Tips

Tidak Fokus Belajar? Simak 7 Tips Belajar Efektif Berikut!

Tidak Fokus Belajar? Simak 7 Tips Belajar Efektif Berikut!

Tips Belajar Efektif

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, belajar terkadang menjadi sebuah tuntutan dan keharusan. Terlebih, tuntutan ini tidak hanya datang dari sendiri, tapi juga dari orang lain, misalnya orang tua. Untuk menunjang proses belajar, banyak pelajar atau mahasiswa yang struggle mencari tips belajar efektif.

Padahal, kemampuan kognitif setiap orang tidak bisa disamakan, karena setiap orang memiliki kemampuan belajar dan memahami yang berbeda-beda. Ada yang mampu memahami materi dalam waktu sebentar, ada pula yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami satu materi.

Tidak fokus belajar? Simak 7 tips belajar efektif yuk!

  1. Ubah Mindset Belajar 

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa belajar adalah suatu keharusan. Sehingga tak jarang kita merasa terbebani ketika belajar.

Maka, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengubah mindset atau cara pandang kita untuk belajar. Jadikan belajar sebagai kebutuhan dan kemauan. Ketika ketika merasa butuh, maka kita akan melakukannya dengan senang hati tanpa merasa terbebani. Jadikan belajar sebagai suatu kemauan dan kebutuhan, bukan sebagai suatu keharusan.

  1. Cari Tempat dan Suasana Belajar yang Nyaman

Carilah posisi dan tempat belajar yang nyaman, karena tempat belajar yang nyaman dapat meningkatkan mood belajarmu. Hindari tempat yang ramai atau bising karena dapat menganggu konsentrasi belajar.

intipkuliah-web1

Kamu juga bisa belajar sambil mendengarkan music lo-fi atau instrument untuk membantu meningkatkan fokus dan mood belajar.

  1. Jauhkan Distraksi

Siapa yang pernah berniat buka notifikasi malah berujung scroll sosmed tiada henti? Notifikasi social media memang sangat menarik, dan bertujuan membuatmu melirik.

Untuk itu, jauhkan hal-hal yang bisa membuatmu terdistraksi, misalnya matikan dulu notifikasi atau jauhkan dulu smartphonemu ketika belajar. Hal ini sangat membantu supaya kamu bisa fokus belajar.

  1. Buat Target Belajar

Ada banyak hal yang harus dipelajari? Bingung mau belajar yang mana dulu?

Kamu bisa tulis target belajarmu terlebih dahulu, supaya tujuan belajarmu jelas dan terarah. Buat tiga target besar yang ingin kamu pelajari, hindari membuat target terlalu banyak supaya tetap fokus.

quotes-belajar

  1. Gunakan Teknik Pomodoro

Jika kamu masih sering belajar semalam suntuk untuk persiapan u

jian esok hari, lebih baik segera tinggalkan kebiasan itu. Karena belajar dengan sistem kebut semalam sama sekali tidak efektif dan mate

ri yang kamu pelajari tidak akan bertahan lama dalam long term mem

ory. Sebagai gantinya, kamu bisa belajar dengan menerapkan teknik Pomodoro.

Teknik Pomodoro pertama kali diperkenalkan oleh Francesco Cirillo pada akhir 1980an. Teknik ini adalah teknik yang fokus pada interval waktu yang diberikan dengan jeda istirahat di setiap sesinya. Misalnya, Pomodoro 25/5, yang berarti kamu harus fokus belajar tanpa distraksi selama 25 menit, dan setelah waktu habis, kamu bisa beristirahat selama 5 menit. Setelah empat sesi, kamu bisa beristirahat panjang, asal waktu istirahat tidak lebih lama dari waktu fokus.

  1. Gunakan Teknik Feynman

Teknik Feynman pertama kali dikembangkan oleh Richard Feynman. Metode belajar ini fokus pada bagaimana cara kita memahami dan menyampaikan kembali materi yang telah kita pelajari menggunakan bahasa sendiri. Teknik ini efektif untuk mengetahui materi apa saja yang belum begitu kita pahami, lalu kita dapat belajar kembali tentang materi tersebut.

Feynman menjelaskan, bahwa kita akan berusaha memahami sebuah materi sebelum kita menjelaskannya kepada orang lain, sehingga teknik ini efektif untuk diterapkan sebagai salah satu metode belajar.

  1. Konsisten

Kebiasaan baik yang dilakukan secara konsisten akan memberi dampak yang baik pula untuk kehidupan. Konsisten berkaitan dengan komitmen, sehingga kamu perlu berkomitmen dengan diri sendiri untuk konsisten melakukan hal-hal baik. Lebih baik belajar satu hingga dua jam setiap hari, daripada belajar semalam suntuk seminggu sekali. Mulailah untuk membangun kebiasaan kecil secara terus menerus dan tingkatkan durasinya seiring berjalannya waktu.

Itulah 7 tips belajar efektif yang bisa kamu terapkan setiap hari, jangan lupa untuk dipraktekkan. Karena membaca tips tanpa mempraktekkannya sama saja bohong dong.

 

“ Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” – Imam Syafi’i

 

Author : Anita Ayu Rst

Lihat artikel lain di intipkuliah.com 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.