Tips

Tips Belajar Online yang Efektif, Bikin Kamu Makin Fokus

Tips Belajar Online yang Efektif, Bikin Kamu Makin Fokus

Memahami tips belajar online yang efektif di masa pandemi bisa membuat Kamu menjadi semakin fokus. Metode belajar dari rumah ini sudah hampir dilaksanakan selama lebih dari dua tahun. Metode belajar online yang tepat bisa menghindari Kamu dari kebiasaan rebahan yang berlebihan loh! Lantas apa saja tips belajar online yang perlu Kamu ikuti?

Tips Belajar Online yang Efektif

Meskipun belajar dari rumah masing-masing, Kamu perlu membuat suasana belajar tetap efektif. Berikut ini beberapa tips yang bisa Kamu ikuti agar proses belajar onlinemu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Persiapkan ruangan belajar khusus senyaman mungkin

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kamu bisa menyiapkan ruang belajar yang terhindar dari distraksi sehingga bisa menyebabkan fokusmu terganggu. Ciptakan suasana ruangan belajar yang nyaman. Hal terpenting hindari belajar online dekat kasur karena bisa memicu rasa kantukmu!

2. Buat jadwal belajar harian

Belajar di rumah bisa membuat Kamu lupa waktu, jadi buatkanlah jadwal belajar setiap harinya. Kamu perlu menerapkan life balance yang berarti aktivitas lainnya juga perlu Kamu lakukan, bukan hanya belajar ya!

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

3. Pastikan koneksi internet stabil

Hal paling penting yang diperlukan saat belajar online adalah koneksi internet yang stabil. Kamu perlu menyiapkannya dengan baik agar kegiatan belajar tidak terganggu karena koneksi yang lemot. Jangan lupa siapkan koneksi cadangan ya!

Baca juga tulisan lainnya: Era Teknologi Modern: membaca buku cetak atau membaca buku digital?

4. Siapkan makanan ringan dan minum

Sambil belajar Kamu juga bisa makan makanan ringan biar semakin rileks. Jangan lupa untuk minum air agar Kamu tidak mudah mengalami dehidrasi dan bisa membuat Kamu menjadi semakin fokus.

5. Buat evaluasi belajar di akhir kegiatan

Layaknya latihan saat belajar offline, Kamu bisa mengevaluasi hasil belajar harian. Hal ini untuk mengukur pemahaman Kamu tentang skill ataupun materi yang baru dipelajari. Kamu bisa menjadikan evaluasi ini sebagai catatan ke depannya.

Kelebihan Kegiatan Online dibandingkan Offline

 

Kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan sistem belajar online. Berikut ini beberapa kelebihan belajar online sehingga bisa memberikan pengalaman yang lebih baik.

1. Waktu belajar lebih fleksibel

Belajar online bisa dilakukan dengan fleksibel karena Kamu tidak perlu melakukan tatap muka selama satu hari penuh. Biasanya pembelajaran akan dilengkapi dengan modul pembelajaran yang bisa Kamu akses kapan saja.

2. Punya kesempatan menambah skill lebih banyak

Ketika belajar online Kamu tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk melakukan perjalanan ke sekolah atau kampus. Waktu tersebut bisa Kamu alihkan untuk menambah skill baru seperti mengikuti kursus.

3. Suasananya bisa lebih menyenangkan

Hal ini dikarenakan suasana belajar bisa Kamu ciptakan senyaman mungkin. Artinya, Kamu bisa memposisikan kondisi belajar agar mudah dipahami selama masih dalam batas wajar.

4. Makin melek teknologi

Ketika belajar online Kamu akan menggunakan berbagai tools yang mendukung pembelajaran. Secara tidak langsung Kamu akan melek teknologi dan mempelajari cara penggunaan berbagai aplikasi maupun perangkat pendukung lainnya.

5. Semakin irit

Berbicara masalah biaya belajar online bisa dibilang lebih irit. Hal ini dikarenakan Kamu hanya menyiapkan biaya untuk koneksi internet tanpa memikirkan biaya jajan harian, tempat tinggal dan biaya transportasi.

6. Bisa lebih mandiri

Dalam hal ini berarti Kamu bisa belajar banyak hal dengan lebih mandiri. Misalnya Kamu ingin mengetahui tentang cara pembuatan suatu produk bisa ditemukan pada berbagai sumber.

Sangat banyak keuntungan yang bisa Kamu peroleh ketika belajar online dibandingkan belajar offline. Jangan lupakan juga tips agar belajar onlinemu semakin produktif dan menyenangkan. Semoga aktivitas belajarmu semakin membuat dirimu sendiri bersemangat ya!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.