Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar, Universitas Gadjah Mada

Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM (Gani)

Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM (Gani)

Halo sobat intipers! Aku Gani Mahendra Jurusan D4 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM / Universitas Gadjah Mada angkatan 2019 . Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan D4 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM itu seperti apa?

Jurusannya itu kaya geodesi dan geomatika yaitu ilmu pengukuran bumi. Jadi bisa pengukuran bumi di darat, laut, maupun di udara.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan D4 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM?

Alasannya saya kan alih program, karena pandemi gini jadi kepepet. Awalnya kan saya dari D3 itu pengen langsung kerja, tapi ternyata kok dari orang tua minta meneruskan ke S1 terus juga lagi pandemi kaya gini, saya memilih jurusan alih program. Tapi D4 reguler ini ada juga.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

kalau di sekolah vokasi itu yang jelas praktik, ada yang namanya praktik survey pemetaan, atau ilmu ukur tanah. Di survey pemetaan itu kita belajar caranya bagaimana melakukan pengukuran bumi mulai dari dua dimensi sampai tiga dimensi mulai dari alat yang sederhana sampai yang kaya meteran, pita ukur, deodolit, sampai pakai alat yang canggih kaya gps atau pake total station, atau drone, dsb.

Yang paling khas kalau di praktik pasti di akhir praktik atau mendekati UAS, kita itu ada yang namanya final project. Final project itu biasanya yang bikin kita gak tidur, kalau di jurusanku final projectnya bikin peta, kalau semester satu itu petanya dua dimensi itu berarti peta datar. Semester dua petanya dua dimensi peta topografi tapi masih menggunakan alat yang sederhana. Semester tiga, kita bikin peta topografi tapi pakai alat yang canggih contohnya total station.

Kegiatan Praktikum

Kegiatan Praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi itu gak ada, di jurusan ini semuanya dikasih konsentrasi. Kalau di survey pemetaan  itu ada survei terestris, dari semester satu sampai tiga. Kemudian ada survei gnss itu dikasih di semester keempat. Nanti kalau sudah semester lima dan seterusnya itu sudah penerapannya.

Misalnya survei pemetaan tadi digunakan untuk di bidang BPN itu untuk apa, bidang pertambangan untuk apa, di bidang sipil untuk apa. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Kalau setauku itu yang pertama ada jalur prestasi, jalur prestasi ini bisa dari jalur olahraga. Kemudian jalur rapot, dan khusus untuk SMK itu ada. Kalau ujian tulisnya itu kalau tahun lalu setauku pake nilai SBMPTN.

Ada tips buat mahasiswa baru D4 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM?

Tipsnya itu berani magang. Menurutku, kalau liburan itu jangan dipake cuman liburan, tapi cari relasi contohnya magang, karena itu bakal berguna banget pada saat kita lulus. Ketakutan mahasiswa sekarang itu ketika mereka mau magang takut ilmunya kurang, padahal gak juga sih. Pengalamanku pada saat magang itu ya dapet relasi, Alhamdulillah sekarang ketika ada proyek-proyek itu tau dari magang. Saranku coba dari sekarang cari relasi dengan cara magang, dengan cari teman yang sebanyak-banyaknya

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya banyak, ada ke BPN, BIG, buka penyewaan alat survey bisa, pertambangan, kehutanan. Ada juga yang kerja di gojek. Banyak kalau prospek kerjanya itu tinggal kita bisa eksplornya aja.

Harapan dan tujuan kamu setelah lulus

Rencanaku habis lulus pengen jadi PNS, pengennya PNS di BPN dan otomatis ke luar jawa, ya itu masih rencana sampai saat ini sih.

Kode konten: C347

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *