Teknologi Radiologi Pencitraan, Universitas Airlangga

Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga (Adam)

Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga (Adam)

Halo sobat intipers! Aku Adam Abiyu Pattilasa dari jurusan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga itu seperti apa?

Kalian pernah ngedenger gak orang yang ngomong “aku mau foto rontgen” “aku harus CT Scan/MRI”. Nah itu salah satu bidang kerja kita, kita bekerja dengan alat-alat itu. Kalau berbicara mengenai stigma jurusan ini, banyak yang ngira kalau jurusan radiologi ini belajar tentang radio. Sering banget denger orang nanya “radiologi itu jurusan siaran radio ya?” Itu bener-bener stigma yang salah banget.

Radiologi berbicara tentang kesehatan. Ini tuh jadi salah satu ilmu kedokteran yang kita ini membahas tentang struktur tubuh, bentuk tubuh atau bagian tubuh yang lebih detail dengan menggunakan alat yang memanfaat radiasi.

Kita belajarnya macam-macam. Sedikit mencicipi mata kuliah di ilmu kedokteran lah. Kita juga belajar tentang ilmu di bidang radiologi tentangnya. Gak melulu saintek sih, ada juga mata kuliah bahasa, manajemen dalam sistem informasi. Presentasenya tapi tetep lebih dominan ilmu yang saintek.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga?

Pertama, karena pilihan terakhir. Aku pasrah karena SNM, SBMPTN, STAN sama Pariwisata dan mandiri di berbagai universitas juga ga diterima. Terus aku daftar vokasi di UB sama Unair. Dua-duanya diterima, tapi memang orang tua lebih prefer di Unair karena lihat prospek kerjanya juga tinggi dan menurutku sendiri banyak sekali rumah sakit yang membutuhkan tenaga medis radiografer.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas menurutku itu Radiografi, isinya tentang teknik pemeriksaan. Radiografi ini di tiap semester ada, namun kompetensi yang dipelajari yang berbeda. Contohnya mau foto dada, kita belajar cara melakukan pemeriksaannya, tekniknya seperti apa terus SOPnya seperti apa. Ada juga mata kuliah Alat. Di radiologi kan banyak alatnya, mulai dari alat rontgen, CT Scan, MRI, USG juga ada. Setiap semester itu ada. Semester 1-3 kita belajar alat A, nah di semester 4-6 kita belajar alat B dan semester 6 ke 7 kita juga belajar alat yang baru.

Ada juga mata kuliah yang beruntun, itu Fisika. Ini yang paling menantang buat saya. Di 3 semester kita belajar tentang Fisika. Pertama kita belajar khusus untuk basicnya, jadi kaya di SMA. Semester 2 kita belajar fisika imaging, ini yang membahas cara kita mendapatkan hasil fotonya. Lalu, semester 3 kita belajar Fisika Radiasi, kita menghitung radiasi yang didapatkan oleh pasien dan melindungi pasien juga.

Mata kuliah yang paling berkesan adalah Radiografi dan Anatomi. Kalau radiografi itu basic buat kita belajar tentang teknik pemeriksaan yang akan jadi penunjang untuk jenjang karier ke depannya. Mata kuliah anatomi juga saya suka banget karena kita belajar dari bahannya langsung (kadaver).

Praktikum

Praktikumnya itu tergantung dari mata kuliahnya. Radiografi itu setiap praktikum di rumah sakit, khususnya di rumah sakit Unair yang jadi tempat praktikum mahasiswa. Di sana ada alatnya juga.  Kita bahas tentang teknik pemeriksaan, dll. Kita juga bekerja sama dengan fakultas lain. Contohnya, kita punya dosen dari fakultas keperawatan, itu kita belajar tentang keperawatan dalam radiologi. Fakultas Sains dan Teknologi kita belajar tentang kuantum dan alatnya. Jadi gak hanya belajar dengan dosen dari prodi Radiologi.

Mulai semester 3 itu kita sudah praktik di rumah sakit. Udah satu tahun saya juga praktik di RS Dr. Soetomo Surabaya. Semester 5 tahun kemarin itu disebar di beberapa rumah sakit di Surabaya. Terus di semester 6 dicabangkan di luar kota di sekitar Jawa Timur. Semester 7 kita juga ada yang magang ke luar negeri, biasanya ke Vietnam.

Banyak banget yang didapet waktu praktikum di rumah sakit. Praktik di semester 3-4 itu sambil kuliah, jadi resikonya adalah kalau kita ada jaga malam terus besoknya ada kuliah pagi gitu. Misal kita ada jaga malam jam 21.00 – 5.00 terus jam 7 paginya ada kuliah. Jadi kita tidur cuma sejam dua jam, mandi, terus berangkat. Kalau di semester 5-7 kita kuliahnya setelah praktik selesai. Kalau gak salah di semester 5 itu kita belajar dulu satu bulan di kampus terus bulan berikutnya kita praktik. Semester 6 tahun kemarin itu praktik dulu baru kuliah dulu.

Praktikum Radiografi

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kita gak ada konsentrasi. Nah radiologi di diploma dan S2 itu beda. Kalau di diploma kita dididik untuk menjadi pekerja atau teknisi. Di S2 itu sebagai analisator yang melihat dan mengamati struktur penyakit itu dokter radiologinya. Radiologi ini pun sebagai salah satu percabangan dari ilmu kedokteran. Kalau bisa dibilang, radiologi ini punya 3 bidang yang kita pelajari semuanya:

  1. Radiologi khusus untuk mendiagnosa penyakit, jadi kalau dibilang radiodiagnostik berarti akan membahas tentang diagnosa.
  2. Lalu, Radiologi khusus untuk terapi, misalnya kemoterapi.
  3. Radiologi intervensi sebagai penggabungan radiologi diagnosa dan terapinya juga.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk univ itu ada SNMPTN, UTBK sama mandiri. Infonya bisa diakses di pmb Unair. Kebetulan kalau di jurusan ini hanya ada di jalur mandiri. Mandiri khusus sarjana atau diploma. Kalau mau join di jurusan ini, bisa ambil yang jalur mandiri khusus diploma.

Kuota penerimaan mahasiswa per angkatan itu sekitar 50 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama, pasti belajar. Aku lebih prefer untuk linear jurusannya dari SMA, kalau IPA kan udah punya basic. Memang ada temenku yang lintas jurusan dari jurusan IPS dan Bahasa, jadi mereka harus belajar lebih lagi gitu. Kedua, yang penting itu manajemen waktu. Di radiologi kan nanti ada praktik, nah gimana caranya kita memanajemen waktu antara praktik, kuliah dan organisasi. Jadi kita harus memanajemen waktu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga?

Pastinya kita sebagai tenaga medis ya praktisi. Kita juga bisa jadi aplikan, itu sebagai ahlinya alat gitu manajernya alat radiologi. Kita juga bisa jadi asisten peneliti, analisator dan evaluator.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Ingin kerja dulu sebagai ahli medis dulu, sama mau kuliah juga di salah satu politeknik sama pengen S2 juga di Unair yang masih melayani untuk di diploma sama pengen di luar negeri juga.

Q&A

  1. Apakah prospek kerjanya hanya di rumah sakit atau instansi kesehatan aja?

Gak hanya di instansi, kita bisa belajar di perusahaan yang basicnya kesehatan. Misalnya kerja sebagai ahli alat MRI di perusahaan A. Kebetulan di jurusanku ada yang pernah diterima sebagai aplikan di sebuah perusahaan.

  1. Bedanya sama Teknik Biomedik?

Kalau teknik Biomedik itu mempelajari tentang alat. Radiologi itu kita bekerja langsung dengan pasien, melakukan pemeriksaan pasien. Kalau Teknik biomedik itu ketika alat itu rusak yang mengerjakan untuk memperbaikinya itu bisa seorang lulusan Fisika Medis atau Teknik Biomedis. Jadi Teknik Biomedik fokusnya ke alat, entah itu memperbaiki alat atau membuat alat.

Kode Konten: C136

Komen dibawah! 29

  1. ffaasaff

    Terima kasih kak

  2. Aulia Amanda Sukma Sakinah

    Halo kak, selamat siang. Aku Amanda, sekarang aku siswa kelas 12 smk jurusan as. Keperawatan di salah satu smk negri Tangerang, aku sangat tertarik dengan radiologi. Aku berencana untuk daftar D4 Radiologi UNAIR. Saya ingin bertanya kak, untuk masuk vokasi unair tahun ini berarti kita tidak bisa daftar lewat SNMPTN ya kak? D4 Radiologi UNAIR terakreditasi apa ya kak? Apakah kalau kita ingin masuk sini harus pandai fisika? Di smk saya fisika hanya diajarkan kelas 10 dan itu basic banget kak.
    Dan kalau boleh saya minta saran untuk belajar mandiri UNAIR kak , terimakasih kak.

    • adamabiyup

      hallo, selamat pagi amanda. Maaf nih baru balas hehe. wahh seneng banget nih bisa ada yang mau masuk di radiologi. untuk radiologi sendiri, itu masuk ke jalur mandiri vokasi saja dek, nggak bisa lewan SNM ataupun SBM. kalau untuk akreditasi sendiri itu sudah terakreditasi B, jadi itu sudah masuk kategori baik untuk diterima di RS manapun. kuliah di radiologi nggak harus pandai fisika karena FYI akupun juga gasuka fisika, fisika mungkin cuma dapat di 3 semester pertama aja, yang lain mungkin mengenai alat-alat radiologi aja yang mungkin fisikanya dibilang mudah dipahami. saranku untuk belajar mandiri UNAIR pas aku ujian dulu adalah dengan belajar materi SBMPTN karena soalnya nggak beda jauh dan menurutku lebih muda ujian mandiri UNAIR. jangan lupa berdoa dan terus semangat ya….ditunggu kehadirannya di RADIOLOGI UNAIR 🙂

      • Aulia amanda ss

        Terimakasih atas jawabannya, kak boleh saya bertanya lagi? Di tahun kaka unair vokasi ada uang pangkalnya kak? Sekiranya dulu berapa ya kak? Dan biaya apa aja kalau kuliah di unair? Kaya persemesternya berapa?

        • adamabiyup

          maaf ya baru balas hehe. untuk di UNAIR sendiri ada UKA yang dibayar di awal saja. untuk biayanya kalian bisa lihat di web ppmb.unair.ac.id, untuk range per semester dari 2-6 juta

  3. Nur Aziza

    Assalamualaikum..
    Halo kak. Aku Cica , sekarang aku kelas 12 SMA. Tahun depan bakal lulus, Amin… Aku tertarik dengan jurusan radiologi , lalu aku berencana untuk ambil jurusan radiologi di Unair. Tadi saya baca kalau mau masuk jurusan ini hanya ada jalur mandirinya. Alasannya kenapa yah kak? Kenapa cuma jalur mandiri?

    • adamabiyup

      Selamat pagi cica, wahh aku berharap semoga lulus dengan nilai bagus ya, aminnn…. memang di D4 radiologi UNAIR sendiri itu masuk ke dalam Fakultas Vokasi, dan untuk mahasiswa yang masuk ke vokasi unair harus menempuh jalur mandiri vokasi. tapi jangan khawatir dek, untuk biaya kuliahnya terjangkau kok dan juga soal yang diujikan disana juga nggak jauh beda sama SBMPTN, jadi semangat ya cica 🙂

  4. Henji yulton

    Hai kak makasih banyak atas informasinya
    Henji mau nanya kak kalo mau masuk jurusan ini soal seperti apa yg sering banget di ujikan dan juga prospek kerja di indonesia apakah banyak kakk? Dan kakak dulu masuk jurusan ini bagaimana cara belajar nya kak ?
    Mohon dibantu kak ?

    • adamabiyup

      Selamat malam henji, terima kasih atas pertanyaannya. Pertanyaan yang bagus nih yang patut di jawab. Jadi di prodi radiologi yang diujikan banyak sih, namun ada beberapa mata kuliah yang istilahnya lanjutan hingga 5 semester, dan yang sering diujikan pula materinya hampir sama seperti jurusan IPA di SMA, namun hanya pengembangan materi dan juga materi spesifik di radiologi sendiri. untuk prospek kerjanya tinggi sekali lo, karena diIndonesia banyak sekali yang masih membutuhkan radiogafer yang lulusannya di D3 atau D4 Radiologi, lalu tidak hanya itu. Di prodi radiologi sendiri mempunya beberapa prospek kerja yang penting sekali dan juga besar sekali peluangnya untuk henji bisa masuk di radiologi. Dulu aku masuk ke radiologi ini merupakan pilihan terakhir sih, dan ini hanya dilaksanakan dengan jalur mandiri vokasi yang dimana berbeda dengan mandiri sarjana. kalian cukup belajar UTBK bisa menjadi dasar karena pengalamanku dulu untuk mata ujian seleksinya sama kayak SBMPTN. oke jikalau ada pertanyaan bisa diajukan lagi ya…. semangat henji 🙂

  5. Jihan Raihannah Salsabilla

    Assalamualaikum kak mau tanya nih. Itukan di semester 7 udah magang dirumah sakit kan terus pas kita magang itu digaji nggak kak ya?? Terus untuk yang magang nya keluar negri kayak Vietnam kriteria mahasiswa yang diambil itu apa aja ya kak,, mohon bantu jawab ya kak? makasih ya kak Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  6. Jihan Raihannah Salsabilla

    Assalamualaikum kak mau tanya nih. Itukan di semester 7 udah magang dirumah sakit kan terus pas kita magang itu digaji nggak kak ya?? Terus untuk yang magang nya keluar negri kayak Vietnam kriteria mahasiswa yang diambil itu apa aja ya kak,, mohon bantu jawab ya kak? makasih ya kak Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh sekali lagi makasih ya kak

    • adamabiyup

      waalaikumsalam, selamat pagi jihan. wahh pertanyaan yang bagus nih hehe. jadi untuk magang secara akademik itu ada yang berbeda dengan yang non akademik. Jadi kan magang ini kan masuk magang akademik ya, biasanya itu unpaid atau tidak berbayar, namun ouput yang didapatkan adalah hasil nilai untuk praktek kamu. Untuk magang di LN itu ada beberapakriteria dek, dan biasanya itu di lakukan seleksi yaitu seleksi tulis dan interview, namun CV juga bisa dipertimbangkan. Jadi banyak-banyak belajar dan terus berusaha ya….semangat jihan, ditunggu kehadirannya menjadi keluarga RADIOLOGI 🙂

  7. najwaa

    halo kak, mau tanya apakah selama kuliah dijurusan ini butuh lebih banyak biaya? sebelumnya terima kasih

    • adamabiyup

      selamat pagi najwa, terima kasih untuk pertanyaannya. untuk biaya nggak butuh banyak kok. kamu hanya beli jas lab, marker, dan perlengkapan personal yang mungkin nggak sampai 500rb. untuk biaya PKL, magang, dll semua ditanggung prodi. jadi nggak udah khawatir semua akan dipermudah kok 🙂

  8. Rovi usnia

    Yang mendaftar di jurusan ini banyak kah kak??
    Saya lihat biaya spp nya uks 1 2jt,uks2 4 jt ,uks3 6jt ,ini maksudnya apa ya kak??

  9. ciaa

    halo kak saya mau tanya, kalo misal saya udah lulus dari d4 radiologi terus mau lanjut study lagi itu langsung ke s2 ya ka terus nama jurusannya itu apa ya? apakah s2 radiologi atau apa? terimakasih kak sebelumnya

    • adamabiyup

      Hall cia, wahh pertanyaan yang bagus nih. kalau kuliah S2 ada berbagai macam dek. kamu bisa ambil S2 di jurusan kesehatan masyarakat, kamu bisa ambil juga S2 Tekno biomedis karena disitu akan berhubungan langsung dengan alat-alatnya. Namun jikalau lebih spesifik di radiologi, kebetulan aku juga mau ambil S2 dek di poltekes semarang Prodi Imejing Diagnostik Magister Terapan. begituuu

  10. Aulia

    Kak mau tanya kan katanya di radiologi Unair itu ada D3 sama D4 ya kak trs pas di cek di jalur mandiri vokasi itu cuma ada yg d4
    Nah trs teknik radiologi pencitraan itu sama aja kyk radiologi kan kak

    • adamabiyup

      Hallo aulia, untuk prodi D3 sekarang sudah naik dek menjadi D4 dan juga untuk namanya juga diganti dek dari radiologi menjadi teknologi radiologi pencitraan, begitu hehe

  11. Aulia

    Kak mau tanya dong untuk biaya pas awal masuk itu kira-kira berapa ya?

  12. Izzah Fadiyah

    Hai kak, saya mau tanya, deathline pendaftarannya kapan ya kak buat tahun ini? Juga persaingannya seketat apa kak? Soalnya saya SMA swasta, jadi agak kurang pd gitu.

  13. Fadia Nur Ania Z

    Assalamu’alaikum, kak saya Nia.
    izin bertanya, kalau ambil jurusan radiologi di semua univ harus pake jalur mandiri atau ada beberapa univ yang pakai sbmptn/snmptn kak?

    • adamabiyup

      Hallo fadia, so untuk masuk ke radiologi UNAIR itu menggunakan jalu mandiri, tetapi jalur mandirinya khusus untuk vokasi ya, jadi pantengin terus ig kita juga ada lo di @vokasi.unair @bemvokasi_unair dan @himaro_unair. see u

  14. Bag

    Halo Kak. Katanya kan di Radiologi nanti belajar anatominya di kadaver langsung. Nah itu diajarkan waktu semester berapa Kak? Terima kasih.

  15. Rossa

    Hallo Kak nama saya Rossa.. Untuk masuk jalur mandiri vokasi kan ada 2 pilihan, yang mana online atau offline, di sini saya mau ngambil yang oneline nah itu katanya menggunakan nilai utbk… Kira-kira minimal nilai utbk untuk di terima radiologi Unair berapa yah kak??

    Makasih sbelumya kak 🙂

  16. amelia

    permisi kak mau tanya, untuk magang itu nanti cari sendiri atau ditentukan dari univ ya? saya ambil radiologi cabang gresik, terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *