Tips, Z Pendidikan Biologi

Tips Cepat Menyelesaikan Laporan Praktikum

Tips Cepat Menyelesaikan Laporan Praktikum

Hallo intipers, kembali lagi dengan saya Novia Nurhayati alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Pendidikan Biologi. Kali ini saya ingin berbagi tips tentang mengerjakan laporan praktikum selama saya menjalani perkuliahan. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Suka Duka Menulis Laporan Praktikum ?

Rasanya tidak lengkap jika di jurusan Pendidikan Biologi, hanya di bebani dengan tugas-tugas makalah dan presentasi. Di semester satu adalah fase dimana mental, waktu dan pikiran sangat diuji, dimana tiga mata kuliah eksak bersatu menjadi boomerang yang menakutkan, yaitu fisika, kimia dan pastinya biologi. Di semester ini, kita sangat di uji, dimana dalam seminggu ada 3 kali praktikum dan setelah praktikum, harus membuat hasil praktikum dalam bentuk laporan.

Bagaimana Bentuk Laporan Praktikum ?

Dapat di bayangkan seminggu tiga laporan yang harus dikerjakan. Sepengalaman saya kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, membuat laporan praktikum dengan berbagai aturan. Yang masih tradisional laporan praktikum di Jurusan Pendidikan Biologi adalah masih menggunakan tulisan tangan. Pada laporan praktikum fisika aturannya adalah laporan di tulis di buku folio, lengkap dengan sistematika penulisan yaitu margin kanan-kiri di garis 1 cm, sedangkan penulisan isi laporannya adalah tujuan praktikum, dasar teori, alat dan bahan, langkah kerja, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka. Untuk dasar teori harus menggunakan body note, serta alat bahan dan harus di print dan kalimat langkah kerja harus menggunakan kalimat pasif.

promo-web

Pada laporan praktikum kimia, aturan isi laporannya sama. Namun, kertas yang digunakan untuk menulis laporan adalah kertas HVS, yang semua marginnya adalah 1 cm. Untuk cover laporan praktikum logo UIN harus di print. Langkah kerja wajib untuk digambar, serta pada pembahasan harus disertai dengan hasil reaksi yang terjadi setelah dilakukan praktikum. Pada laporan praktikum kimia, saya rasa sangat ketat aturannya, karena asisten laborannya sangat teliti.

Pada laporan praktikum biologi tercinta. Dengan aturan tulis tangan di kertas HVS dan menggunakan pulpen bertinta biru. Aturan isi laporannya sama dengan laporan praktikum fisika dan kimia. Namun, langkah kerja wajib di gambar serta untuk daftar pustakan harus dari web atau buku yang terpercaya, tidak boleh dari wikipedia, wordpress, blogspot, dll

Tips Cepat Menyelesaikan Laporan Praktikum ?

Baiklah, point terpentingnya adalah “Bagaimana cara cepat menyelesaikan 3 laporan praktikum dalam seminggu ?”. Jawaban simple-nya adalah mencicil mengerjakannya satu persat. Trik pertama yang saya lakukan adalah mencari dahulu referensi laporan praktikum yang sudah dibuat oleh orang lain dari berbagai sumber, kita check dengan hasil praktikum yang sudah kita lakukan sama atau berbeda. Setelah, menemukan laporan yang sekiranya sama, kita check bagian dasar teorinya apakah sesuai dengan tema praktikum. Ketika semua bahan yang akan ditulis sudah terkumpul. Mulailah dahulu, membuat cover praktikum, lalu menulis tujuan praktikum dan dasar teori yang didapatkan, serta langkah kerja yang digambar. Untuk pembahasan, yang isinya adalah membandingkan hasil dengan dasar teori yang sudah di tulis di awal. Kalau memang merasa rumit, sedikit-sedikit boleh mengikuti yang ada di google, hanya sekedar untuk menambah referensi. Selanjutnya, tips terakhir yang memudahkan kalian untuk menulis daftar pustaka adalah kembali lagi pada penulisan dasar teori. Dimana dasar teori di ambil, carilah dasar teori di google (laporan hasil praktikum) yang lengkap dengan body note dan daftar pustaka yang jelas. Terapkan ini untuk semua laporan praktikum untuk mempersingkat waktu.

Ini adalah sebagaian trik yang saya gunakan untuk mempersingkat waktu dalam mengerjakan laporan praktikum. Ingat ini bukan mengajarkan untuk plagiarism, tapi saya hanya membuat tugas laporan praktikum menjadi jauh lebih mudah, dibanding harus susah payah mencari dasar teori dengan daftar pustaka yang jelas. So, enjoy for tips cepat ini guys, semoga membantu kalian unuk mengerjakan laporan praktikum yang kalian anggap susah, ribet dan banyak aturan. Kalian tidak perlu begadang lagi, kalau kalian menerapkan tips ini untuk mengerjakannya. Semoga membantu. Baca artikel pengalaman kuliahku juga di Jurusan Pendidikan Biologi. Klik disini

Kode Konten: Q111

Komen dibawah! 5

  1. Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Novi) - Intip Kuliah

    […] Intinya, kalian harus menyukai dulu memperlajari tentang kehidupan sehari-hari dan yang berhubungan dengan tubuh kalian, hewan serta tumbuhan. Jangan lupa deadline laporan praktikum yang kadang menghantui, jangan sampai lupa istirahat. Menjadi salah satu bagian dari pendidikan Biologi membuat kita menjadi bersyukur atas kebesaran Tuhan, karena apa yang belum tentu bisa orang lain lihat kita bisa melihatnya, misalnya sel, bakteri dan jaringan-jaringan tentang bantuan mikroskop. Jadi, anak pendidikan biologi itu ASYIKK!! Baca juga artikel saya mengenai Tips Cepat Menyelesaikan Laporan Praktikum. Klik Disini […]

  2. Darin Afifah

    Kak saya mendapat tugas pengamatan objek biologi, contohnya penyiraman tumbuhan, misalkan di referensi membuat percobaan menggunakan konsentrasi air, apakah boleh diganti dengan ml dan sebagainya kak?

  3. dwi

    kak mau tanya, bagaimana cara menghindari revisi laporan praktikum? dan kaka saranin untuk dasar teori lihat contoh di google nah itu ada ga kak website terpercaya atau yang sering kaka pake untuk ngerjain laporan? biasanya untuk mengerjakan satulaporan, kaka butuh waktu berapa lama/hari? dan satu lagi kak saya mau tanya gimana caranya enjoy ngerjain laporan yang banyak?
    terimakasih sebelumnya, maaf kalo pertanyaan nya lumayan banyak

  4. dwi

    kak mau tanya, bagaimana cara menghindari revisi laporan praktikum? dan kaka saranin untuk dasar teori lihat contoh di google nah itu ada ga kak website terpercaya atau yang sering kaka pake untuk ngerjain laporan? biasanya untuk mengerjakan satu laporan, kaka butuh waktu berapa lama/hari? dan satu lagi kak saya mau tanya gimana caranya enjoy ngerjain laporan yang banyak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *