Teknologi Perbenihan

Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung (Tini)

Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung (Tini)

Assalamualaikum Wr.wb. Hallo perkenalkan nama saya Watini Hefri Jayanti dari Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Program Studi Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung, saya angkatan 2018 dan saya biasa di panggil Tini. Jika dikatakan mimpi ini semua bukanlah mimpi, jika dikatakan rencana ini juga bukanlah sebuah rencana.

Teknologi Perbenihan Politeknik Negeri Lampung?

Saya kuliah dengan jurusan Pertanian yaitu Budidaya Tanaman Pangan Program studi Teknologi Perbenihan. Awalnya saya belum percaya saya bisa bertahan sampai di semester 4 ini. Namun sebelum masuk kuliah saya memang berniat untuk melanjutkan dibidang pertanian. Di program studi ini mempelajari proses pemuliaan tanaman dari benih unggul untuk dijadikan bibit yang akan menghasilkan hasil yang paling berkualitas. Disini kami melakukan pengelolahan dengan bantuan teknologi membuat rekayasa genetika tanaman untuk diproses menjadi benih benih bermutu. Mulai dari proses benih kemudian penanaman, perawatan sampai proses pemasakan buah hingga menjadi benih lagi. Sering kali banyak orang berkata ” Emang kuliah pertanian bisa jadi apa ??

unisa

Hal tersebut sering kali terlintas di telinga kami mahasiswa pertanian. Namun, coba kita renungi bahwa sejatinya petani adalah seorang yang mulia. Petani merawat dengan sepenuh hati agar menghasilkan hasil yang siap di produksi. Nasi yang dimakan saat ini bukanlah hasil yang siap saji, melainkan ada perjuangan para petani hebat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Perlu kita ketahui bahwa kita di bumi pertiwi ini saling melengkapi.

Mata kuliah di Teknologi Perbenihan

Dan dalam melaksanakan perkuliahan hal yang paling kami sering lakukan adalah kegiatan di lapangan yaitu praktikum, yapp benar sekali untuk jam kuliah di kelas itu lumayan jarang, karena kami berbasis praktikum maka hampir waktu kami kuliah ini adalah praktikum. Selama menjalani praktikum kami sering membuat tugas yaitu laporan hasil praktikum . Selesai praktikum tugas yang tidak bisa di pungkiri adalah laporan hasil.

Mata Kuliah “ Perakitan Galur Tanaman Menyerbuk Sendiri”

Mata kuliah yang laporan praktikumnya paling berat adalah “ Perakitan Galur Tanaman Menyerbuk Sendiri”. Mata kuliah tersebut mewajibkan untuk melakukan persilangan. Seperti halnya ketika kami menanam buah semangka dan ini merupakan pengalaman pertama saya, pada saat semester 3 kemarin kami menanam semangka di lahan dan di green house yang bertujuan untuk melihat perbandingan daya tumbuh tanaman. Saat merawat tanaman tersebut banyak sekali hal yang harus kami perhatikan, mulai dari kebersihan tanaman , harus rajin ngecek tanaman jangan sampai terkena hama penyakit dll. Selanjutkan proses perkawinan silang pada bunga semangka tersebut. Perkawinan bunga semangka tersebut dilakukan sebelum matahari pagi keluar. Ya kami datang ke lahan pukul 06:00 pagi untuk menyilangkan bunga tersebut. Anak kos an yang jam segitu masih tarik selimut dan kami sudah berada di lahan. Lucu sih tapi ini hal yang menarik masih banyak embun dan sepi sekali kecuali kami satu angkatan yang sedang menyilangkan buah buahan.

pmb2-min

Seru banget karena kami belajar dari proses penyilangan sampai terbentuhkan bakal buah semangka itu. Hampir kurang lebih 3 bulan kami merawatnya sampai buah semangka tersebut tumbuh besar. Untuk semangka yang berada di green house dosen mengajak kami melakukan percobaan memberikan keunikan pada buah semangka dengan membentuk buah semangka menjadi bentuk  Love❤️.  Itu berhasil membuat program studi kami seketika terkenal menjadi tempat kunjungan para mahasiswa. Bahkan dikunjungi oleh dinas dinas yang ada di Bandar Lampung, sehingga ada yang berani menawarnya dengan harga Rp 1,2 juta rupiah. Wahh ini menjadi kebanggan tersendiri buat kami. Bukan hanya buah semangka tapi kami juga melalukan percobaan dengan buah melon.

Konsentrasi program studi

Konsentrasi di program studi kami ini adalah bidang pemuliaan tanaman. Jika dijurusan lain hanya menanam dan sampai tahap panen. Kalau kami dari benih sampai kebenih lagi. Yah itu butuh kesabaran dan sabar. Dosen saya pernah berkata seorang pemulia tanaman adalah mereka yang siap sabar dan berpikir gila untuk menghasilkan tanaman unik. Buat mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lolos di program studi ini, kalian harus siap kalian harus tangguh kalian harus belajar terus. Disini kita akan merasakan perjuangan dalam  menjadi pemulia tanaman untuk menghasilkan rekayasa tanaman genetika yang unik untuk tanaman tanaman pangan. Karena tidak ada usaha yang sia-sia.

Rencana dan Harapan setelah lulus

Setelah lulus di program studi ini banyak alumni kita yang di terima kerja di Pt Seeds di bandar lampung dan ada juga yang menjadi manager di beberapa perusahaan benih di luar jawa. Sungguh dengan niat yang kuat kita akan mendapatkan hasil yang khimat. Rencana saya setelah lulus ini adalah insya Allah melanjutkan S2 saya di Luar Negeri atau di IPB, UGM.  Karena disanalah program master yang sesuai dengan basic Teknologi Perbenihan.

Kode Konten: X113

Komen dibawah! 5

  1. Rizki Rojabi

    Wahhh Terima kasih kak
    Keren banget, Alhamdulillah Saya Lolos di Snmptn jurusan Teknologi Perbenihan Juga.
    Semoga Bisa Study di Polinela dengan baik.
    Salam Maba 2021 kak

  2. ari mustaqim

    kakak-kakak aku sayang kakak,

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *