap isu / perkembangan terkini. Jadi kita bisa lebih fleksibel, lebih bisa beradaptasi dengan baik jangan sampai kita ketinggalan info terkini. Terakhir, tanamkan kecintaan kalian untuk dunia pendidikan, kecintaan kalian dengan jurusan Teknologi Pendidikan. Jadi ketika nanti kalian menjalani perkuliahan kalian bisa lebih enjoy dan lebih bisa bertanggungjawab. Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan untuk kalian, jadi mari kita lanjut.

Prospek kerja dan alumni jurusan Teknologi Pendidikan

Berdasarkan referensi saya, bisa dikatakan untuk prospek kerja lulusan dari jurusan Teknologi Pendidikan ini sangat luas dan beragam. Kenapa? Karena selama perkuliahan kita telah belajar banyak hal. Belajar banyak disiplin ilmu. Prospek kerja dan lulusannya bisa bekerja di bidang pendidikan maupun di luar pendidikan. Contohnya untuk di bidang pendidikan, bisa bekerja sebagai perancang, pengembang, pengelola kurikulum, kemudian bisa sebagai pengembang media pembelajaran, pengembangan lingkungan belajar berbasis ICT, pengembang e-learning baik di lembaga pemerintahan maupun swasta. Kemudian untuk bidang luar pendidikan, bisa bekerja sebagai fasilitator pelatihan, perancang pelatihan, baik di lembaga pemerintahan maupun swasta, bahkan bisa juga bekerja di lembaga media massa atau di perusahaan start up sekalipun juga bisa khususnya di bidang pengembangan SDM. Kemudian jika berwirausaha bisa di bidang pelatihan atau pengembangan media, bahkan bidang fotografi dan videografi. Gimana, luas sekali kan prospek kerja lulusan jurusan Teknologi Pendidikan ?

Harapan saya setelah lulus

Sedikit lagi saya selesai. Setelah lulus, saya memiliki harapan untuk dapat berkarir di bidang yang tentunya masih serumpun dengan Teknologi Pendidikan. Saya pribadi tertarik berkarir di perusahaan swasta atau di lembaga pemerintahan di bidang pengembangan SDM khususnya dalam merancang dan mengelola pelatihan karena sesuai dengan konsentrasi saya saat ini dan saya juga berharap apa yang saya kerjakan di sepanjang perjalanan karir saya nanti dapat berdampak baik serta bermanfaat bagi orang banyak khususnya untuk bidang pendidikan. Tolong do’akan saya ya rekan – rekan intipers ! Terima kasih banyak sudah menyimak tulisan saya, semangat untuk kalian.

Kode konten: X443

Komen dibawah! 3

  1. Ratna Dwi Aily

    hai kak! sebelumnya tysm for your information. tapi aku mau nanya nih kak, prospek kerja jurusan teknologi pendidikan di bidang pendidikan bisa ga ya kerja di sekolah² gitu? mungkin jadi pekerja IT di bagian Tata Usaha atau ahli CBT di sekolah? atau yang lainnya, tp penempatan kerjanya di sekolah. terimakasih sebelumnya ^^

  2. mrblsky

    Halo ratna, terima kasih sudah komen..
    Oke aku bantu jawab pertanyaan kamu,
    Soal bekerja di lingkup pendidikan khususnya sekolah, bisa banget, setahuku (pengalaman dan info kakak tingkat) ada banyak posisi strategis, misal guru IT, ahli kurikulum, teknisi IT, teknisi e-learning, atau pengembangan SDM, nah kira² begitu. Untuk rincian detail apa yang dikerjakan, itu juga menyesuaikan dengan tiap sekolah. Tapi, sejauh ini kesempatan berkarir di bidang ini sangat luas.

  3. narasumber.id

    Sekedar menambahkan informasi, kalau di Malang saat ini ada jurusan Informatika dengan fokus keminatan di bidang kesehatan/kedokteran di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *