Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Jabal)

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Jabal)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hidup Mahasiswa! Hidup Mahasiswa! dan Salam Literasi! Halo kawan-kawan intipers…Perkenalkan nama saya Jabal Nur dari jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Angkatan 2017. Dikampus kawan-kawan memanggil saya Jabal, dan sekarang ini menginjak semester 6, yah lumayan sudah senior lah karena sudah punya 2 adek angkatan. Nah langsung saja kita kepoin bagaimana jurusan Teknologi Pendidikan. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar ?

Program studi Teknologi Pendidikan merupakan jurusan tertua yang ada di UNM. Didirikan bersamaan dengan fakultas ilmu pada tahun 1983. Awalnya program studi ini bernama dedaktik pendidikan. Bberubah menjadi ilmu pendidikan hingga terus berkembang menjadi Teknologi Pendidikan.

Pada hakikatnya Teknologi Pendidikan memiliki objek formal yaitu Belajar. Semua yang berkaitan dengan proses belajar dan pembelajaran akan dipelajari di jurusan ini. Jurusan ini secara garis besar kita mempelajari tentang kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia pembelajaran, juga manajemen sumber belajar untuk semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan. Intinya, lulusan Teknologi Pendidikan diharapkan akan mampu merancang, mendesain, memproduksi, penerapan/pemanfaatan segala bentuk pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan kemajuan tekonologi dan modernisasi saat ini.

Slide5

Apa saja mata kuliah dan tugas khas yang ada di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar ?

Mata kuliahnya antara lain (Pengantar,pengembangan,pengkajian) kurikulum, media pembelajaran, pembelajaran berbasis komputer, strategi pembelajaran, microteaching, desain pesan, pengembangan media foto, pengembangan media video, sinematografi, dan juga yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia seperti manajemen sistem pelatihan, Teknologi kinerja, Evaluasi Program, Pengembangan Sumberdaya Manusia, Belajar dan pembelajaran, dan lainnya.

Tugas khas bagi mahasiswa TP sangat berkaitan erat dengan kurikulum dan media. Nantinya alumni TP diharapkan dapat menjadi dokter dalam bidang pembelajaran. Mahasiswa TP harus mampu memecahkan masalah atau gejala dalam pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran sehingga dapat membantu gurumendesain pembelajaran yang menarik. Salah satu hal yang sering ditekuni dalam mengerjakan tugas adalah rajin rajin mencari referensi RPP untuk dipelajari di beberapa mata kuliah. Spesialnya Jurusan TP UNM dikenal memiliki kemampuan untuk Photography dan desain. Ini karena keseringan menerima tugas yang orientasinya kesana. Kalau saya tugas favorit itu pas bikin projek Film pendek tentang pendidikan di mata kuliah sinematografi.

Tips untuk maba TP dan calon maba

Mahasiswa yang cocok untuk mengambil jurusan ini adalah mereka yang setia mengikuti perkembangan teknologi. Punya passion pada dunia pendidikan, visioner, terbuka terhadap banyak kemungkinan, mudah beradaptasi. Juga antusias terhadap sesuatu yang baru, inovatif, dan peduli tinggi pada bidang pengembangan kualitas pendidikan. Namun untuk yang masih minim kriteria diatas juga sangat boleh bergabung masih dapat dipelajari secara mudah jika kita punya niat yang serius dalam belajar.

Nah secara real dalam proses perkuliahan nanti, berikut tips untuk adik-adik maba TP. Penyimpanan laptop kalian harus lumayan karena pasti banyak tugas yang berkaitan dengan pembuatan media dan untuk install aplikasi pembelajaran. Tingkatkan skill secara individu di luar jam kuliah karena pasti akan sangat berguna. Kalian harus aktif cari informasi tentang jurusan ini melalui organisasi jurusan yaitu @himatepfipunm. Kakak senior kalian di himpunan pasti akan selalu memberikan pendampingan dan update info.

Prospek Lulusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar 

Sebagian besar orang mengira bahwa teknologi pendidikan adalah calon guru TIK, semua itu salah besar. TP tidak dididik untuk menjadi calon guru, tetapi diciptakan untuk menjadi ahli dalam tenaga kependidikan. Hakekatnya seorang teknolog pendidikan memiliki tugas terwujudnya berbagai pola pendidikan dan pembelajaran dengan dikembangkan dan dimanfaatkannya aneka sumber, proses dan sistem belajar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, menuju terbentuknya masyarakat belajar dan berpengatahuan.

Sekarang ini, telah banyak lulusan TP UNM yang juga senior-senior yamg saya jadikan panutan dan inspirasi mengabdikan dirinya sebagai pengelola, perencana, pengembang, pembuat, penilai dan pengguna sistem dan komponen pembelajaran di Departemen/Lembaga Negara, TNI/Kepolisian, di perguruan tinggi, Lembaga Diklat, maupun Lembaga Media (seperti TVRI, Radio, Wartawan dan lain-lain), adapula yang berwirausaha dalam pelatihan atau berwiraswasta dalam produksi media dan sarana pendidikan. Artinya teknologi pendidikan sebagai tenaga kependidikan bukanlah hanya disekolah. Tetapi, sangat terbuka disetiap lembaga baik negeri maupun swasta.

Harapan saya setelah lulus

Meski tidak tau bagaimana nantinya masa depan saya namun setidaknya harapan sejak dini harus saya tanamkan dalam diri saya agar itu bisa menjadi pemicu semangat saya untuk dapat mewujudkan harapan tersebut. Setelah lulus nanti saya mau melanjutkan pendidikan S2 dengan tetap mengambil jurusan Teknologi Pendidikan. Saya berharap bahwa kompetensi yang saya dapatkan selama kuliah di jurusan teknologi pendidikan dapat saya implementasikan dalam memajukan pendidikan Indonesia yang mengarah dan berpacu pada perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 sehingga dapat menjadikan proses belajar dan pembelajaran menjadi menarik bagi siswa hingga nantinya motivasi mereka dalam belajar dapat meningkat dan menghasilkan output yang berkualitas dari peserta didik.

Kode Konten: X150

Komen dibawah! 1

  1. Poppy

    Salam. Izin bertanya, apakah S1 jurusan pendidikan bahasa Inggris boleh mengambil S2 jurusan teknologi pendidikan?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *