Uncategorized, Universitas Gadjah Mada

Tertarik Mengikuti Pilmapres? Simak Pembahasan Berikut Ini!

Tertarik Mengikuti Pilmapres? Simak Pembahasan Berikut Ini!

Sekilas Tentang Pilmapres

Pilmapres

Apa sih Pilmapres itu? Dilansir dari pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Tidak hanya berfokus pada mahasiswa program Sarjana, ajang ini juga bisa diikuti oleh mahasiswa dari program Diploma loh Intipers!.

Selain Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, kamu juga perlu memahami apa itu Mapres. Jika Pilmapres merupakan ajangnya, maka mapres adalah orangnya atau pelakunya. Dikutip dari Kemahasiswaanpens, Mapres atau Mahasiswa Berprestasi seperti  adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik maupun non akademik, mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila.

Nah untuk menjadi mapres dan mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi, tentu nggak semudah membalikkan telapak tangan ya Intipers. Seperti para idol kpop yang berlatih selama bertahun-tahun dan bersaing satu sama lain untuk dapat debut di agensi misalnya. Mengikuti pilmapres juga memiliki tantangan yang serupa. Sebelum mendapat gelar mapres, kamu akan dihadapkan dengan tantangan seperti persaingan dan seleksi yang ketat.

Namun nggak perlu khawatir, supaya kamu lebih paham Intipkuliah.com udah nyiapin link youtube Talkshow Cara Jitu menjadi Mapres nih, klik link di bawah ini ya!

intipkuliah-web1

https://www.youtube.com/watch?v=YISioquTxB4

Syarat Mengikuti Pilmapres

Pilmapres

Untuk mengikuti pilmapres, kamu perlu untuk melengkapi berbagai persyaratan yang udah dirangkum oleh Intipkuliah.com nih!

Berdasarkan dokumen Pedoman Pilmapres 2022 yang dirilis oleh http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id terdapat persyaratan wajib untuk peserta Pilmapres seperti berikut ini nih, Intipers!

  1. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa Program Sarjana maksimal
    semester VI;
  2. Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2022 yang dibuktikan dengan
    Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS);
  3. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional;
  4. Melampirkan surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan
    (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan
    wakil resmi mahasiswa berprestasi Program Sarjana dari perguruan tingginya. Setiap
    perguruan tinggi hanya dapat mengirimkan 1 (satu) orang peserta Program Sarjana

 

Kiat-Kiat Penting Menjadi Pilmapres

Pilmapres

  • Pertahankan dan Tingkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi IPK yang bagus adalah pondasi penting yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Meskipun nilai akademik memang “tidak spesifik” dicantumkan dan diharuskan memiliki indeks prestasi cumlaude, sebaiknya tidak berada di bawah 3.0. Karena kamu tetap harus menuliskan IPK kamu.

  • Penuhi Capaian Unggulan dan Aktif Mengikuti Organisasi Mahasiswa

Prestasi menjadi salah satu komponen penting dalam penilaian Pilmapres. Kamu akan diminta untuk melampirkan maksimal 10 prestasi terbaik yang sudah dicapai selama kuliah. Ini akan mencakup capaian prestasi akademik maupun non akademik (juara lomba tingkat provinsi hingga internasional, pengabdian masyarakat (penyaji, pemateri, fasilitator), menghasilkan karya inovatif, mendapatkan HAKI, pencapaian karir (organisasi) ataupun wirausaha. Setiap capaian unggulan tersebut akan memiliki poin yang berbeda, dan diutamakan dilakuka individu atau tidak secara berkelompok. Oleh karena itu, saran dari Intipkuliah.com adalah kamu hendaknya terlibat aktif dalam kegiatan perlombaan dan kegiatan bermanfaat lainnya ya Intipers!

  • Kuasai Kemampuan Berbahasa Inggris dan Public Speaking

Salah satu persyaratan mengikuti Pilmapres adalah kamu akan diminta untuk membuat karya tulis ilmiah dan membuat video presentasi dari KTI kita menggunakan bahasa inggris yang akan diupload ke youtube. Maka dari itu,  kemampuan public speaking kamu akan diuji sehingga kamu perlu persiapan yang matang ya, Intipers!.

  • Menyusun Karya Tulis Ilmiah Sesuai Tema

Menjadi Mawapres mengharuskan kamu menjadi mahasiswa yang peka terhadap isu atau permasalahan di Indonesia. Karena kamu wajib untuk menuangkan kepekaanmu tersebut menjadi Karya Tulis Ilmiah yang tentunya harus inovatif dan kreatif. Karya Ilmiah inilah yang kemudian akan kamu presentasikan dengan bahasa Inggris seperti yang tadi sudah dibahas di poin sebelumnya. Topik karya tulis yang diangkat pun sudah ditentukan dari penyelenggara, sesuai dengan Buku pedoman yang dikeluarkan oleh Dikti.

 

Nah itu tadi pembahasan tentang Pilmapres dari Intipkuliah, semoga dapat membantu ya!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.