Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Universitas Gadjah Mada

Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol UGM (Dian)

Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol UGM (Dian)

Halo sobat intipers! Aku Dian Tri Utami dari Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Universitas Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol UGM seperti apa?

Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol berada di bawah fakultas sekolah vokasi di UGM. Vokasi di UGM itu udah D4 semua jadi lulusan nya setara sama S1, tapi kita di D4 ini lulusannya jadi sarjana terapan. Prodi ini yang dipelajari intrumentasi alat yang ada di idustri, terus kontrol seperti namanya mempelajari kendali seperti pemrograman di industri juga. Banyak orang yang salah presepsi, instrumentasi itu musik, kebanyakan orang taunya kaya gitu, padahal bukan.

unisa

Kemudian ada prodi instrumentasi dan kontrol, apa sih belajarnya itu? Belajar elektronika, rangkaian listrik. Kemudian kita bener-bener nerapin fisika, di pelajari di industri, kita merancang robot, sistem kontrol seperti apa di industri, kita belajar PLC, membuat smart home. Jadi jurusan aku ini di bawah teknik elektro dan informatika, jadi sebenernya instrumentasi itu adalah bagian fokus dari elektro, kan di elektro ada arus kuat, arus lemah, kontrol ini masuk ke arus lemahnya, lebih menjurus, banyak orang yang belum tau jurusan ini dan taunya elektro.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol UGM ?

Latar belakang aku SMK, telekomunikasi, ada pelajaran dimana guru ku ngasih rangkaian listrik membuat dasar lampu merah, aku tertarik, tadinya aku mau masuk teknik eletro dan aku pelajari lagi apa sih yang dipelajari jurusan ini, spesifiknya elektro ini apa nih, di UGM ada instrumentasi, teknik elektro, dan teknik lainnya.

Kenapa aku lebih ke instrumentasi dan kontrol karena ayahku kan lulusan teknik mesin dan aku di kasih tau kalo instrumentasi itu belajar instrumen yang ada di pabrik, industri, kontrolnya belajar gimana cara mengendalikan suatu sistem agar dapat berjalan dengan baik, terus bisa diaplikasikan di kehidupan yang nyata. Dengan masuk jurusan ini, seneng banget karena merasa satu langkah lebih dekat dengan cita-cita ku.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Aku belajar gambar teknik, karena D4 kebanyakan praktikum, semua mata kuliah ada embel-embel praktikumnya, terus kita basicnya lebih ke penggunaan aplikasi, jadi kita belajar praktikum teknik, gambar elektronika. Terus ada  pengalaman menarik, dulu sebelum pandemi membuat alat, jadi kita tuh di kasih tugas project masing-masing.

Misal mahasiswa satu udah di tentuin buat apa, nah kita itu bener-bener membuat desain PCB yang buat dasar kaya di kipas, pastinya ada rangkaian elektronikanya kan, nah kita buat itu bener-bener buat kita desain di aplikasinya, terus di print sampai kita potong-potong printnya pakai alatnya, terus kita bener-bener buat jadi, kita masukin rangkaian elektronikanya itu terus kita solder sampai bener-bener jadi, terus rangkaiannya nyala. Ada juga praktikum pemrograman, karena basicnya kendali, kita belajar dari pemrograman, kita di asah juga pengetahuannya di situ. Sama ada matematika dan fisika karena itu basicnya dalam teknik.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Namanya kan instrumentasi dan kontrol, instrumentasi lebih ke yang bidang IPA, bagian industri pabrik, alat-alatnya, pengukurannya misalnya kita membaca suatu alat ukur di pabrik, misalnya di kilang minyak kita buat perhitungannya gimana lancar apa ga. Terus bidang kontrol lebih ke pemrogramannya, lebih gimana cara mengendaliin misalnya robot bisa jalan, bisa nunduk gimana perhitungannya.

Semester 1 atau 2 ada mata kuliah sistem kontrol dasar, nah itu terus berlanjut, masuknya ke bidang kontrolnya, sedangkan instrumentasi lebih ada mata kuliah instrumentasi industri, itu benar-benar pengenalan dasar, dimana kita menerapkan ISO sebagai standarisasi pabrik. Keduanya dipelajari semuanya, spesifikasinya di ambil mahasiswa ketika TA atau magang, terserah kita mau ngambil yang mana.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Aku kan masuk 2019, belum ada SNMPTN, SBMPTN, baru ada jalur PBU dan Utul, tapi setahu aku di tahun kemarin 2020, masih sama, baru tahun ini ada perbedaan, ada PBU (Penelusuran Bibit Unggul) masuknya jalur mandiri sekolah vokasi UGM, ada 4 yaitu PBU SMAK (SMA SMK), PBUB untuk yang berprestasi, PBUTM tidak mampu, PBU kemitraan. Tapi tahun ini PBU SMAK nya di pindah ke SNMPTN, jadi sekarang tinggal ada 3, kemudian ada jalur SBMPTN seperti pada umumnya, dan ada ujian mandiri. Kalo dulu aku masuknya PBU SMAK. Informasi lebih lanjut bisa di cari di um.ugm.ac.id di situ bener-bener lengkap, ada jalur pembukaan apa aja, kuota dan sebagainya.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol UGM ?

Kalian harus bisa nentuin skala prioritas, mau kalian organisasi, kuliah, praktikum. Kalian bingung nih praktikumnya banyak, tugas banyak tapi organisasi juga banyak, pokoknya pinter-pinter manajemen waktu dan kalian bisa menentukan membuat rencana setelah ini mau ngapain atau selama kuliah mau daftar beasiswa atau ga, soalnya bakalan rugi kalo kalian ga mencoba hal-hal baru, dimana kalian ga akan dapetin itu lagi selama di kuliah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget soalnya yang di pelajarin selama kuliah banyak banget. Biasanya ada alumni yang kerja di BUMN. Nah itu ada yang kerja di pertamina karena belajar instrumentasi. PLN karena kita mempelajari rangkaian listri dsb. Ada perusahaan swasta internasional baik di indonesia maupun luar negeri salah satunya ada Simon, Emerson, Yokogawa, dll. Ada juga perusahaan  swasta nasional yang menaungi bidang instrumentasi dan kontrol. Kemudian bisa juga di lembaga penelitian kaya LIPI, BATAN, BPPT, dan segala macem. Bisa jadi teknopreneur di bidang instrumentasi dan kontrol. Bisa buat start up, bisa join juga karena kita memperlajari basic pemrograman dan bisa dikembangkan juga

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengen cari kerja, seiring berjalannya waktu aku mau cari beasiswa lanjut S2 aku punya cita-cita jadi dosen, sebelum jadi dosen aku pengen punya pengalaman di industri lapangannya langsung.

Q&A

  • Ka apa benar di vokasi jurusan instrumentasi dan kontrol UGM ada magang?

Jawab: benar, cuman aku harusnya ada tapi belum, sejujurnya jurusan ini 2019 tahun aku masuk baru angkatan pertama, jadi kita belum tau di semester berapa, desas desusnya di semester 6, cuman di prodi lain di UGM semester depan udah ada yang magang, kalo jurusan ini di tahun ini belum.

Kode konten: C478

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *