Tips

Membangun Relasi di Masa Kuliah, Simak 5 Tips ini!

Membangun Relasi di Masa Kuliah, Simak 5 Tips ini!

Setiap kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu penting sekali untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Ketika memasuki masa perkuliahan, jejaring sosial merupakan elemen penting yang sangat dibutuhkan karena memungkinkan individu untuk menunjang karir yang sukses dimasa mendatang. Dengan relasi yang luas di masa perguruan tinggi ini, kita bisa mendapatkan banyak peluang seperti memperoleh berbagai informasi mengenai perkuliahan, tugas kuliah, mengetahui tren, bahkan lowongan kerja. Kita juga dapat terhubung dengan banyak orang dari Industri kita maupun industri lain. Serta masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dari membangun relasi yang baik.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplor cara membangun relasi yang baik di masa perkuliahan. Terutama untuk kamu mahasiswa baru, artikel ini cocok banget untuk kamu simak baik-baik.

Yang Perlu diperhatikan Untuk Mulai Membangun Relasi

Pertama-tama, kita cari tahu lebih dulu yuk hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai membangun relasi kita.

1. Pertimbangkan apa yang kamu sukai

Sebelum membangun relasi, sebaiknya sudah mengetahui apa yang benar-benar kamu sukai. Bahkan jika itu berbeda dengan bidang atau industri yang sedang kamu tekuni.

intipkuliah-web1

Sebagai contoh, bila kamu berkuliah jurusan Manajemen Bisnis tetapi memiliki keinginan untuk mempelajari kesehatan mental. Pertimbangkan untuk masuk kelompok yang mempelajari mengenai kesehatan mental ini. Hal ini memungkinkan kamu memperoleh wawasan yang luas untuk industri yang kamu sukai, bahkan berpotensi memperoleh posisi jika ingin melakukan perpindahan karir.

2. Bersedia membantu orang lain

Dalam suatu hubungan yang baik terhadap sosial, maka terjadi perilaku memberi dan menerima. Kebanyakan orang memperluas relasi di perkuliahan agar memberikan dampak manfaat mengenai perkuliahan, mencari karir atau mengembangkan karir.

Sebelum kamu berharap orang lain membantu kamu, sebaiknya kamupun harus bersedia membantu orang lain. Dengan demikian, semakin banyak kamu membantu orang lain, semakin besar kemungkinan mereka bersedia membantumu disaat kamu membutuhkannya.

3. Cari relasi yang sehat

Definisi dari relasi yang sehat yaitu saling menghormati urusan privasi masing-masing, saling menghargai, memiliki rasa percaya dan saling mendukung.

Memiliki relasi yang sehat di waktu kamu berkuliah dapat membantu kamu berkembang dengan baik sehingga kamu memiliki rasa tanggung jawab dan mengedepankaan keseimbangan atau keadilan. Hal ini menjadi salah satu yang terpenting sebelum kamu mulai menjalin relasi.

“untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat relasi yang sehat. kamu bisa simak video disini

5 Tips Membangun Relasi di Masa Perkuliahan

bangun relasi

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus dipertimbangkan, berikut kami akan berbagi 5 tips membangun relasi yang dapat disimak untuk setiap mahasiswa terutama mahasiswa baru.

1. Mengikuti organisasi intra kampus

Tips pertama untuk membangun relasi adalah dengan mengikuti organisasi intra kampus seperti BEM, HIMA dan sebagainya. Selain sebagai salah satu cara untuk meningkatkan skill, juga dapat memperluas relasi kamu dalam lingkup internal kampus.

Dengan berorganisasi kemahasiswaan kamu juga dapat dikenal sebagai aktivis. Sehingga memungkinkan kamu dapat dikenali oleh berbagai elemen kampus bahkan dikenali oleh para dosen.

2. Bergabung dengan UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa atau biasa disebut dengan UKM, hampir mirip dengan organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya. Namun biasanya lebih spesifik seperti bidang olahraga yaitu basket, badminton, dan beberapa bela diri atau contoh bidang lain yaitu UKM fotografi, paduan suara dan masih banyak lagi.

Lazimnya, UKM juga menjalin hubungan antar universitas. Dengan demikian, dapat kamu manfaatkan hal ini untuk semakin memperluas relasi kamu. 

3. Berorganisasi eksternal kampus

Setelah menyebutkan 2 poin mengenai kegiatan internal kampus. Sekarang kita beralih pada kegiatan eksternal kampus. Banyak sekali organisasi independen yang artinya  tidak mengikat dengan suatu nama perguruan tinggi. Contoh organisasi eksternal kampus adalah AISEC, MUN, GMNI, PMII, dan masih banyak lagi.

Dengan mengikuti organisasi diluar kampus, kamu dapat bertemu dengan banyak mahasiswa dari berbagai universitas. bahkan banyak organisasi eksternal berbasis internasional yang dapat kamu manfaatkan guna menjalin relasi dari berbagai negara. keren sekali ya!

4. Magang

Mengikuti magang juga merupakan tips membangun dan memperluas relasi. carilah perusahaan dengan lingkungan sosial yang baik sehingga terjalin relasi yang positif. 

Setelah menyelesaikan rangkaian program magang, perusahaan akan mempertimbangkan kinerja kamu. Jika kinerjamu bagus, maka kamu juga bisa direkrut untuk bekerja menjadi pegawai perusahaan tersebut lho walaupun masih berstatus mahasiswa.

“pernah dengar tentang Program Magang Merdeka 2022?, cari tahu disini

5. Menjalin relasi dengan alumni 

Tips terakhir adalah menjalin relasi yang baik dengan para alumni senior. Hal ini baik karena pada umumnya para alumni sudah menjalin relasi yang luas yang bahkan belum terjamah oleh kamu.

Selain itu, dengan kenal para alumni kamu juga bisa direkomendasikan untuk bekerja di perusahaan yang diketahuinya sehingga memudahkan kamu mencari lowongan pekerjaan.

Gimana nih guys? itu dia beberapa tips dari intipkuliah.com membahas tentang membangun relasi yang baik di masa perkuliahan. semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ya!

Komen dibawah! 1

  1. Khanin

    Kereeeen, pemilihan kata yang digunakan author sangat bagus⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️, tulisannya bermanfaat sekali👍

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.